Ilustrasi Kesehatan Mental.jpg

Kesehatan

Aplikasi Deteksi Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak Disabilitas Pendengaran

Gangguan kesehatan mental pada anak dapat terjadi. Namun hal ini terlambat disadari. Terlebih pada anak disabilitas pendengaran yang memiliki keterbatasan komunikasi.

Hal ini mendorong Tim Pengabdian Masyarakat Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) untuk melakukan rangkaian kegiatan pada November hingga Desember 2021.

Tim yang diketuai oleh Dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit Ari Nurfikri ini memberi edukasi tentang deteksi dini gangguan mental pada anak. Termasuk pengenalan aplikasi karya mahasiswa.

Dikutip dari situs Universitas Indonesia, Ari Nurfikri menjelaskan bahwa gangguan kesehatan mental pada anak dapat terjadi. Namun hal ini terlambat disadari. Terutama pada anak disabilitas pendengaran yang memiliki keterbatasan komunikasi. Ini dialami para pendamping. Baik orang tua maupun guru.

Pengenalan aplikasi UgaMax.jpg

“Terlebih pada anak disabilitas pendengaran yang memiliki keterbatasan komunikasi. Maka pengabdian masyarakat ini berusaha untuk memberikan edukasi, pemahaman tentang gejala-gejala gangguan kesehatan mental, cara mengatasi, serta mendorong agar para orang tua dan guru tidak segan untuk berkonsultasi kepada ahli jika mendapati gejala gangguan mental pada anaknya,” ujar Ari Nurfikri.

Aplikasi yang diperkenalkan dalam rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah aplikasi Bonding. Yaitu sebuah prototipe aplikasi dengan fitur yang dapat mendeteksi gangguan kesehatan mental pada anak disabilitas pendengaran.

“Bonding adalah prototipe aplikasi yang memiliki fitur menyaring yang dapat mendeteksi gangguan kesehatan mental pada anak disabilitas pendengaran,“ ucap Salwa Rafilia, mahasiswa pembuat prototipe aplikasi Bonding.

Dia melanjutkan,”Aplikasi ini memberikan fitur edukasi. Yaitu informasi tentang cara mengantisipasi gangguan mental pada anak tuna rungu. Fitur menyaring juga dihadirkan dalam bentuk penilaian diri serta fitur video call dengan psikolog profesional.”

[Baca Juga: Pemprov Sumut Peringati Hari Disabilitas Internasional 2021]

Dia menjelaskan lebih lanjut tentang Ugamax, Ular tangGa Max. Yakni permainan ular tangga yang dapat dimainkan anak dan orang tua. Tujuannya agar mereka saling mendekatkan diri.

Manfaat lainnya, untuk meningkatkan minat belajar anak disabilitas pendengaran melalui animasi 3D yang interaktif dalam mengenal benda.

Rangkaian kegiatan ini juga mengundang kehadiran Kepala Divisi Pendidikan Silang.ID Christophorus Budidharma dari perusahaan teknologi edukasi yang menyediakan layanan pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) sebagai narasumber.

Christophorus menyampaikan pola pembelajaran berbasis teknologi bagi anak disabilitas pendengaran.

[Baca Juga: Habis Gelap Terbitlah Terang, Perubahan Paradigma Atas Orang dengan Disabilitas]

Sementara narasumber lainnya adalah psikolog Duddy Fachrudin. Dia memberikan informasi dan keterampilan yang akurat dalam memantau faktor risiko dan tanda-tanda gangguan mental pada anak. Seperti gangguan kecemasan, panik, depresi, masalah identitas, dan masalah keluarga.

Ada pula tips untuk melakukan aktivitas luar ruang seperti olahraga bersama anak dan latihan berpikir positif.

Ari Nurfikri berharap pengabdian masyarakat ini dapat memberi pemahaman tentang proses deteksi maupun tindak lanjut kasus gangguan mental anak.

“Semoga orang tua juga tidak lagi segan untuk berkonsultasi kepada ahli. Hal ini agar kasus gangguan mental dapat ditekan dan diatasi segera,” pungkasnya.***


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.