Ini Manfaat Lari Saat Malam Hari

Kesehatan

Apa Sih Manfaat Lari Pada Malam Hari?

Pada umumnya, orang-orang memilih melakukan rutinitas olahraga lari pada pagi hari atau tepatnya sebelum bersiap-siap beraktivitas. Namun bagaimana jika Anda termasuk yang sulit bangun di bawah jam enam pagi tapi ingin berolahraga lari? Jika ini dilema yang Anda tengah hadapi maka solusi yang bisa dicoba adalah mencoba berolahraga lari di malam hari atau mungkin mengikuti event lari yang khusus digelar malam-malam seperti Indonesia Night Run pada 30 November di Qbig BSD, Tangerang.

Ini Manfaat Lari Saat Malam Hari

Mungkin bagi Anda yang tidak terbiasa saat berolahraga malam, khususnya berlari, pasti akan bertanya-tanya apa saja manfaatnya. Percaya atau tidak, bila dijadikan rutinitas, berlari di malam hari memiliki dampak yang baik untuk kesehatan Anda, bahkan pola tidur. Berikut ini manfaat lari di kala malam hari yang dilansir dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Mengenal Ultramarathon dan Bedaannya dengan Lari Jarak Jauh Lain]

  • Lebih Sedikit Polusi

Bagi Anda yang tinggal di Ibu Kota maka tak bisa dipungkiri di pagi hari, jalanan telah dipenuhi kendaraan bermotor. Di mana kendaraan-kendaraan ini mengeluarkan emisi gas buang yang memicu polusi. Tapi bila Anda berlari sepulang kerja dan memulainya pada pukul kira-kira 21.00 WIB, jalanan pun lebih sepi sehingga tingkat polusi udara dan suara yang biasanya dipicu kendaraan pun cenderung lebih sedikit.

  • Udara yang Lebih Sejuk

Udara yang lebih sejuk juga menjadi faktor yang menunjang saat Anda berlari di malam hari, apalagi bagi yang tinggal di Jakarta dengan suhu yang terbilang panas. Suhu yang lebih sejuk ini juga dapat membantu Anda lebih bersemangat saat berlari. Hal ini juga untuk menghilangkan alasan klasik mengenai terik matahari yang membuat malas berolahraga.

  • Memicu Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Berdasarkan studi yang pernah dilakukan di University of South Carolina, mayoritas orang-orang yang berolahraga dengan intensitas tinggi di malam hari mengklaim kualitas tidur mereka setara hingga lebih baik dibandingkan berolaraga pada pagi atau siang. Hal ini disinyalir serupa dengan keadaan ketika Anda mandi air hangat sebelum tidur. Karena saat berlari di malam hari terjadi peningkatan suhu di tubuh sehingga membuat tubuh lebih relaks saat akan tidur. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa mencoba tidur 30 menit setelah berolahraga lari pada malam.

  • Performa yang Lebih Baik

Penelitan yang pernah digelar di University of Essex menemukan responden yang mengklaim mereka yang rutin berlari di malam hari merasa performa mereka lebih baik karena terasa lebih cepat larinya dibandingkan lari pada pagi atau siang. Ini disinyalir dipengaruhi keadaan lebih gelap yang memicu Anda tidak terlalu terpecah perhatiannya dengan keadaan di sekitar sehingga lebih fokus saat berlari.

  • Menghindari Kebiasaan Ngemil

Ini merupakan salah satu kebiasaan yang kerap dialami pekerja kantoran saat dia beristirahat di rumah kala malam hari. Karena ada saja hal yang memicu Anda membuka kulkas atau mencari di meja untuk menemukan kudapan yang bisa dijadikan camilan. Dengan menjadikan lari sebagai rutinitas di malam hari maka Anda dapat menghindari kudapan sebelum tidur dan lebih memilih langsung berolahraga. Tentu saja kebiasaan ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

[Baca Juga: Ingin Coba Ultramarathon? Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya]

Itulah sejumlah manfaat lari di malam hari yang biasa Anda coba terapkan di rutinitas selepas pulang kerja. Bahkan jika Anda ingin melakukannya bersama-sama dengan banyak orang dan menjadikannya sebagai momen untuk bersosialisasi atau bertemu orang baru, Anda dapat mengikuti event Indonesia Night Run. Pada event maraton ini, Anda akan merasakan berlari di malam hari sembari menikmati jalur balap yang diterangi lampu-lampu. Penasaran? Tiketnya bisa dicek dan dibeli di Blibli.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.