Apa Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan

Kesehatan

Apa Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan?

Dari mulai suplemen hingga produk skincare, istilah antioksidan kerap muncul. Istilah ini pun selalu dikaitkan dengan membantu kesehatan Anda bahkan disebut juga mengurangi proses penuaan terhadap kulit. Lantas antioksidan sendiri itu apa? Bagaimana zat ini bekerja di dalam tubuh Anda? Betulkah antioksidan memang baik untuk tubuh Anda? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan

Radikal Bebas

Pada dasarnya, antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang dipicu oleh radikal bebas. Namun sebelum lebih jauh, Anda perlu ketahui dulu apa itu radikal bebas sendiri, di mana ini adalah molekul tak stabil atau bisa dikategorikan sebagai zat limbah yang diproduksi oleh tubuh dalam memroses makanan serta sebagai reaksi terhadap tekanan dari lingkungan.

Sekadar informasi, dengan keberadaan radikal bebas dalam tubuh maka molekul ini dapat “mencuri” elektron dari molekul lain di dalam tubuh dan memulai reaksi berantai. Proses inilah yang memicu perubahan struktur molekul secara permanen sehingga memicu kerusakan atau kondisi yang dinamakan stres oksidatif.

[Baca Juga: Ini Manfaat Antioksidan untuk Kulit agar Tetap Sehat]

Sebagaimana dilansir dari medicalnewstoday.com (9/12/2019), stres oksidatif diketahui memiliki kaitan dengan munculnya penyakit jantung, kanker, radang sendi, stroke, gangguan pernapasan, defisiensi imum, peradangan, dan masih banyak lagi.

Dengan gangguan kesehatan yang disebutkan di atas bisa diambil pandangan bahwa sangat penting untuk tubuh menghilangkan radikal bebas secara efisien demi mencegah kerusakan sel dan fungsi dari tubuh Anda. Sayangnya acap kali, tubuh merasa kewalahan dengan proses ini apalagi produksi radikal bebas bisa diperparah ketika terjadi peradangan dalam tubuh dan tekanan dari luar seperti paparan polusi, sinar ultraviolet, radiasi, bahan kimia tertentu, serta asap rokok.

Ingin Sehat Ini Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan Musuh Radikal Bebas

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa antioksidan mampu memperlambat atau melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas. Sehingga muncul pandangan sangat penting untuk Anda mengonsumsi sesuatu yang memiliki kandungan antioksidan. Namun antioksidan sendiri tidak hanya terdiri dari satu zat karena istilah ini meliputi banyak zat yang memang bermanfaat untuk tubuh yang di mana terdiri dari:

  • Vitamin A, C, dan E
  • Beta karoten
  • Likopen
  • Lutein
  • Selenium
  • Mangan
  • Zeaxanthin
  • Flavonoid
  • Flavon
  • Katekin
  • Polifenol
  • Fitoestrogen dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Ingin Sehat? Ini Makanan yang Kaya Akan Antioksidan]

Itulah gambaran mengenai manfaat antioksidan serta fungsinya dalam tubuh. Namun, dengan banyaknya zat yang disebut di atas, Anda perlu mengetahui bahwa setiap antioksidan ini bekerja dan memiliki fungsi yang berbeda juga. Oleh karena itulah penting mengonsumsi makanan yang beragam yang memang diketahui memiliki zat yang termasuk dalam kategori antioksidan.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    GEBYAR KADO CHRISTMAS BULAN DESEMBER DAPATKAN LANGSUNG TAMBAHAN 5% TANPA ADA SYARAT YANG SUKA MAIN GAME SLOTS YANG SUKA MAIN POKER YANG SUKA MAIN BOLA TANGKAS YANG SUKA MAIN ROULLETE DAN BANYAK GAME LAINNYA JUGA…… BURUAN DECH MERAPAT DAN JOIN YACH DI DUPA88,NET INGAAATTT….ANDA BISA KAYA MENDADAK!!