Aqua dan Grab Kerjasama Ajak Masyarakat Lebih Peduli Sampah Plastik

Bisnis

Aqua dan Grab Kerjasama Ajak Masyarakat Lebih Peduli Sampah Plastik

Pemerintah memiliki target untuk mengurangi sampah plastik di laut hingga 70 persen pada tahun 2025. Untuk menyukseskan program ini, Danone-Aqua sebagai penyedia air mineral ternama di Indonesia tak henti-hentinya menjalankan komitmen untuk fokus memberikan kebaikan melalui hidrasi yang sehat sekaligus melestarikan lingkungan dengan bijak menggunakan plastik. Aqua menggandeng Grab untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah.

Karena 81 persen sampah di Indonesia tidak dipisahkan sejak di rumah sehingga sampah yang belum dikelola dengan baik tersebut sulit untuk didaur ulang. Akhirnya, sampah tak bisa didaur ulang justru akan berakhir ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau ke laut.

Aqua dan Grab Kerjasama Ajak Masyarakat Lebih Peduli Sampah Plastik

Nahasnya, pada tahun 2021 mendatang TPA Bantar Gebang yang menampung sampah Jakarta dan Bekasi akan ditutup karena terlalu penuh. Jika TPA Bantar Gebang ditutup, ke mana sampah yang menumpuk akan dibuang?

Maka dari itu, lewat kerja sama ini, Direktur PT Tirta Investama (Danone-Aqua) Corine Tap menyebutkan, pihaknya dan juga Grab bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mengelola sampah sejak dari rumah.

[Baca Juga: Bijak Berplastik, Aqua Kini Miliki Botol 100 Persen Daur Ulang]

“Kita mengembangkan sebuah cara agar bisa menjaga lingkungan, walau dampaknya kecil namun kami harap ada perubahan. Lewat kerja sama ini, kami ingin mengedukasi masyarakat untuk mulai memisahkan sampah di rumah, agar sampah plastik lebih mudah untuk di daur ulang,” sebut Corine saat ditemui PingPoint dalam konferensi pers di daerah Menteng, Jakarta Pusat (26/2/2020).

Terdapat tiga inovasi dari kerja sama Aqua dan Grab yang berusaha untuk dicapai, yakni membangkitkan kesadaran pengelolaan sampah dari rumah, perubahan perilaku dalam masyarakat termasuk kebiasaan sehari-hari yang lebih sehat untuk generasi muda, dan sumbangsih yang aktif dan nyata dalam pengelolaan sampah melalui layanan GrabExpress Recyle.

Aqua dan Grab Kerjasama Ajak Masyarakat Lebih Peduli Sampah Plastik

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyebutkan sejak 2019 lalu, Grab telah berperan akit untuk lingkungan, program ini juga dilandasi oleh tech for good atau teknologi yang digunakan untuk kebaikan. Maka dari itu, upaya Grab dalam pelestarian lingkungan menerapkan operasional yang berlandaskan sustainable inisiative di bawah tagar #LangkahHijau, termasuk layanan GrabExpress Recycle.

Layanan ini akan memudahkan masyarakat yang ingin membuang sampah botol plastik dengan bijak. Karena para mitra Grab akan membawa sampah botol plastik yang dikumpulkan ke bank sampah untuk didaur ulang kembali.

[Baca Juga: Berbagi Kebaikan di Pojok Hidrasi Sehat Danone-AQUA]

“Para mitra Grab pun akan terlibat aktif dalam kolaborasi dengan berperan sebagai Pahlawan Lingkungan. Pengemudi nantinya akan menjemput sampah yang sudah dikumpulkan dan di drop pada bank sampah yang sudah bekerja sama dengan Grab maupun Aqua dengan nama Grab Aqua,” sebut Ridzki.

Diharapkan layanan ini mampu mempermudah masyarakat untuk membuang sampah lebih bijak dan terbiasa untuk memisahkan sampah. Lewat program ini juga, Aqua dan bank sampah juga dapat mendaur ulang sampah dengan mudah, sehingga sampah tak bertumpuk di TPA.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anna83 2 years, 11 months lalu
    anna83

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang poker165 mempunyai promo banyak sekali diantaranya : *cashback mingguan *cashback Bulanan langsung saja cek saja di poker165.co