Apa Saja Manfaat Dari Goji Berry Melindungi Mata Hingga Hati

Kesehatan

Apa Saja Manfaat Dari Goji Berry? Melindungi Mata Hingga Hati

Goji berry juga dikenal sebagai Lysium Barbarum. Buah satu ini sebenarnya telah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama lebih dari 2000 tahun sebagai obat-obatan dan suplemen makanan. Goji berry secara luas tersedia pembelian di toko kesehatan secara daring.

Dilansir dari situs Medical News Today (01/08/19), komunitas ilmiah telah menyelidiki manfaat kesehatan dari goji berry, sebagai popularitas dari buah-buahan kecil ini telah berkembang. Mereka mengungkap efek manfaat dari antiaging, mengatur gula darah, dan fungsi-fungsi imunitas tubuh.

[Baca Juga: 5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes]

Apa yang dikatakan sains tentang goji berry? Berikut rangkuman tujuh manfaat goji berry yang dihimpun PingPoint.co.id.

1. Melindungi Mata

Goji berry dipercaya melindungi terhadap penyakit mata yang berkaitan dengan usia. Goji berry dapat membantu penglihatan karena mengandung antioksidan tinggi, terutama zeaxanthin. Antioksidan yang sama juga dapat menghentikan kerusakan kulit dari:

  • Sinar UV
  • Radikal bebas
  • Stres oksidatif

2. Memberi Dukungan Sistem Kekebalan Tubuh

Goji berry mengandung antioksidan sehat. Antioksidan dikenal karena kualitas peningkat kekebalannya dan kemampuannya untuk melawan radikal bebas dan peradangan yang berbahaya. Goji berry mengandung sejumlah besar vitamin A dan C, mirip dengan beri lainnya, termasuk blueberry dan raspberry. Vitamin A dan C sangat penting untuk membangun kekebalan dan mencegah penyakit, mulai dari flu biasa hingga kanker.

3. Mencegah Kanker

Tingkat antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, zeaxanthin, dan karoten, bertanggung jawab untuk memerangi sel kanker. Antioksidan memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, dan membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh.

4. Kesehatan Kulit

Goji berry mengandung betakaroten, yang merupakan fitokimia tanaman penting. Betakaroten dikenal karena kemampuannya untuk menyehatkan kulit. Betakaroten adalah bahan yang digunakan dalam krim kulit untuk:

  • Meningkatkan kesehatan kulit
  • Mengurangi iritasi kulit
  • Mengelola efek matahari
  • Mengelola dampak penuaan

[Baca Juga: Stroberi Terbukti Kurangi Risiko Komplikasi Diabetes]

5. Menstabilkan Gula Darah

Goji berry dapat membantu mengendalikan pelepasan gula ke dalam darah. Penelitian dari 2015 menunjukkan bahwa goji berry menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.

6. Memperbaiki Depresi, Kecemasan, Dan Tidur

Studi di Amerika Serikat menggunakan manusia, menemukan minum jus goji berry dapat meningkatkan energi, suasana hati, dan kesehatan pencernaan.

7. Mencegah Kerusakan Hati

Goji berry telah digunakan untuk mengobati penyakit hati dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Penelitian pada model hewan menunjukkan goji berry dapat membantu mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit hati berlemak yang diinduksi alkohol. Penelitian pada sel kanker hati manusia juga menemukan goji berry dapat menghambat pertumbuhan tumor.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

Goji berry juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk pengencer darah, obat tekanan darah, dan obat diabetes. Orang yang menggunakan obat ini atau memiliki alergi terhadap buah beri harus berbicara dengan dokter sebelum Anda ingin mengkonsumsi obat-obatan tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.