Aplikasi Naraya, Aplikasi Pilah Sampah dari Yayasan Sosial Rahardja

Properti dan Solusi

Aplikasi Naraya, Aplikasi Pilah Sampah dari Yayasan Sosial Rahardja

Yayasan Sosial Rahardja bersama Kekancan Mukti telah menerapkan budaya pemilahan sampah supaya bisa dipilah lebih lanjut. Sampah non-organik yang terpilah dikumpulkan melalui aplikasi Naraya untuk diproses daur ulang sesuai jenisnya. Sedangkan organik/ sampah dapur/ sisa makanan diolah menjadi pupuk kompos di Rumah Kompos Yayasan Sosial Rahardja (YSR). Demikian penelusuran di laman instagram yayasansosialrahardja oleh tim redaksi PingPoint.co.id, Kamis (14/1/2022).

Aplikasi Naraya, Aplikasi Pilah Sampah dari Yayasan Sosial Rahardja

Menurut Maria Carizza Pandora Raharjo pendiri Yayasan Sosial Rahardja pada tahun 2020. Yayasan Sosial Rahardjo bergerak pada bidang lingkungan, terutama pengelolaan sampah. Untuk itu Carizza, biasa disapa, mengajak Pointers kenapa harus memilah sampah adalah sebagai berikut:

  1. Supaya tidak mencemari lingkungan karena sampah yang tidak terpilah sulit terurai oleh alam
  2. Sampah yang terpilah dapat didaur ulang menjadi produk baru sesuai jenisnya
  3. Sampah organik/ sampah dapur dapat diproses menjadi pupuk kompos untuk digunakan berkebun di rumah

Lalu terkait aplikasi kata Carizza untuk sementara masih diterapkan di unit usaha internal, belum dibuka untuk umum. Sampah- sampah itu lanjutnya dikumpulkan dari dari para karyawan di tempat kerjanya pada seluruh unit usaha berada di bawah naungan PT Kekancan Mukti. Sampah organik kata Carizza dipilah dengan aplikasi khusus kemudian diolah menjadi pupuk kompos.

[Baca Juga: Marimas Manfaatkan Sampah Plastik Bangun Taman Ecobrick di Semarang]

Apalagi, sampah yang disetorkan pun boleh dibawa dari rumah pekerja masing- masing. “Di sini kami juga ingin mengedukasi pekerja, jadi kami buat aplikasi khusus, tujuannya memilah antara sampah organik dan nonorganik. Jadi ketika mereka hendak menyetorkan sampah, ada panduan. Secara tidak langsung, mereka perlahan teredukasi tanpa harus diperintah,” ucap Carizza.

Selain itu, jika aplikasi ini nanti sudah dibuka untuk umum maka papar Carizza ke depan Pointers yang menyetor sampah akan mendapatkan reward, bentuknya bisa uang tunai atau bentuk saldo melalui akun Gopay. Meski ada juga usulan berupa sembako. Bahkan, saat ini Yayasan Sosial Rahardjo sedang menjajaki kerja sama dengan perbankan dan SMP Nasima untuk pendirian bank sampah.

Aplikasi Naraya, Aplikasi Pilah Sampah dari Yayasan Sosial Rahardja

Sementara itu, Yayasan Sosial Rahardjo berawal dari Carizza menempuh studi pendidikan dibidang arsitektur karena Carizza menyadari setiap kali mengembangkan daerah perkotaan secara tidak langsung yang diperbuat akan membawa dampak perubahan terhadap alam. ‘Pada studi arsitektur, secara khusus dalam perkembangan belakangan, juga tengah dikembangkan prinsip- prinsip ekologi seperti pemanfaatan energi terbarukan, bangunan hijau, konservasi energi dan sebagainya. Satu dari sekian banyak hal yang mendorong kami untuk berbuat pada lingkungan, pada usaha kami pengelolaan air juga kami buatkan sistem pemanfaatan ulang, seperti untuk menyirami tanaman,” kata Carizza.

Ditambah Yayasan Sosial Rahardjo merupakan organisasi nirlaba dan lembaga yang menjalankan fungsi CSR (Corporate Social Responsibility) dari Kekancan Mukti Grup. Kegiatan yang dilakukan di Yayasan Sosial Rahardjo meliputi green living seperti pilah sampah dan mengolah sampah organik/ sampah dapur/ sisa makanan diolah menjadi pupuk kompos di Rumah Kompos YSR berlokasi di Jalan Semeru Raya Nomor 60 Semarang.

Aplikasi Naraya, Aplikasi Pilah Sampah dari Yayasan Sosial Rahardja

Yayasan Sosial Rahardjo juga memiliki kegiatan edu living dan be blessing atau peduli sesama. Untuk kegiatan edu living, Yayasan Sosial Rahardjo membagi virus lingkungan hidup kepada siswa- siswi SMP Nasima dalam acara Pengenalan Eksplorasi Lingkungan dan Jelajah Nusantara. Dengan pendekatan bermain sambil belajar, para siswa akan diajak untuk peduli lingkungan hidup dengan fokus pada pemilahan dan pemanfaatan sampah seperti memanfaatkan sampah kulit telur sebagai pupuk tanaman.

Bagi Pointers yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut Yayasan Sosial Rahardjo bisa kunjungi Sekretariat YSR di Pertokoan Simpang Lima Blok A 14-15 Kelurahan Pleburan, Semarang. Hotline bisa dihubungi di nomor 081 803 054 789 atau bisa kirim email di admin@yayasansosialrahardja.org.


Read More

Yayasan Sosial Rahardjo

Organisasi nirlaba dan lembaga yang menjalankan fungsi CSR dari Kekancan Mukti Grup

081 803 054 789
admin@yayasansosialrahardja.org

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.