Apakah Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Udara

Kesehatan

Apakah COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara?

Saat ini hal yang paling lumrah diketahui oleh masyarakat umum mengenai Virus Corona penyebab COVID-19 adalah melalui kontak dengan pasien positif atau carrier. Sehingga tak heran mengapa pemerintah pusat dan daerah sangat mendorongnya physical distancing dan meminta semua orang agar lebih baik di rumah saja. Namun salah satu hal yang acap kali muncul di benak masyarakat atau mungkin Anda adalah mengenai penyebaran virus bernama SARS-CoV-2 itu melalui udara. Apakah bisa?

Rasa kekhawatiran ini tentu saja bisa dikatakan lumrah. Mengingat setiap harinya, pasien yang positif terinfeksi Virus Corona terus bertambah di Indonesia yang hingga 27 Maret 2020 sudah mencapai angka 1.046 orang. Terkait penyebarannya, memang yang terbanyak terjadi disinyalir akibat terjadinya kontak antara individu dengan pasien yang positif atau seseorang yang memang terinfeksi tapi tak mengetahui bahwa dirinya merupakan seorang carrier.

Apakah Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Udara

Namun selain kontak dengan seseorang yang positif, virus SARS-CoV-2 juga memiliki sifat yang dapat menempel terhadap beragam objek. Di mana penelitian terkait sifat virus ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari National Institutes of Health, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, University of California, Los Angeles (UCLA) dan Princeton University.

[Baca Juga: Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Permukaan Benda?]

Pada penelitan ini, mereka membandingkan antara sifat virus dari penyakit COVID-19 dan SARS, khususnya seberapa lama virus ini bertahan di udara, tembaga, kardus, plastik, dan stainless steel. Terungkaplah bahwa SARS-CoV-2 mampu bertahan selama empat jam di tembaga, hingga 24 jam di kotak kardus, tiga hari di plastik dan stainless steel.

Lantas bagaimana dengan udara? Sebagaimana dilansir dari cnbc.com (18/3/2020) para peneliti mengungkapkan bahwa Virus Corona mampu bertahan di udara melalui bantuan aerosol selama tiga jam. Sekadar informasi, aerosol sendiri merupakan partikel pada atau cair yang menggantung di udara dan karena memiliki berat massa yang berbeda maka akan jatuh pada waktunya. Contoh dari aerosol adalah kabut, debu, hingga cairan yang dikeluarkan ketika seseorang batuk atau bersin.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Walau bisa bertahan di udara melalui aerosol sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti seberapa banyak orang yang positif terinfeksi dengan cara ini bila tak terjadi kontak dengan carrier atau penderita COVID-19. Namun peneliti utama dari riset ini Dr. Neeltje van Doremalen menyimpulkan, penelitiannya mengungkapkan bahwa terdapat kemungkinan orang dapat terkena virus ini melalui udara (dengan bantuan aerosol) atau menyentuh benda yang telah terkontaminasi SARS-CoV-2. Sehingga ada baiknya bila Anda sangat menjaga jarak dengan seseorang yang mempelihatkan indikasi akan bersin atau batuk dalam rangka antisipasi diri.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.