A.jpg

Kesehatan

Apartemen Bisa Jadi Hunian Sehat dengan Bantuan Tanaman

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih tinggal di apartemen. Selain karena tuntutan gaya hidup, juga karena lahan membangun rumah tapak yang semakin terbatas. Hal ini pun dibuktikan dengan banyaknya proyek apartemen yang sedang atau bahkan sudah dibangun. Seperti di kawasan Cempaka Putih ini, misalnya. Mulai dari Graha Cempaka Apartment hingga komplek hunian vertikal seperti Green Pramuka City ada di sana.

Tetapi tentunya, apartemen juga tidak sama dengan landed house yang memiliki lahan sisa di bagian depan dan belakangnya. Apartemen benar-benar hanya terdiri dari bangunan, sehingga tidak ada lahan sisa yang bisa digunakan untuk berkebun, atau sekadar menanam tanaman hias. Padahal, keberadaan tanaman bisa membuat hunian terasa segar dan lebih sehat. Untungnya, menghadirkan tanaman di sekitar rumah tidak mesti di halaman depan atau belakang. Anda bahkan bisa membawa tanaman itu ke dalam bangunan tempat tinggal.

[Baca Juga : 8 Langkah Penting Sebelum Membuat Rooftop Garden]

Dengan demikian, masalah keterbatasan lahan untuk tanaman pada apartemen pun teratasi. Tinggal, Anda harus memilih jenis tanaman yang cocok untuk ditempatkan di dalam hunian. Ini agar keberadaan tanaman tidak mengganggu, melainkan memberi kesegaran dan membuat rumah jadi lebih sehat karena udara bersih yang dihasilkannya. Sebagai bahan referensi, berikut ada beberapa tanaman hias yang cocok untuk diletakkan dalam bangunan apartemen.

Snake Plant

CEMPAKA PUTIH_PROPERTI_APARTEMEN JADI HUNIAN SEHAT DENGAN BANTUAN TANAMAN_IVAN-02.jpg

Lidah mertua atau snake plant adalah sebutan untuk semua tanaman dari genus Sansevieria. Tanaman ini mampu menghilangkan racun di udara dengan cara menyerap atau menyaringnya, sehingga udara di sekitarnya jadi lebih bersih. Maka itu, snake plant akan sangat cocok jika ditempatkan di dalam apartemen. Terlebih, ukuran tanaman ini tidak telalu besar dan tidak bercabang.

Kaktus

C.jpg

Kaktus merupakan tanaman kering. Dengan begitu, tumbuhan ini sangat cocok untuk ditanam dan tumbuh di dalam ruangan yang relatif kering seperti pot dalam apartemen. Kaktus juga mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Siram satu sampai dua kali seminggu, lalu tempatkan di dekat jendela agar cukup tersinari matahari. Ambalan jendela pun bisa terlihat lebih cantik dengan adanya deretan kaktus di sana.

[Baca Juga : 7 Trik Dekorasi Rumah Menggunakan Kaktus]

Lidah Buaya

D.jpg

Lidah buaya atau Aloe vera ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari menyuburkan rambut, hingga mampu membunuh zat-zat kimia berbahaya pada udara seperti benzena dan formaldehida. Dari segi penanaman dan perawatan, lidah buaya tidak membutuhkan media tanam yang mengandung banyak air. Cukup disiram setiap hari, dan biarkan permukaan tanah media tanamnya kering kembali setelah disiram. Makanya, tanaman ini cocok untuk dirawat di dalam ruangan.

Sri Rejeki

E.jpg

Tanaman yang satu ini tidak hanya bisa membuat apartemen jadi lebih sehat, tetapi juga indah. Sebab selain memiliki kemampuan menyerap benzena dan formaldehida yang membandel di udara, sri rejeki atau aglaonema juga memiliki daun cantik berwarna putih dan corak hijau. Warna netral ini akan cocok dipadukan dengan elemen interior lain yang ada di dalam apartemen. Selain itu, tanaman ini juga umum ditempatkan di ruangan perkantoran karena dapat bertahan lama di dalam ruangan ber-AC.

Lili paskah

F.jpg

Jenis lili yang satu ini tidak selalu membutuhkan udara terbuka sebagai tempat tumbuhnya. Lili pun tak masalah jika Anda menyiramnya sekali dalam seminggu. Bahkan, lili dapat tumbuh dalam ruangan yang tak terlalu terang akibat sinar matahari. Hal ini membuat lili paskah cocok diletakkan di kamar mandi atau ruangan lain di dalam apartemen.

Jika sudah tahu tanaman apa saja yang bisa ditempatkan dalam apartemen, maka Anda bisa segera mempercantik dan membuat hunian jadi lebih sehat. Tak peduli lokasi maupun ukuran apartemen itu, sebab semua hunian vertikal termasuk Graha Cempaka Apartment dan Apatemen Green Pramuka City di Cempaka Putih, bisa dibuat jadi hunian sehat dengan keberadaan tanaman.

Read More

Artikel Lainnya

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia .jpg

Kuliner

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia

05 August 2020, 20:00

Fit Gourmet menghadirkan menu khusus di momen perayaan 17 Agustus ini dengan jajanan khas Indonesia yang sehat.

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan.jpg

Kesehatan

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan

05 August 2020, 19:00

Kang Emil mengumumkan siap membantu usaha uji klinis vaksin COVID-19 yang dilakukan PT Bio Farma dan Unpad.

Sisca Soewitomo Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

Kuliner

Sisca Soewitomo: Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

05 August 2020, 15:00

Perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949 ini legendaris kerap disebut sebagai Ratu Boga Indonesia akibat penampilannya yang lincah kala memasak di program televisi Aroma.

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

Kesehatan

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

05 August 2020, 14:00

Apabila terhirup, amonium nitrat dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dengan gejala batuk, sakit tenggorokan dan napas yang pendek.


Comments


Please Login to leave a comment.