Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan

Berita Kawasan

Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan

Akses Langsung Pelayanan Kependudukan Cepat dan Akurat yang disingkat dengan sebutan Alpukat ini merupakan sebuah aplikasi layanan yang dibuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta untuk mengurus dokumen kependudukan. Dengan adanya aplikasi layanan tersebut, masyarakat dimudahkan untuk mengurusi segala dokumen kependudukan, seperti pembuatan Akta Lahir, Kartu Indentitas Anak (KIA), dan konsultasi tentang kependudukan.

Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan

Pada 11 November 2019, Suku Dinas (Sudin) Dukcapil Jakarta Pusat menggelar layanan dokumen kependudukan di RPTRA Pulo Gundul, Tanah Tinggi. Ratusan warga Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat sejak pagi hingga siang berdatangan. Lurah Tanah Tinggi Imran mengatakan, kebanyakan warga yang datang ke layanan tersebut ingin mengajukan pembuatan Akta Lahir, Kartu Indentitas Anak (KIA), dan konsultasi tentang kependudukan.

Imran berpendapat tentang aplikasi Alpukat, mempermudah warga untuk mengurus dokumen kependudukannya. Warga bisa mengetahui data kependudukannya yang dapat dilihat dari sistem, selain itu juga warga yang ingin membuat dokumen kependudukan seperti KK, Akta Lahir, Kartu Indentitas Anak (KIA) dan lain-lain bisa mengambil nomor antrean melalui aplikasi ini. “Jadi Aplikasi ini bisa lebih memudahkan warga agar selalu sadar mengurus dokumen kependudukan,” jelas Imran usai menyerahkan Kartu Indentitas Anak kepada warga Tanah Tinggi.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Melansir laman pusat.jakarta.go.id (12/11/2019). Kepala Satuan Pelaksana Kependudukan dan Catatan Sipil Kelurahan Tanah Tinggi, Imron Sumadi menjelaskan, kegiatan yang digelar Sudin Dukcapil Jakarta Pusat tersebut sekaligus untuk menyosialisasikan layanan Aplikasi Alpukat Betawi. Warga meresponnya dengan langsung mendownload aplikasi Alpukat.

Dalam layanan dokumen kependudukan, Imron mengungkapkan, layananan pengajuan Akta Lahir sebanyak 36 permohonan, pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA) usia 5-16 tahun sebanyak 111 permohonan dan KIA usia 0-4 tahun sebanyak 49 permohonan serta konsultasi kependudukan 30 warga.

[Baca Juga: RSIA Tambak Tingkatkan Pelayanan Bersama Dukcapil]

Sementara itu, Nyonya Rachmad Friyadi warga RT 011/10 mengaku senang dengan adanya aplikasi Alpukat, ini mempermudahkannya untuk membuat dokumen kependudukan seperti Akte Lahir, KIA, KK, KTP maupun SKDS. “Terima kasih Dukcapil, dengan adanya Aplikasi Alpukat saya jadi mudah ngurus dokumen kependudukan. Saya bisa urus layanan secara online dengan cepat dan akurat bahkan untuk dapat nomor antrean bisa disesuaikan jam dan waktu sesuai yang kita inginkan di dalam aplikasi itu,” tandas Rachmad usai menerima KIA secara online di RPTRA Pulo Gundul.

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.