Apa Sih Penyebab Kolesterol Jahat

Kesehatan

Apa Sih Penyebab Kolesterol Jahat?

Kolesterol merupakan zat lilin berwarna putih yang hampir sama dengan lemak. Di seluruh sel tubuh, zat ini tersebar. Kolesterol sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh pada organ hati. Hanya saja, asupan kolesterol sebagian besar Anda dapatkan pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Mungkin banyak dari Anda berpikir tentang kolesterol adalah penyakit yang buruk, padahal tidak selalu demikian.

Tubuh tetap membutuhkan kolesterol untuk pembentukan sel serta membuat sel tetap dalam keadaan sehat. Tidak hanya itu, kolesterol juga diperlukan untuk membuat hormon, asam empedu dan vitamin D. Namun, ada kolesterol jahat.

[Baca Juga: Inilah Makanan Penurun Darah Tinggi yang Enak Dikonsumsi]

Kolesterol LDL atau low-density lipoprotein cholesterol, dikenal sebagai kolesterol jahat karena memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Seperti dilansir dari alodokter.com (30/8/2019), jangan sampai kadar kolesterol LDL di dalam tubuh terlalu banyak, karena dapat meningkatkan penyakit pembuluh darah arteri.

Kolesterol merupakan senyawa lemak atau lipid. Kolesterol dibawa melalui aliran darah dengan bantuan protein. Kadar kolesterol dalam darah bisa diketahui lewat pemeriksaan darah, baik kadar kolesterol LDL maunpun high-density lipoprotein (HDL). Dikutip dari Bidanku.com, berikut ini rangkuman PingPoint.co.id mengenai beberapa penyebab angka kolesterol LDL tinggi (19/8/2019):

Apa Sih Penyebab Kolesterol Jahat

  • Usia

Usia dapat meningkatkan risiko meningkatnya kadar kolesterol. Semakin tua usia akan cenderung meningkatkan kadar kolesterol jahat, karena semakin menurunnya fungsi dan metabolisme tubuh. Sehingga dengan begitu tidak heran apabila orang yang sudah lanjut usia memiliki kadar LDL tinggi jika dibandingkan dengan anak muda. Kadar LDL umumnya akan meningkat jika sudah menginjak usia 20 tahun.

  • Kelebihan Berat Badan

Pasalnya, kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung yang disebabkan karena kolesterol meningkat. Berat badan yang berlebih dapat disebabkan berbagai hal, misalnya pola makan yang tidak sehat dan jarang melakukan olahraga atau pun aktivitas fisik.

  • Konsumsi Makanan Sehari-Hari

Makanan yang akan membuat kolesterol tinggi salah satunya yaitu fast food. Fast food atau pun camilan junk food seperti keripik kentang dalam kemasan yang tinggi akan kandungan gula, garam, kalori, lemak jenuh serta lemak trans. Supaya kadar kolesterol tidak terus meningkat sebaiknya kurangi mengonsumsi jenis makanan ini.

  • Jarang Bergerak

Selain asupan makanan yang kurang baik, jarang bergerak atau kurang melakukan aktivitas dapat meningkatkan risiko angka kolesterol LDL naik.

  • Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Asap, serta racun yang terdapat pada rokok akan menyebabkan naiknya kadar kolesterol. Baik perokok aktif atau pun pasif memiliki risiko mengalami sumbatan pada pembuluh darah arteri yang akan menyebabkan masalah pada jantung seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Mengetahui seperti itu, sangat penting untuk menghindari merokok.

Kolesterol tidak hanya terdapat pada orang tua saja, tetapi anak muda juga banyak yang terkena kolesterol. Ini berpengaruh pada pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Perlu Anda ketahui, tua itu pasti tetapi muda hanya satu kali. Sayangi tubuh Anda dengan asupan makanan yang baik, rajin olahraga, dan istirahat cukup. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

[Baca Juga: Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Terkena Serangan Jantung]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.