Apindo Surakarta Minta Pemerintah Atur Kebijakan THR pada Masa Pandemi

Bisnis

Apindo Surakarta Minta Pemerintah Atur Kebijakan THR Masa Pandemi

Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para pekerja di masa pandemi COVID-19 menjadi masalah tersendiri yang dihadapi para pengusaha. Sebab, merosotnya omzet usaha sebagai imbas dari pandemi Covid-19 membuat pengusaha menghadapi kesulitan untuk membayar THR para pekerjanya.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Surakarta meminta pemerintah agar mengeluarkan peraturan terkait pemberian THR yang meringankan pengusaha di masa pandemi COVID-19. Ketua Apindo Surakarta Iwan Kurniawan Lukminto mengatakan bahwa bentuk keringanan tersebut dapat berupa penundaan pemberian THR.

Apindo Surakarta Minta Pemerintah Atur Kebijakan THR pada Masa Pandemi

Selain itu, dapat pula berupa pemberian THR yang tidak penuh atau sesuai dengan kemampuan perusahaan. "Sekarang pengusaha sudah mulai kesulitan menggaji untuk bulan April. Dampak pandemi ini bersifat masif dalam memberhentikan ekonomi," kata Iwan, dilansir dari antaranews.com (17/4/2020).

Pengajuan Keringanan

Iwan mengatakan pihaknya akan meminta kepada Kementerian Ketenagakerjaan untuk mengeluarkan peraturan khusus dalam menangani krisis ini. Menurutnya, peran pemerintah sangat penting dalam membuat kebijakan untuk menyelamatkan Indonesia.

Oleh karenanya, Iwan menilai perlu ada ketegasan dari Kemnaker dalam mengatasi masalah “merumahkan” pekerja dan pemberian THR. Mengingat hal tersebut merupakan dampak dari pandemi COVID-19.

"Ada surat edaran dari kementerian tersebut. Klausul terakhir menyampaikan permohonan agar pengusaha bisa mengatur sendiri dengan serikat pekerja, negosiasi sendiri untuk mengatur itu. Itu akan blunder dan terjadi ketidakpastian untuk pengusaha dan pekerjanya sendiri," kata Iwan Kurniawan.

[Baca Juga: Imbas COVID-19, Pemkot Surakarta Data Pekerja yang Dirumahkan]

Diakuinya saat ini sudah ada pengusaha yang terpaksa menutup operasional bisnis sementara waktu. Iwan menilai bila tidak ada kebijakan dari pemerintah maka pengusaha akan mengalami kesulitan.

Sejauh ini, pihaknya juga sudah mengajukan permohonan kepada PLN namun belum mendapat keputusan. Adapun keringanan yang telah diberikan yakni baru untuk UMKM, belum pengusaha skala besar.

Sementara itu, pengurus Apindo Kota Surakarta Sri Saptono Basuki mengatakan sudah ada 10 anggota yang terdampak COVID-19. Sejumlah pengusaha telah merumahkan para pekerjanya.

"Kami berharap dapat terus terjaga ekosistem usaha karena kalau ini terus terjadi maka dampak sosialnya sangat berat," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 7 months lalu
    hanna56

    ⁣Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com