Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan

Berita Kawasan

Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan

Akses Langsung Pelayanan Kependudukan Cepat dan Akurat yang disingkat dengan sebutan Alpukat ini merupakan sebuah aplikasi layanan yang dibuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta untuk mengurus dokumen kependudukan. Dengan adanya aplikasi layanan tersebut, masyarakat dimudahkan untuk mengurusi segala dokumen kependudukan, seperti pembuatan Akta Lahir, Kartu Indentitas Anak (KIA), dan konsultasi tentang kependudukan.

Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan

Pada 11 November 2019, Suku Dinas (Sudin) Dukcapil Jakarta Pusat menggelar layanan dokumen kependudukan di RPTRA Pulo Gundul, Tanah Tinggi. Ratusan warga Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat sejak pagi hingga siang berdatangan. Lurah Tanah Tinggi Imran mengatakan, kebanyakan warga yang datang ke layanan tersebut ingin mengajukan pembuatan Akta Lahir, Kartu Indentitas Anak (KIA), dan konsultasi tentang kependudukan.

Imran berpendapat tentang aplikasi Alpukat, mempermudah warga untuk mengurus dokumen kependudukannya. Warga bisa mengetahui data kependudukannya yang dapat dilihat dari sistem, selain itu juga warga yang ingin membuat dokumen kependudukan seperti KK, Akta Lahir, Kartu Indentitas Anak (KIA) dan lain-lain bisa mengambil nomor antrean melalui aplikasi ini. “Jadi Aplikasi ini bisa lebih memudahkan warga agar selalu sadar mengurus dokumen kependudukan,” jelas Imran usai menyerahkan Kartu Indentitas Anak kepada warga Tanah Tinggi.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Melansir laman pusat.jakarta.go.id (12/11/2019). Kepala Satuan Pelaksana Kependudukan dan Catatan Sipil Kelurahan Tanah Tinggi, Imron Sumadi menjelaskan, kegiatan yang digelar Sudin Dukcapil Jakarta Pusat tersebut sekaligus untuk menyosialisasikan layanan Aplikasi Alpukat Betawi. Warga meresponnya dengan langsung mendownload aplikasi Alpukat.

Dalam layanan dokumen kependudukan, Imron mengungkapkan, layananan pengajuan Akta Lahir sebanyak 36 permohonan, pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA) usia 5-16 tahun sebanyak 111 permohonan dan KIA usia 0-4 tahun sebanyak 49 permohonan serta konsultasi kependudukan 30 warga.

[Baca Juga: RSIA Tambak Tingkatkan Pelayanan Bersama Dukcapil]

Sementara itu, Nyonya Rachmad Friyadi warga RT 011/10 mengaku senang dengan adanya aplikasi Alpukat, ini mempermudahkannya untuk membuat dokumen kependudukan seperti Akte Lahir, KIA, KK, KTP maupun SKDS. “Terima kasih Dukcapil, dengan adanya Aplikasi Alpukat saya jadi mudah ngurus dokumen kependudukan. Saya bisa urus layanan secara online dengan cepat dan akurat bahkan untuk dapat nomor antrean bisa disesuaikan jam dan waktu sesuai yang kita inginkan di dalam aplikasi itu,” tandas Rachmad usai menerima KIA secara online di RPTRA Pulo Gundul.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.