Apakah Jaringan 5G Mampu Menularkan Covid-19

Kesehatan

Apakah Jaringan 5G Mampu Menularkan COVID-19?

Berbagai kabar seputar COVID-19 terus berkembang di masyarakat. Kali ini, masyarakat kembali diresahkan dengan kabar bahwa jaringan 5G dapat menularkan COVID-19.

Terkait hal tersebut, World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa virus jaringan 5G tidak bisa menularkan COVID-19. Dengan kata lain, informasi yang beredar di masyarakat tentang penularan COVID-19 lewat jaringan 5G tersebut adalah tidak benar.

Dilansri dari laman WHO (17/4/2020), virus tidak dapat berpindah melalui gelombang radio atau jaringan seluler. Apalagi faktanya COVID-19 kini menyebar di banyak negara yang tidak memiliki jaringan seluler 5G.

Apakah Jaringan 5G Mampu Menularkan Covid-19

WHO kembali mengingatkan bahwa COVID-19 menular melalui cairan dari saluran pernafasan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara. Selain itu, virus juga dapat ditularkan bila seseorang menyentuh permukaan benda yang telah terkontaminasi virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona baru.

Infeksi tersebut terjadi bila orang yang menyentuh permukaan benda yang telah terkontaminasi itu lalu memegang mata, mulut atau hidung mereka. Oleh karenanya, WHO mengimbau agar masyarakat rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama minimal 20 detik atau dengan hand sanitizer.

[Baca Juga: WHO Serukan Negara-negara Asia Tenggara Lebih Agresif Hadapi COVID-19]

Benda yang terkontaminasi bisa bermacam-macam, terutama benda yang sering dipegang. Misalnya handle pintu, pegangan tangga, pintu kulkas, hingga ponsel yang selalu Anda bawa ke mana-mana. Lebih masuk akal virus menular melalui ponsel, bukan jaringan seluler 5G seperti kabar menyesatkan yang beredar.

Bersihkan Ponsel

Itulah mengapa, selain menggunakan masker, penting juga Anda membersihkan ponsel secara rutin agar tidak menjadi benda perantara yang menularkan COVID-19.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), alkohol memiliki kemampuan menembus membran sel bakteri atau virus dan menghancurkannya dengan cara menurunkan tegangan permukaan sel dan denaturasi protein sehingga dapat membunuh bakteri dan melemahkan virus. Kemampuan alkohol tersebut dianggap paling efektif ketika kadarnya mencapai 70 persen.

Namun, jangan langsung menyemprotkan alkohol tersebut ke ponsel. Dilansir dari laman website teknologi Cnet (18/4/2020), alkohol dikabarkan dapat menghilangkan lapisan oleophobia dan hidrofobik yang menjaga minyak dan air dari permukaan ponsel. Jika lapisan tersebut rusak, tampilan layar dan komponen lainnya pun bisa ikut rusak.

Pointers dapat mengikuti saran yang dikeluarkan perusahaan teknologi Apple. Dilansir dari situs resmi, Apple menyarankan untuk menggunakan tisu disinfektan yang mengandung alkohol 70 persen untuk membersihkan ponsel.

Apakah Jaringan 5G Mampu Menularkan Covid-19

Berikut caranya:

  1. Cabut semua kabel dan matikan ponsel. Selain untuk alasan keamanan, mematikan layar perangkat akan memungkinkan Anda untuk melihat kotoran dengan lebih mudah
  2. Copot atau lepaskan casing dan aksesoris lainnya yang terdapat pada ponsel
  3. Bersihkan secara horizontal atau vertikal di layar sentuh ponsel dalam satu arah berulang dengan tisu disinfektan. Gerakan ini dapat menyapu mikroba dan merupakan cara paling aman untuk membersihkan layar. Misalnya, mulai dari sisi kiri layar dan usap lurus ke sisi kanan layar. Ingat, jangan menggosok terlalu keras agar tidak mengikis lapisan layar
  4. Hindari menggosok berlebihan bagian yang terbuka, seperti lubang charger atau earphone untuk menghindari adanya kelembapan yang dapat merusak ponsel pada area tersebut
  5. Jangan lupa untuk membersihkan area belakang, seperti kamera belakang dan flash
  6. Bersihkan juga casing yang berbahan plastik dan gosok setiap permukaannya, biarkan alkohol menguap untuk mengeringkan casing sebelum dipasang kembali.

Jika masih khawatir tisu disinfektan dapat merusak layar ponsel, saat ini telah tersedia pembersih khusus ponsel yang mengklaim dapat membunuh 99,99 persen mikroba dan dapat mengusir bakteri. Tisu disinfektan berbeda dengan alcohol swab yang khusus diperuntukkan untuk medis. Lebih baik, pilihlah tisu disinfektan khusus untuk gadget atau sebagai alternatif. Anda juga dapat menggunakan kain microfiber yang disemprot alkohol 70 persen.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.