Apa yang Harus Dilakukan Jika Konsumen Alami Kecelakaan di Ojol

Bisnis

Apa yang Harus Dilakukan Jika Konsumen Alami Kecelakaan di Ojol?

Menggunakan layanan ojek online (ojol) roda dua di Ibu Kota saat ini sudah menjadi bagian aktivitas masyarakat. Dari mulai untuk pergi ke tempat kerja, ke sekolah, kampus, bahkan hingga belanja. Namun namanya juga di jalan raya, sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan bisa saja terjadi, seperti yang menimpa salah satu jurnalis PingPoint.co.id beberapa waktu lalu saat menggunakan layanan GoRide dari Gojek. Dari sinilah muncul pertanyaan, sebenarnya bila kecelakaan terjadi apa yang harus dilakukan atau didapatkan konsumen? Apakah konsumen memiliki semacam proteksi?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Konsumen Alami Kecelakaan di Ojol

Pertanyaan di atas muncul usai jurnalis PingPoint.co.id merasa kebingungan setelah ia jatuh dari motor yang dikendarai diver Gojek setelah ditabrak pengguna roda dua lainnya. Kemudian pihak driver hanya mengajak untuk melanjutkan perjalanan tanpa melakukan pengecekan kesehatan serta mengajak ke klinik atau rumah sakit terdekat. Pihak PingPoint.co.id pun menghubungi perusahaan Gojek untuk mengetahui bagaimana kebijakan mereka jika insiden kecelakaan terjadi.

Tim hubungan masyarakat (humas) Gojek melalui email kepada PingPoint.co.id menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah melakukan berbagai langkah untuk melindungi konsumen serta driver demi meminimalkan terjadinya kecelakaan. Di mana langkah ini memiliki tiga pilar yang terdiri dari Pencegahan, Perlindungan, dan Penanganan.

[Baca Juga: GOJEK, #MenangIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019]

“Upaya pencegahan berfokus pada tindakan meminimalisir risiko yang dilakukan secara berkelanjutan. Upaya pencegahan, dilakukan sejak proses yang paling awal, yaitu rekrutmen mitra. Di mana Gojek mewajibkan calon mitra driver untuk melengkapi dirinya dengan SKCK serta menerapkan syarat minimal usia dan kondisi kendaraan yang layak saat pertama kali mendaftar. Selanjutnya, Gojek juga senantiasa melakukan sosialisasi Kode Etik Mitra yang wajib ditaati oleh mitra driver Gojek untuk memastikan tersedianya ekosistem layanan yang aman untuk seluruh pihak,” tulis tim Humas Gojek kepada PingPoint.co.id (22/11/2019).

Selain itu, Gojek juga mengklaim, telah memberikan edukasi kepada para driver-nya, khususnya mengenai keselamatan dan pengetahuan untuk melakukan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan. Masih dalam cakupan pencegahan, pihak Gojek ternyata sudah memiliki fitur pengingat untuk beristirahat pada aplikasi untuk driver jika mereka telah bekerja lebih dari delapan hingga 12 jam.

[Baca Juga: GoFood dan Mamimumemo 2 Untungkan Konsumen Serta Mitra Kerja]

Lantas bagaimana untuk konsumennya? Pihak Gojek memasukkan ini ke dalam pilar perlindungan dengan konsumen yang sudah diberikan perlindungan asuransi. Dengan GoCar yang bekerjasama bersama Jasa Raharja dan GoRide dengan Allianz yang didukung pihak Pasar Polis. Namun untuk perlindungan ini terdapat syarat-syarat yang perlu Anda miliki sebelum mengajukan klaim, yaitu:

  • KTP
  • Detail dari pengeluaran Anda keluarkan di rumah sakit atau klinik
  • Hasil laboratorium serta rontge
  • Surat laporan dari kepolisian mengenai kecelakaan dalam Berita Acara Pemeriksaan atau BAP

Gojek Siapkan Program Gosend Golucky untuk Promo Belanja Online Akhir Tahun

Terakhir dalam pilar penanganan, Gojek menyebut, dalam aplikasinya sudah tersedia Tombol Darurat dan Bagikan Perjalanan yang dijelaskan untuk memberikan respon terhadap laporan darurat yang siaga selama 24 jam. Jadi ketika kecelakaan terjadi, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

Pihak Gojek menyebut, proteksi asuransi mereka dilakukan bersifat menyeluruh. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas terdapat syarat-syarat yang perlu dilakukan. Jadi jika Anda mengalami kejadian yang serupa dengan jurnalis PingPoint.co.id, ada baiknya Anda langsung meminta driver untuk mengajak ke klinik dan kantor polisi untuk mendapatkan surat BAP serta penanganan medis.

Jika driver tidak kooperatif terkait hal ini, Anda bisa menghubungi Costumer Care dari Gojek untuk melaporkan kejadian yang Anda alami. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa mengeceknya di laman GoRide Asuransi atau GoCar Asuransi sesuai layanan yang Anda pilih.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.