Aplikasi E-Memory Screening Mudahkan Deteksi Alzheimer

Kesehatan

Aplikasi E-Memory Screening Mudahkan Deteksi Alzheimer

Setidaknya 1 juta orang Indonesia menderita penyakit Alzheimer pada tahun 2013 saja, dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2030 dan empat kali lipat pada tahun 2050. Demikian menurut Persatuan Ahli Saraf Indonesia (PERDOSSI).

“Kurangnya kesadaran dan pemahaman publik [tentang Alzheimer] telah menyebabkan stigmatisasi dan tantangan dalam mendiagnosis dan merawat pasien,” ketua PERDOSSI Dodik Tugasworo mengatakan pada konferensi pers virtual yang diikuti PingPoint.co.id beberapa waktu lalu.

Aplikasi E-Memory Screening Mudahkan Deteksi Alzheimer

Alzheimer adalah bentuk demensia yang paling umum, yaitu sindrom di mana penderitanya mengalami kemunduran dalam ingatan, pemikiran, perilaku, dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Berlawanan dengan kepercayaan populer, orang-orang usia produktif dapat menderita penyakit ini, yang mengakibatkan mereka memiliki kualitas hidup yang lebih rendah dan ketergantungan yang terus menerus kepada orang lain untuk melakukan aktivitas yang mereka kenal.

Menurut kepala studi neurobehavior PERDOSSI Astuti, di antara gejala penyakit Alzheimer yang paling umum adalah kehilangan ingatan, kesulitan dalam melakukan tugas-tugas rutin, disorientasi, kesulitan berkomunikasi, penarikan diri dari sosial, dan perubahan perilaku. “Penderita juga bisa sensitif, mudah tersinggung dan gelisah,” tambah Astuti.

[Baca Juga: Bergerak jadi Kunci Tak Cepat Pikun dan Cegah Alzheimer]

Orang yang anggota keluarganya menderita Alzheimer mungkin memiliki peluang lebih tinggi untuk terserang penyakit tersebut. Yang juga berisiko adalah orang yang pernah mengalami cedera kepala, orang yang menderita down sindrom atau diabetes, atau mereka yang memiliki kualitas pendidikan rendah.

Alzheimer saat ini tidak dapat disembuhkan. Gejala semakin memburuk dari waktu ke waktu, terutama tanpa pengobatan dini dan tepat. “Deteksi dini sangat penting bagi penderita Alzheimer karena mereka akan dirawat terlebih dahulu, sehingga perkembangan penyakit bisa diperlambat,” Astuti menjelaskan.

Aplikasi E-Memory Screening Mudahkan Deteksi Alzheimer

Mereka yang membutuhkan pemeriksaan dini tersebut dapat menggunakan aplikasi E-Memory Screening (EMS) yang diluncurkan oleh PT Eisai Indonesia, anak perusahaan dari perusahaan farmasi yang berbasis di Jepang, Eisai Co., Ltd., bekerja sama dengan PERDOSSI. Saat ini tersedia di Google Play Store.

“Semoga aplikasi ini bisa menjadi salah satu strategi untuk mengatasi demensia. Aplikasi ini menyediakan tiga fitur utama, yaitu [proses] penyaringan yang andal, kompilasi informasi yang valid dari para ahli, dan direktori rujukan tepercaya,” kata ahli saraf Pukovisa “Visa” Prawiroharjo. Visa menambahkan, aplikasi tersebut juga dapat membantu pengguna menemukan rumah sakit terdekat dalam radius 50 kilometer dari lokasi pengguna.

Read More

Artikel Lainnya

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

RS Lapangan GOR Pajajaran Beroperasi, Harapan Kota Bogor yang Kritis

19 January 2021, 14:03

Kondisi Kota Bogor masih kritis dan darurat. Kedisiplinan untuk taat pada protokol kesehatan harus ketat dilakukan jika tak ingin rumah sakit penuh.

Kegawatdaruratan Psikiatri di Rumah Sakit Duren Sawit

Kesehatan

Wisma Atlet Kemayoran Kini Khusus Rawat Pasien Bergejala

19 January 2021, 13:02

Pengaturan bentuk antisipasi yang disiapkan mengingat sejak sebelum libur Natal dan Tahun Baru pihaknya sudah diingatkan tentang risiko lonjakan kasus positif dua pekan pascalibur panjang.

Catat! Ini Jadwal MRT dan Transjakarta di PSBB Masa Transisi.jpg

Bisnis

HUT ke-17, Transjakarta Ingin Tingkatkan Penumpang & Patuhi Protokol Kesehatan

19 January 2021, 12:01

Ada pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan Transjakarta, yaitu mengembalikan lagi "mantan-mantan" penggunanya untuk mau menggunakan bus berjalur khusus tersebut.

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.


Comments


Please Login to leave a comment.