Aplikasi PeduliLindungi Bantu Penelusuran Mobilitas ODP & PDP Covid-19

Berita Kawasan

Aplikasi PeduliLindungi Bantu Telusuri Riwayat Kontak ODP & PDP COVID-19

Hingga saat ini langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 masih terus berkembang. Mulai dari penerapan social dan physical distancing hingga work from home (WFH) menjadi gerakan yang berupaya untuk memutus mata rantai perkembangan wabah COVID-19. Menanggapi kejadian luar biasa ini, muncul berbagai teknologi aplikasi pendukung program pencegahan COVID-19, salah satunya adalah aplikasi PeduliLindungi.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease. Aplikasi ini bertujuan untuk melindungi diri Anda, keluarga Anda, dan orang terdekat lainnya, dengan cara menghentikan jalur penyebaran COVID-19 melalui partisipasi masyarakat untuk saling membagikan informasi lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat segera dijangkau.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Ini?

Aplikasi PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget/smartphone Anda melalui bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika bertemu dengan gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Setelah menemukan data dari pengguna aplikasi sekitar, aplikasi PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini akan sangat membantu tim medis dalam mengidentifikasi sirkulasi sosial ketika orang atau pasien tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

[Baca Juga: Survei LIPI: 60% Rakyat Dukung Keterbukaan Informasi Pasien Covid-19]

Melihat adanya sensitifitas atas data pribadi pengguna, PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan data pribadi pengguna . Data pengguna akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data pribadi pengguna hanya dapat diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan atau tim medis.

Jika Anda pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus COVID-19 positif, baik Anda tahu atau pun orang sekitar yang tidak dikenal, PeduliLindungi akan langsung menginfromasikan petugas kesehatan untuk menghubungi Anda secara langsung. dengan begitu, langkah penanganan pun menjadi lebih cepat terlaksanakan sehingga penularan COVID-19 dapat di minimalisir dengan lebih efektif. Aplikasi ini sudah tersedia gratis di play store dan app store.

[Baca Juga: Tangkal Simpang Siur Informasi COVID-19, Jakarta Luncurkan Jala Hoaks]


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.