Apakah Konsumsi Susu Menyebabkan Penyakit Kanker Payudara

Kesehatan

Apakah Konsumsi Susu Menyebabkan Penyakit Kanker Payudara?

Istilah kanker payudara mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda, bukan? Kanker payudara terjadi ketika sel kanker menyerang jaringan di payudara. Para peneliti menyatakan beberapa penyebabnya adalah mengonsumsi alkohol, indeks masa tubuh yang berlebihan, dan kurang melakukan aktivitas fisik.

Banyak juga informasi yang menyatakan jika makanan yang mengandung zat karsinogenik jadi penyebab kanker payudara. Namun, adakah lagi penyebabnya?

Baru-baru ini, tepatnya 25 Februari 2020 penelitian tentang kanker payudara kembali rilis. Terbit di International Journal of Epidemiology, hasil penelitian itu mencoba menjelaskan kaitan kedelai dan susu dengan kanker payudara seperti dilansir dari Medical News Today (28/2/2020).

Apakah Konsumsi Susu Menyebabkan Penyakit Kanker Payudara

Gary E Fraser, seorang pengajar di School of Public Health, Loma Linda University, California, Amerika Serikat melakukan penelitian tersebut bersama timnya. Fraser dan tim meneliti 52.795 perempuan di Amerika Utara yang berusia tiga puluh tahun atau lebih. Perempuan-perempuan ini pada mulanya tidak memiliki penyakit kanker payudara. Namun, Fraser dan tim memantau mereka selama 7-9 tahun.

Hasilnya, pada kurun waktu tersebut ada 1.057 kasus kanker payudara yang muncul. Apa yang sebenarnya terjadi?

Awalnya populasi sebanyak 52.795 perempuan itu diminta mengisi kuesioner dengan pertanyaan seputar frekuensi makan makanan yang mengandung susu dan kedelai. Mereka juga ditanya seberapa sering mengonsumsi alkohol, melakukan aktivitas fisik, dan apakah ada keluarga yang memiliki penyakit kanker payudara atau tidak.

[Baca Juga: 4 Tanda Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Perempuan]

Setelah didata, banyak di antara mereka yang mengonsumsi kedelai secara berlebih dari perempuan lainnya yang juga menjadi objek penelitian. Setengah dari populasi penelitian itu ternyata mengonsumsi susu, namun dalam jumlah yang normal, seperti pada rata-rata orang Amerika umumnya.

Selepas diteliti lebih lanjut, Fraser dan timnya menyimpulkan jika kedelai tidak punya hubungan dengan kanker payudara.

Hal sebaliknya terjadi pada susu. Mereka menemukan ada kaitan antara makanan yang mengandung susu, terutama susu itu sendiri dengan meningkatnya risiko terkena kanker payudara.

Apakah Konsumsi Susu Menyebabkan Penyakit Kanker Payudara

Fraser lebih lanjut dalam sebuah wawancara menjelaskan jika seseorang mengonsumsi seperempat sampai sepertiga cangkir susu dalam sehari, dirinya berisiko terkena kanker payudara sebanyak tiga puluh persen.

Jika susu yang diminum per hari sebanyak satu cangkir, maka risiko terkenanya lima puluh persen. Lalu, seseorang akan memiliki risiko terkena penyakit itu sebanyak tujuh sampai delapan puluh persen apabila minum dua hingga tiga cangkir dalam sehari.

[Baca Juga: Rutin Konsumsi Bawang Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara?]

Bagaimana juga, penelitian ini memiliki kelemahan. Metode observasi yang diterapkan pada penelitian ini membuat efek pasti dari kanker payudara sulit dipastikan. Ada kemungkinan faktor lain yang menyebabkan kanker payudara seperti asupan kopi dan teh.

Populasi penelitian pun ditanya tentang asupan makan mereka hanya satu kali. Ada kemungkinan jika asupan makan mereka berubah dalam waktu 7-9 tahun penelitian.

Namun, ditegaskan bahwa Fraser ingin meneliti ini karena penyakit kanker payudara sudah lazim, ditambah susu merupakan asupan yang dikonsumsi luas oleh banyak orang. Hubungan keduanya menjadi hal penting bagi Fraser dan tim untuk diteliti.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.