Aplikasi e-Uji Emisi Mudahkan Memeriksa Kondisi Emisi Gas Buang Kendaraan

Berita Kawasan

Aplikasi e-Uji Emisi Mudahkan Periksa Gas Buang Kendaraan

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup, per Juli 2019 baru 5,6 persen mobil di Jakarta yang telah melakukan uji emisi atau hanya 196.440 mobil dari total 3,5 juta mobil pribadi di Ibu Kota. Sedangkan bengkel pelaksana uji emisi baru tersedia 155 unit dari kebutuhan ideal 933 unit bengkel. Guna memudahkan para pemilik kendaraan pribadi di Jakarta untuk memeriksa kondisi mesin dan tingkat emisi gas buangnya, maka diluncurkan aplikasi e-Uji Emisi.

Aplikasi berbasis android ini terintegrasi dengan database hasil uji emisi kendaraan bermotor di Jakarta, sehingga status uji emisi setiap kendaraan dapat dicek secara online, baik oleh pemilik kendaraan maupun petugas. Aplikasi ini memiliki beragam fitur, antara lain informasi singkat mengenai uji emisi, peraturan-peraturan terkait yang menjadi dasar hukum pelaksanaannya dan lokasi bengkel pelaksana uji emisi terdekat. Selain itu, tersedia fasilitas pengecekan hasil uji emisi dengan melakukan input nomor polisi masing-masing kendaraan.

Aplikasi e-Uji Emisi Mudahkan Memeriksa Kondisi Emisi Gas Buang Kendaraan

“Aplikasi ini merupakan komponen penting dalam memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Pengetatan uji emisi diinstruksikan Gubernur DKI Jakarta melalui Ingub Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Nantinya seluruh kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang beroperasi di wilayah Jakarta diwajibkan lulus uji emisi,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih, dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (13/8/19).

[Baca Juga: Bengkel Jakarta Timur Dukung Uji Emisi Untuk Perbaikan Udara]

Dalam rangka melaksanakan kebijakan memperketat ketentuan uji emisi ini, Pemprov DKI Jakarta sedang menyusun revisi Peraturan Gubernur Nomor 92 Tahun 2007 tentang Uji Emisi dan Perawatan Kendaraan Bermotor. Selain kewajiban lulus uji emisi bagi setiap kendaraan di Jakarta, diatur pula keharusan bagi bengkel-bengkel yang beroperasi di DKI Jakarta untuk memberikan layanan uji emisi dan menyederhanakan tanda bukti status kelulusan uji emisi.

Teknisi bengkel pelaksana nantinya akan mengunggah hasil pengujian ke pusat data dengan menggunakan aplikasi e-Uji Emisi. “Dulu status kelulusan uji emisi menggunakan stiker yang ditempel pada kaca depan kendaraan. Nantinya status kelulusan cukup diketahui oleh petugas maupun pemilik kendaraan melalui fitur ‘cek hasil’ di aplikasi e-Uji Emisi. Aplikasi ini langsung terhubung dengan pusat di Dinas Lingkungan Hidup,” lanjut Andono.

[Baca Juga: Layanan Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Bisa Kurangi Polusi Udara]

Dalam perubahan Pergub 92/2007 itu, tak hanya kebijakan kewajiban kendaraan yang beroperasi di Jakarta wajib lulus uji emisi, juga akan mengatur berbagai bentuk insentif dan disinsentif lainnya yang skemanya sedang dikaji lebih dalam oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Sejak tahun 2018, Dinas Lingkungan Hidup telah melakukan pembinaan secara intensif ke bengkel-bengkel pelaksana uji emisi di seluruh Jakarta. Kemudian juga melakukan road show uji emisi gratis ke berbagai segmen masyarakat. "Pembinaan kepada pengelola fasilitas uji emisi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai uji emisi akan terus kami gencarkan," tutup Andono.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.