Apakah Anak Tunggal Selalu Manja dan Egois Ini Penjelasan Ilmiahnya

Pendidikan

Apakah Anak Tunggal Selalu Manja dan Egois? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Terlahir sebagai anak tunggal umumnya menjadi anak yang diistimewakan orangtuanya. Hal ini seperti yang disebutkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Family Issues dalam Good for Nothing: Number of Siblings and Friendship Nominations Among Adolescent.

Meski istimewa, seorang anak tunggal tak selalu manja dan egois. Anak tunggal bisa saja tumbuh menjadi anak yang mandiri dan tidak manja. Bahkan, terkadang seorang anak tunggal mampu menjadi lebih peduli dari anak-anak lain yang memiliki saudara kandung.

Apakah Anak Tunggal Selalu Manja dan Egois Ini Penjelasan Ilmiahnya

Anak tunggal yang diistimewakan orangtuanya akan tumbuh menjadi anak mandiri bila dirawat dan diasuh dengan baik, tegas dan bijaksana. Selain itu, studi lain yang juga mendukung fakta anak tunggal tak selalu manja dan egois adalah sebuah studi yang ditulis dalam buku berjudul The Case for the Only Child: Your Essential Guide and Parenting an Only Child.

Studi yang ditulis Denise Duval Tsioles, Ph.D., Direktur Child Therapy Chicago dan Susan Newman, Ph.D tersebut menyebutkan jika selain mandiri, anak tunggal justru merupakan anak yang penuh percaya diri dan peduli. Sebagian besar anak tunggal juga dikatakan sebagai pribadi yang penuh kasih sayang dan pandai bersosialisasi.

[Baca Juga: Memupuk Jiwa Mandiri di Bumi Perkemahan Cibubur]

Mengutip purewow.com (21/11/2019), beberapa orang percaya bahwa anak tunggal tidak bisa berbagi, berkomunikasi dengan anak-anak lain saat masih kecil. Namun, hal tersebut tidak dibenarkan menurut statistik dan para ahli.

Anak tunggal juga seringkali membuat orang bertanya-tanya, apakah anak tunggal kesepian atau tidak? Faktanya, tak semua anak tunggal merasa kesepian. Menurut penelitian, kesendirian yang dialami anak tunggal menjadi proses penting dalam pembentukan kepribadian anak dan dapat mengarah pada karakter yang diinginkannya tanpa mengalami stres.

Selain itu, anak tunggal yang terkadang memiliki waktu sendiri justru bisa membuat perasaan anak tunggal lebih sensitif dan mendorongnya untuk tetap berbuat baik. Dan, menjadi anak tunggal pun akan membuat seseorang menikmati harinya dengan cukup menyenangkan, tanpa persaingan, tanpa cemburu dan tanpa perselisihan.

[Baca Juga: Ini Destinasi Eduwisata Keluarga di Liburan Panjang Akhir Tahun]

Bahkan, para ahli juga menemukan bahwa memiliki saudara kandung pun tidak menjamin kebahagiaan dan kerukunan. Karena, ada beberapa kakak-adik yang ternyata tidak bisa rukun bahkan hingga dewasa.

Seorang anak bisa menjadi anak manja dan egois berpengaruh pada pola asuh orangtua. Bila anak tunggal dipenuhi kasih sayang yang cukup dengan pola asuh bijaksana, tegas dan nasehat-nasehat yang baik, maka dia bisa tumbuh menjadi anak yang tidak manja dan egois.

Jadi, jangan lagi selalu beranggapan anak tunggal itu anak manja dan egois ya, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.