Apakah Anda Tertarik Ikut Program Ramadan di Masjid Istiqlal

Berita Kawasan

Apakah Anda Tertarik Ikut Program Ramadan di Masjid Istiqlal?

Di bulan Ramadan masjid merupakan destinasi utama para muslim untuk beribadah. Biasanya di masjid juga akan disediakan hidangan buka puasa untuk para pengunjungnya. Maka dari itu, di bulan suci yang penuh rahmat ini Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, sepanjang bulan Ramadan ini akan menggelar 17 Program, salah satunya adalah Iftar Budaya.

“Kami melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga atau instansi. Salah satunya dengan Direktorat Diplomasi Budaya Kemendikbud, kami melaksanakan Iftar Kebudayaan," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah sesuai rilis yang mereka sebarkan (7/5/2019).

[Baca Juga: Masjid Langgar Tinggi, Tempat Ibadah Bersejarah di Pekojan]

Iftar Budaya yang dimaksud akan dilaksanakan selama lima hari di pertengahan Ramadan. Namun, apakah yang dimaksud dengan Iftar Ramadan? Kegiatan ini merupakan acara edukasi mengenai dunia islam yang terdiri dari beberapa rangkaian acara.

"Kegiatannya berupa seminar, sarasehan, sejarah Islam di Indonesia. Di acara tersebut, kami juga akan mengenalkan tokoh-tokoh Islam yang menginspirasi, tarian dan nasyid Islami," jelas Abu Hurairah. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa melihat berbagai kesenian serta permainan tradisional.

[Baca Juga: Melihat Masjid Megah ala Taj Mahal di Danau Sunter]

Untuk meramaikan dan mengisi acara, pihak penyelenggara juga akan mengundang tokoh-tokoh agama. Selain itu, pihak masjid juga akan menggelar santunan untuk anak yatim, serta pembagian zakat fitrah.

Berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya, di tahun ini Masjid Istiqlal meniadakan pesantren kilat untuk anak-anak sekolah. Hal tersebut dikarenakan ruangan yang biasa digunakan sedang direnovasi. Pihak masjid bahkan meminta permohonan maaf karena tidak mengadakan salah satu acara rutin ini.

Abu Hurairah menambahkan, untuk takjil, pihak masjid akan menyediakan 2.000 hingga 3.000 takjil pada hari kerja. Sedangkan, di akhir pekan porsinya lebih banyak, yaitu mencapai 5.000 takjil.

[Baca Juga: Mengintip Masjid Peninggalan Pangeran Jayakarta di Dekat Jatinegara]

Lalu untuk salat tarawih, pihak Masjid Istiqlal akan menggelar dua pilihan salat, yaitu salat tarawih dengan 11 dan 23 rakaat. Pihak masjid menyediakan dua pilihan agar masyarakat bisa memilih sesuai kebiasaannya tanpa memberatkan.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.