Apakah Terapi Hormon Sehat Dilakukan di Masa Menopause

Kesehatan

Apakah Terapi Hormon Sehat Dilakukan di Masa Menopause

Gejala-gejala menopause sering mengganggu perempuan yang sudah memasuki usia lanjut. Namun, jika Anda ingin mencari bantuan mengatasi gejala menopause, jangan langsung menjalani hormon replacement therapy (HRT). Ketahui dulu pro dan kontra terapi penggantian hormon tersebut sebelum Anda memutuskan apakah pengobatan ini sudah tepat.

Selama menopause, kadar estrogen Anda turun. Beberapa perempuan mengalami gejala tidak nyaman seperti hot flashes dan berkurangnya produksi cairan vagina. HRT (juga dikenal sebagai terapi hormon, terapi hormon menopause, dan terapi penggantian estrogen) adalah pengobatan yang paling efektif untuk gejala menopause.

[Baca Juga: Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi]

Berdasarkan rangkuman dari situs webmd.com (3/9/2019), terapi penggantian hormon (HRT) dapat membantu beberapa perempuan mengatasi gangguan gejala hot flashes dan masalah kesulitan tidur yang dapat timbul ketika menopause. Namun, terapi ini belum tentu tepat untuk semua perempuan.

Apakah Terapi Hormon Sehat Dilakukan di Masa Menopause

Jenis Terapi Hormon

Berikut beberapa jenis terapi hormon berdasarkan rangkuman dari artikel webmd.com.

  • Estrogen Pil

Pil adalah pengobatan paling umum untuk gejala menopause. Ikuti instruksi dokter Anda untuk pemberian dosis. Sebagian besar pil estrogen diminum sehari sekali tanpa makanan. Beberapa memiliki jadwal pemberian dosis yang lebih rumit.

  • Estrogen Patch

Patch seperti plester, dikenakan pada kulit perut Anda. Tergantung pada dosisnya, beberapa tambalan diganti setiap beberapa hari, sementara yang lain dapat dipakai selama seminggu.

[Baca Juga: Terapi Kecantikan Ini Manfaatkan Energi Suara untuk Kencangkan Kulit]

  • Estrogen Topikal

Krim, gel, dan semprotan menawarkan cara lain untuk memasukkan estrogen ke dalam sistem Anda. Jenis pengobatan estrogen ini diserap melalui kulit langsung ke aliran darah. Spesifik tentang cara menerapkan krim ini bervariasi, meskipun biasanya digunakan sekali sehari.

  • Estrogen Vagina

Estrogen vagina datang dalam krim, cincin vagina, atau tablet estrogen vagina. Secara umum, perawatan ini adalah untuk perempuan yang mengalami masalah khusus karena kekeringan pada vagina, gatal, dan rasa terbakar atau nyeri saat berhubungan seksual.

Apakah Terapi Hormon Sehat Dilakukan di Masa Menopause

  • Progestin Oral

Diminum dalam bentuk pil, obat progestin termasuk medroksiprogesteron asetat (Provera) dan pil progestin sintetis (norethindrone, norgestrel). Banyak ahli sekarang memperlakukan mayoritas pasien menopause mereka dengan progesteron alami daripada progestin sintetik. Progesteron alami tidak memiliki efek negatif pada lipid dan merupakan pilihan yang baik untuk perempuan dengan kadar kolesterol tinggi.

  • Intrauterine Progestin

Levonorgestrel dosis rendah intrauterine devices (IUD) dijual dengan nama merek: Liletta, Kyleena, Mirena dan Skyla). Jika Anda menggunakan ini ketika Anda memasuki perimenopause, dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda tetap menggunakannya sampai setelah menopause selesai.

Apakah Terapi Hormon Sehat Dilakukan di Masa Menopause

Efek Samping Terapi Hormon

Tidak semua orang bisa memakai terapi penggantian hormon. Jika Anda memiliki kondisi ini, Anda mungkin ingin menghindari HRT:

- Darah mudah menggumpal

- Kanker (seperti payudara, rahim, atau endometrium)

- Penyakit jantung atau hati

- Pernah terkena serangan jantung

- Diketahui atau diduga hamil

- Pernah stroke

[Baca Juga: Apa Olahraga Kardio yang Aman untuk Lansia?]

HRT hadir dengan efek samping. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami gejala ini ketika menjalani terapi hormon:

- Kembung

- Pembengkakan atau nyeri payudara

- Sakit kepala

- Perubahan suasana hati

- Mual

- Pendarahan vagina

Anda dapat mengetahui apakah terapi penggantian hormon cocok untuk dijalani dengan berkonsultasi ke dokter spesialis. Dokter Anda dapat membantu Anda menimbang pro dan kontra dan menyarankan pilihan berdasarkan tingkat keparahan gejala dan riwayat medis Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri.jpg

Hobi dan Hiburan

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri

06 December 2022, 12:02

PSE belum lama ini mengundang developer game GoldLime Studios untuk membahas proyek game ambisius mereka berjudul Unplug.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.


Comments


Please Login to leave a comment.