Apa yang Harus Dilakukan Jika Konsumen Alami Kecelakaan di Ojol

Bisnis

Apa yang Harus Dilakukan Jika Konsumen Alami Kecelakaan di Ojol?

Menggunakan layanan ojek online (ojol) roda dua di Ibu Kota saat ini sudah menjadi bagian aktivitas masyarakat. Dari mulai untuk pergi ke tempat kerja, ke sekolah, kampus, bahkan hingga belanja. Namun namanya juga di jalan raya, sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan bisa saja terjadi, seperti yang menimpa salah satu jurnalis PingPoint.co.id beberapa waktu lalu saat menggunakan layanan GoRide dari Gojek. Dari sinilah muncul pertanyaan, sebenarnya bila kecelakaan terjadi apa yang harus dilakukan atau didapatkan konsumen? Apakah konsumen memiliki semacam proteksi?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Konsumen Alami Kecelakaan di Ojol

Pertanyaan di atas muncul usai jurnalis PingPoint.co.id merasa kebingungan setelah ia jatuh dari motor yang dikendarai diver Gojek setelah ditabrak pengguna roda dua lainnya. Kemudian pihak driver hanya mengajak untuk melanjutkan perjalanan tanpa melakukan pengecekan kesehatan serta mengajak ke klinik atau rumah sakit terdekat. Pihak PingPoint.co.id pun menghubungi perusahaan Gojek untuk mengetahui bagaimana kebijakan mereka jika insiden kecelakaan terjadi.

Tim hubungan masyarakat (humas) Gojek melalui email kepada PingPoint.co.id menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah melakukan berbagai langkah untuk melindungi konsumen serta driver demi meminimalkan terjadinya kecelakaan. Di mana langkah ini memiliki tiga pilar yang terdiri dari Pencegahan, Perlindungan, dan Penanganan.

[Baca Juga: GOJEK, #MenangIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019]

“Upaya pencegahan berfokus pada tindakan meminimalisir risiko yang dilakukan secara berkelanjutan. Upaya pencegahan, dilakukan sejak proses yang paling awal, yaitu rekrutmen mitra. Di mana Gojek mewajibkan calon mitra driver untuk melengkapi dirinya dengan SKCK serta menerapkan syarat minimal usia dan kondisi kendaraan yang layak saat pertama kali mendaftar. Selanjutnya, Gojek juga senantiasa melakukan sosialisasi Kode Etik Mitra yang wajib ditaati oleh mitra driver Gojek untuk memastikan tersedianya ekosistem layanan yang aman untuk seluruh pihak,” tulis tim Humas Gojek kepada PingPoint.co.id (22/11/2019).

Selain itu, Gojek juga mengklaim, telah memberikan edukasi kepada para driver-nya, khususnya mengenai keselamatan dan pengetahuan untuk melakukan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan. Masih dalam cakupan pencegahan, pihak Gojek ternyata sudah memiliki fitur pengingat untuk beristirahat pada aplikasi untuk driver jika mereka telah bekerja lebih dari delapan hingga 12 jam.

[Baca Juga: GoFood dan Mamimumemo 2 Untungkan Konsumen Serta Mitra Kerja]

Lantas bagaimana untuk konsumennya? Pihak Gojek memasukkan ini ke dalam pilar perlindungan dengan konsumen yang sudah diberikan perlindungan asuransi. Dengan GoCar yang bekerjasama bersama Jasa Raharja dan GoRide dengan Allianz yang didukung pihak Pasar Polis. Namun untuk perlindungan ini terdapat syarat-syarat yang perlu Anda miliki sebelum mengajukan klaim, yaitu:

  • KTP
  • Detail dari pengeluaran Anda keluarkan di rumah sakit atau klinik
  • Hasil laboratorium serta rontge
  • Surat laporan dari kepolisian mengenai kecelakaan dalam Berita Acara Pemeriksaan atau BAP

Gojek Siapkan Program Gosend Golucky untuk Promo Belanja Online Akhir Tahun

Terakhir dalam pilar penanganan, Gojek menyebut, dalam aplikasinya sudah tersedia Tombol Darurat dan Bagikan Perjalanan yang dijelaskan untuk memberikan respon terhadap laporan darurat yang siaga selama 24 jam. Jadi ketika kecelakaan terjadi, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

Pihak Gojek menyebut, proteksi asuransi mereka dilakukan bersifat menyeluruh. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas terdapat syarat-syarat yang perlu dilakukan. Jadi jika Anda mengalami kejadian yang serupa dengan jurnalis PingPoint.co.id, ada baiknya Anda langsung meminta driver untuk mengajak ke klinik dan kantor polisi untuk mendapatkan surat BAP serta penanganan medis.

Jika driver tidak kooperatif terkait hal ini, Anda bisa menghubungi Costumer Care dari Gojek untuk melaporkan kejadian yang Anda alami. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa mengeceknya di laman GoRide Asuransi atau GoCar Asuransi sesuai layanan yang Anda pilih.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.