Apa yang Terjadi Jika Anda Terlalu Banyak Minum Air Putih

Kesehatan

Apa yang Terjadi Jika Anda Terlalu Banyak Minum Air Putih?

Minum air putih merupakan hal yang wajib dilakukan secara rutin karena memang tubuh Anda membutuhkan untuk terhidrasi. Apalagi mengingat sekitar 60 persen kandungan di tubuh kita adalah air. Sehingga dianjurkan Anda mengonsumsi sekitar dua liter air (tiga liter untuk pria) per harinya. Namun tahukah Anda bahwa ada baiknya bila Anda meminum air putih sesuai anjuran tersebut? Karena ternyata terdapat risiko gangguan kesehatan jika Anda meminum air putih secara berlebihan.

Jika mengonsumsi air putih secara berlebihan maka Anda berisiko terkena kondisi yang dikenal dengan istilah di dunia media water intoxication atau keracunan air atau hiperhidrasi. Pada dasarnya, kondisi ini terjadi jika Anda terlalu berlebihan mengonsumsi air putih dalam satu waktu, biasanya dalam kurun waktu satu jam.

Apa yang Terjadi Jika Anda Terlalu Banyak Minum Air Putih

Jumlah Konsumsi Air Putih yang Berbahaya

Untuk mengetahui berapa banyak konsumsi air putih yang dapat memicu gangguan kesehatan maka faktor yang paling mempengaruhi adalah periode serta rentang usianya, jenis kelamin juga mempengaruhi. Namun seperti yang dijelaskan di atas, pada umumnya keracunan air terjadi ketika meminum air putih secara berlebihan dalam waktu satu jam.

Sebagaimana dilansir healthline.com (2/12/2019), ginjal orang dewasa yang sehat mampu membuang 20 sampai 28 liter air per harinya. Namun hanya mampu mengeluarkan satu liter per jamnya. Sehingga jika Anda mengonsumsi air putih lebih dari satu liter per jamnya maka ginjal Anda akan mengalami kesulitan. Apalagi jika sampai dua atau tiga liter, ini sangat berisiko memicu hiperhidrasi.

[Baca Juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih]

Kondisi keracunan air putih bahkan dapat terjadi lebih cepat pada anak-anak dan orang lanjut usia. Mengingat ginjalnya pada kedua rentang usianya ini kurang efisien dibandingkan orang dewasa yang sehat. Bahkan jumlah air yang dapat dikonsumsi per jamnya pun juga lebih sedikit.

Gangguan Kesehatan

Lantas apa yang terjadi jika Anda mengalami keracunan air? Saat terlalu banyak Anda mengonsumsi air putih maka yang terjadi adalah berkurangnya konsentrasi sodium dalam darah Anda hingga ke kategori rendah. Hal ini dipicu terlalu banyaknya air putih yang masuk ke tubuh dibandingkan dengan apa yang ginjal Anda mampu keluarkan. Sehingga memicu mencairnya sodium di aliran darah Anda yang menyebabkan sel-sel pun membengkak.

Gejala yang muncul biasanya sakit kepala, kram, kejang, mual, mengantuk, mendadak kelelahan, bahkan dalam kasus yang parah dapat memicu kehilangan kesadaran. Gejala ini biasanya muncul sesaat setelah Anda mengonsumsi air putih secara berlebihan dalam kurun waktu sejam sampai beberapa jam.

[Baca Juga: Jerawat? Coba Atasi dengan Minum Air Putih!]

Kondisi keracunan air ini biasanya terjadi kepada orang-orang yang tengah mengikuti event olahraga hingga latihan militer. Mengingat setelah mereka melakukan aktivitas fisik yang berat dan intens, pada waktu istirahat, biasanya mereka akan mengonsumsi air putih secara berlebihan.

Kondisi keracunan air ini merupakan hal yang sangat bisa dicegah terjadi. Biasanya cara terbaik adalah tetap mengikuti anjuran konsumsi air putih per harinya atau hanya minum ketika Anda merasa haus saja. Langkah lain untuk mengetahui kapan harus minum adalah pasca Anda buang air kecil. Bila urine terlihat berwarna bening maka artinya tubuh Anda telah terhidrasi dengan cukup dan tidak perlu mengonsumsi air putih dalam jangka waktu beberapa jam setelah buang air kecil.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.