Aplikasi Ini Permudah Layanan Kesehatan Lansia dan Difabel

Kesehatan

Aplikasi Ini Permudah Layanan Kesehatan Lansia dan Difabel

Warga yang sudah berusia lanjut atau lansia serta penyandang difabel merupakan orang-orang rentan terkena gangguan kesehatan. Hal ini dapat diperparah jika mereka tinggal sendiri atau berada di permukiman yang jauh dari fasilitas layanan kesehatan seperti klinik, puskesmas, dan rumah sakit. Oleh karena itulah, demi mempermudah lansia dan penyandang disabilitas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugu Koja di Jakarta Utara pun melakukan inovasi.

Inovasi itu dalam bentuk aplikasi untuk ponsel pintar bernama E-Ladies. Pihak RSUD Tugu Koja menjelaskan, E-Ladies memiliki beragam fitur yang berfungsi untuk membantu layanan kesehatan lansia yang di mana namanya merupakan singkatan dari Elektronik Lansia dan Disabilitas. Dengan aplikasi ini, pengguna diberikan akses seperti jadwal kunjungan ke RSUD Tugu Koja hingga kapan waktu untuk mereka mengonsumsi obat.

Aplikasi Ini Permudah Layanan Kesehatan Lansia dan Difabel

Aplikasi E-Ladies ini memiliki empat menu utama yang dapat digunakan penggunanya. Berdasarkan penjelasan Direktur Umum RSUD Tugu Koja Nailah, menu itu terdiri dari Ladies Call, Ladies Mall, Ladies Roll dan Ladies Go. Menu Ladies Call disebut bisa digunakan sebagai layanan konsultasi kesehatan untuk lansia dan penyandang disabilitas, kapanpun dan dimanapun tanpa mereka perlu pergi ke rumah sakit.

“Ladies Mall mengingatkan waktu mengonsumsi obat, Ladies Roll mengingatkan waktu kunjungan dan Ladies Go layanan pengantar obat,” ucap Nailah, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (24/7/2019).

[Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, RSUD Tamansari Luncurkan Dua Layanan Baru]

Untuk saat ini, aplikasi dari RSUD Tugu Koja ini berada dalam tahap awal dan akan terus dilakukan pengembangan. Tentu saja tujuan utamanya adalah sebagai peningkatan layanan kesehatan untuk semua orang, khususnya bagi para lansia dan difabel yang tinggal di kawasan Koja Jakarta Utara.

Walaupun ditujukan untuk pengguna ponsel pintar atau tablet, E-Ladies juga diusahakan agar dapat merangkul mereka yang tak memiliki kedua perangkat tersebut. “Aplikasi bisa diunduh di Apps Store. Bagi yang tidak menggunakan gadget bisa melalui layanan SMS,” tutur Nailah.

[Baca Juga: Bekasi Terima Penghargaan Layanan Kesehatan Ramah Anak dari KPAI]

Keberadaan aplikasi dari RSUD Tugu Koja ini disambut positif Camat Koja Ade Himawan yang memandang bahwa E-Ladies merupakan langkah maju dalam layanan kesehatan masyarakat. Walau saat ini, masih berfokus untuk warga lansia dan penyandang disabilitas, Ade berharap ke depannya agar E-Ladies juga dapat membantu semua warga di Kecamatan Koja.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.