Apakah Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik

Kesehatan

Apakah Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik?

Narsis adalah kata yang sering dilekatkan pada orang-orang yang senang memasang foto diri di akun sosial media mereka. Barangkali Anda juga sering melakukan hal tersebut dan berpikir, apakah benar saya narsis? Seperti gangguan jiwa lain, ada tingkatan-tingkatan tertentu dan gejala medis yang akhirnya menentukan apakah seseorang terkena gangguan kepribadian narsistik atau tidak.

Jika Anda penasaran, cek apa itu gangguan narsistik dan bagaimana gejalanya seperti yang telah dirangkum PingPoint.co.id dari psychologytoday.com (9/1/2019) berikut. Ciri-ciri gangguan kepribadian narsisistik atau narsistik atau narcissistic personality disorder (NPD) adalah besar kepala, kurangnya empati terhadap orang lain, dan kebutuhan akan kekaguman.

Apakah Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik

Orang dengan kondisi ini sering digambarkan sebagai orang yang sombong, egois, manipulatif, dan terus menuntut. Orang yang narsistik mungkin juga memiliki fantasi muluk dan yakin dirinya pantas mendapatkan perlakuan khusus. Karakteristik ini biasanya dimulai pada awal masa dewasa dan harus secara konsisten terbukti dalam berbagai konteks, seperti di tempat kerja dan dalam hubungan dengan orang-orang terdekat

[Baca Juga: Kenali Sosok Orang Yang Memiliki Kepribadian Ganda]

Orang dengan NPD sering mencoba bergaul dengan orang lain yang diyakini unik atau berbakat dalam beberapa cara, yang dapat meningkatkan harga dirinya sendiri. Para narsistik ini cenderung mencari kekaguman dan perhatian yang berlebihan dan mengalami kesulitan mentolerir kritik atau kekalahan. Individu dengan gangguan kepribadian narsisistik, menurut DSM-5, menunjukkan lima atau lebih hal berikut, yang hadir pada awal masa dewasa dan lintas konteks:

  • Rasa mementingkan diri sendiri yang muluk-muluk
  • Asyik dengan fantasi kesuksesan tanpa batas, kekuatan, kecemerlangan, keindahan, atau cinta yang ideal
  • Percaya bahwa seseorang itu istimewa dan hanya dapat dipahami oleh atau bergaul dengan orang atau lembaga khusus
  • Kebutuhan akan kekaguman yang berlebihan
  • Rasa berhak (untuk perawatan khusus)
  • Eksploitasi orang lain
  • Kurangnya empati
  • Iri pada orang lain atau kepercayaan bahwa seseorang adalah objek kecemburuan
  • Sombong, perilaku angkuh atau sikap

[Baca Juga: Mengenal Skizofrenia sebagai Gangguan Kesehatan Jiwa]

Individu dengan NPD dapat dengan mudah tersengat oleh kritik atau kekalahan dan dapat bereaksi dengan jijik atau marah, tetapi penarikan sosial atau penampilan kerendahan hati yang salah juga dapat mengikuti. Rasa berhak, mengabaikan orang lain, dan aspek NPD lainnya dapat merusak hubungan. Sementara orang dengan NPD mungkin berprestasi, gangguan kepribadian juga dapat memiliki dampak negatif pada kinerja (karena, misalnya, terlalu sensitif terhadap kritik).

Para peneliti telah melaporkan hubungan antara NPD dan tingginya tingkat penyalahgunaan zat, suasana hati, dan gangguan kecemasan. Ini mungkin disebabkan oleh karakteristik seperti impulsif dan peningkatan pengalaman rasa malu pada orang dengan NPD. Kehadiran sifat narsisistik pada masa remaja tidak selalu menyiratkan bahwa seseorang akan memiliki NPD sebagai orang dewasa.

Penyebab gangguan kepribadian narsisistik belum dipahami dengan baik. Faktor genetik dan biologis serta pengalaman lingkungan dan kehidupan awal semua dianggap memainkan peran dalam perkembangan kondisi ini. Namun, perlu dicatat bawah perawatan untuk gangguan kepribadian narsisistik dapat menjadi tantangan karena orang-orang dengan kondisi ini sangat besar kepala dan defensif, yang membuatnya sulit bagi untuk mengakui masalah dan kerentanan. Psikoterapi mungkin berguna dalam membantu orang-orang dengan gangguan kepribadian narsistik berhubungan dengan orang lain dengan cara yang lebih sehat dan lebih berbelas kasih.

Read More

Artikel Lainnya

Didi Kempot Puaskan Dahaga Ribuan Sobat Ambyar di PKN 2019

Berita Kawasan

Didi Kempot Puaskan Dahaga Ribuan Sobat Ambyar di PKN 2019

14 October 2019, 13:59  |  27 Views

Kemeriahan acara Pekan Budaya Nasional 2019 di warnai oleh ribuan sorakan lirik lagu “Cendol Dawet” dari “ The godfather of broken heart” Kamis malam, 11 Oktober2019.

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

Kuliner

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

14 October 2019, 12:00  |  19 Views

Kolaborasi hidangan daging BBQ ala Brazil dan wine menu bisa Anda nikmati sepuasnya di Fogo Jakarta. Ayo datang dan coba!

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

Kesehatan

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

14 October 2019, 11:00  |  9 Views

Pernah merasa jemari tangan Anda terasa seperti tersengat listrik? Kondisi tersebut bukan pertanda serius. Namun, mari cari tahu penyebabnya di sini.

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kuliner

Minuman Sehat dan Nikmat yang Bermanfaat Bagi Tubuh

14 October 2019, 10:00  |  10 Views

Konsumsi air putih dalam jumlah optimal, tentu membuat tubuh menjadi bugar. Namun Anda dapat melengkapinya dengan nutrisi dari sejumlah minuman sehat.


Comments


Please Login to leave a comment.