Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Bisnis

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020?

Masih adanya dampak dari perang dagang antara AS dan Tiongkok, ditambah dengan pandemi COVID-19 yang kian meningkat dalam beberapa waktu terakhir menjadi latar belakang munculnya isu resesi global 2020. Beberapa pakar menilai bahwa kondisi ini diprediksi akan lebih buruk dibandingkan krisis moneter tahun 1998 dan 2008.

Kekhawatiran ini cukup beralasan. Dampaknya mulai terasa di semua negara, sendi-sendi perekonomian negara mulai terganggu. Sektor industri, penurunan kinerja ekspor impor, dan tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan.

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Terbaru adalah dampak pandemi COVID-19 mulai dirasakan memperlambat pertumbuhan perekonomian nasional. Seperti yang diberitakan duitologi.com (6/8/2020), sebagai langkah lanjutan untuk memperkuat stabilitas moneter dan pasar keuangan bersama Kemenko Perekonomian, Kemenkeu, OJK, dan LPS, Bank Indonesia menyampaikan bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia (BI) untuk memperkuat stimulus ekonomi sesuai kewenangan BI.

Kewenangan itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No. 1 Tahun 2020 tanggal 31 Maret 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Langkah Persiapan

Tentu semua pihak berharap resesi ekonomi tidak terjadi. Namun jika kondisi tersebut benar-benar ada, apa yang harus dilakukan apabila resesi ekonomi benar-benar terjadi?

1) Berinvestasi

Pertama, pastikan Anda sudah mempunyai aset atau investasi. Pilih instrumen yang sifatnya mudah dicairkan dan tahan terhadap inflasi. Jenis investasi itu seperti emas, reksa dana non-saham, deposito, atau SBN (Surat Berharga Negara).

[Baca Juga: Anak Muda Paling Terpukul Saat Terjadi Krisis Ekonomi Akibat Pandemi]

2) Asuransi

Asuransi bisa menjadi bentuk perlindungan diri dan keluarga dari berbagai macam masalah kesehatan ataupun jiwa. Dengan memiliki asuransi, apabila terjadi musibah maka segala biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Saat ini memang sudah ada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Manfaatkan jaminan sosial tersebut. Bagi yang sudah tidak aktif atau menunggak, maka aktifkan kembali jaminan sosial tersebut, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dipergunakan.

3) Dana Darurat

Risiko PHK akan selalu ada selama masa resesi. Maka pastikan Anda punya dana darurat yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup jika sewaktu-waktu Anda keluar dari kantor atau bisnis mengalami kerugian. Jumlah ideal dana darurat adalah minimal 6 kali gaji bulanan.

[Baca Juga: Pekerja Kala Pandemi: Upah Kurang, PHK Tanpa Pesangon, THR Dicicil]

4) Skala Prioritas

Membuat skala prioritas akan membantu Anda menyortir mana kebutuhan yang sifatnya primer, sekunder, dan tertier. Sebaiknya, kesampingkan dulu kebutuhan jangka pendek yang tidak terlalu mendesak dan pindahkan dananya untuk investasi.

Resesi bukanlah persoalan ekonomi yang sepele. Anda perlu menyiapkan diri sebaik mungkin, terutama dalam hal finansial. Terus ikuti perkembangan berita ekonomi terbaru agar Anda paham apa yang sedang terjadi dan tahu bagaimana mengatasinya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 6 months lalu
    hanna56

    Jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan