Aplikasi PeduliLindungi Bantu Penelusuran Mobilitas ODP & PDP Covid-19

Berita Kawasan

Aplikasi PeduliLindungi Bantu Telusuri Riwayat Kontak ODP & PDP COVID-19

Hingga saat ini langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 masih terus berkembang. Mulai dari penerapan social dan physical distancing hingga work from home (WFH) menjadi gerakan yang berupaya untuk memutus mata rantai perkembangan wabah COVID-19. Menanggapi kejadian luar biasa ini, muncul berbagai teknologi aplikasi pendukung program pencegahan COVID-19, salah satunya adalah aplikasi PeduliLindungi.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease. Aplikasi ini bertujuan untuk melindungi diri Anda, keluarga Anda, dan orang terdekat lainnya, dengan cara menghentikan jalur penyebaran COVID-19 melalui partisipasi masyarakat untuk saling membagikan informasi lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat segera dijangkau.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Ini?

Aplikasi PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget/smartphone Anda melalui bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika bertemu dengan gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Setelah menemukan data dari pengguna aplikasi sekitar, aplikasi PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini akan sangat membantu tim medis dalam mengidentifikasi sirkulasi sosial ketika orang atau pasien tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

[Baca Juga: Survei LIPI: 60% Rakyat Dukung Keterbukaan Informasi Pasien Covid-19]

Melihat adanya sensitifitas atas data pribadi pengguna, PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan data pribadi pengguna . Data pengguna akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data pribadi pengguna hanya dapat diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan atau tim medis.

Jika Anda pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus COVID-19 positif, baik Anda tahu atau pun orang sekitar yang tidak dikenal, PeduliLindungi akan langsung menginfromasikan petugas kesehatan untuk menghubungi Anda secara langsung. dengan begitu, langkah penanganan pun menjadi lebih cepat terlaksanakan sehingga penularan COVID-19 dapat di minimalisir dengan lebih efektif. Aplikasi ini sudah tersedia gratis di play store dan app store.

[Baca Juga: Tangkal Simpang Siur Informasi COVID-19, Jakarta Luncurkan Jala Hoaks]


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.