Aplikasi Solo Destination, Informasi Wisata dan Layanan Publik dalam Satu Genggaman

Berita Kawasan

Aplikasi Solo Destination, Info Wisata dan Layanan Publik dalam Satu Genggaman

Aplikasi Solo Destination merupakan salah satu langkah Pemerintah Kota Solo dalam meningkatkan pelayanan dan mewujudkan Smart City. Melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta, aplikasi Solo Destination dihadirkan sebagai portal informasi mengenai Kota Solo.

Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan oleh semua orang, tidak hanya untuk warga Kota Solo. Jadi, Anda yang berkunjung ke kota ini bisa mengaksesnya untuk mendapatkan beragam informasi yang dibutuhkan selama berada di sana.

Solo Destination pada awal pembuatannya berisikan informasi wisata di Kota Solo. Antara lain memuat informasi mengenai lokasi wisata, tempat kuliner, informasi toko oleh-oleh dan souvenir, penginapan, serta lokasi mesin ATM pun ada di dalamnya. Semua informasi tersebut bisa diakses dalam satu platform Solo Destination.

Aplikasi Solo Destination, Informasi Wisata dan Layanan Publik dalam Satu Genggaman

Seiring waktu, aplikasi Solo Destination ini terus mengalami perkembangan. Dari yang dulu awalnya terkesan sebagai platform panduan wisata, kini berbagai fitur telah ditambahkan agar bisa digunakan oleh semua kalangan. Informasi-informasi umum yang ditambahkan sangat bermanfaat untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan publik. Yang menarik, aplikasi Solo Destination juga memuat informasi harga pangan yang selalu diperbarui.

Tidak berisi informasi, Solo Destination juga memungkinkan penggunanya mengirimkan aduan masyarakat. Hal ini bisa mempercepat penyelesaian masalah yang diadukan dan menjadi sarana evaluasi dan monitoring bagi pemerintah.

Aplikasi Solo Destination terkoneksi dengan berbagai produk layanan umum lainnya milik Pemerintah Kota Surakarta yang mana ini sangat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi serta mengakses layanan umum seperti ULAS, e-Uji, cek pajak, layanan kependudukan, berbagai perizinan, dan bahkan Radio Anak.

Teman Gardagita

Untuk informasi wisata, dalam aplikasi ini juga ada inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi (Teman Gardagita). Melalui aplikasi ini, warga dapat mengakses benda cagar budaya melalui telepon pintar.

“Di era milenial ini kita harus mengikuti perkembangan zaman, makanya cagar budaya di Solo dapat kita akses secara online. Kita masukkan di (aplikasi) Solo Destination. Ini lebih memudahkan, ini tuntutan zaman,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta Agus Santoso.

[Baca Juga: Ruang Publik Baru! Pemkot Jakarta Pusat Resmikan Taman Ikonik Taman Solo]

Agus Santoso mengatakan dalam aplikasi Solo Destination ini terdapat beberapa informasi mengenai wisata budaya dan cagar budaya serta beberapa informasi lainnya. “Di sana (Solo Destination) wisata budaya ada, cagar budaya ada, informasi budaya nanti bisa dilihat disana langsung. Memang baru Kecamatan Laweyan dan Pasar Kliwon nanti akan kami proses terus,” imbuhnya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menyambut baik inovasi Teman Gardagita sebagai upaya mengenalkan budaya kepada generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi.

“Inovasi ini diharapkan dapat mengenalkan cagar budaya kepada generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Semoga warga Solo dapat memanfaatkan dan mengetahui cagar budaya dengan digitalisasi dan menyejahterakan masyarakat serta mewujudkan Solo sebagai Smart Culture,” ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.