KEBON-JERUK_PROPERTI_AREA-TERBUKA-HIJAU-DI-RIMBA-BETON-CENTRAL-PARK-JAKARTA_EMIL.jpg

Properti dan Solusi

Area Terbuka Hijau di Rimba Beton Central Park Jakarta

Pemandangan gedung-gedung menjulang di Kota Jakarta menjadi pemandangan sehari-hari bagi warganya. Ruang terbuka hijau (RTH) seakan menjadi oase di kepungan properti beebahan beton. Namun, ditengah rimba beton itu, ternyata masih ada ruang terbuka hijau yang disediakan oleh Central Park Jakarta. Seperti apa area terbuka hijau yang berada di di Jalan Letjen S. Parman 1 No. Kav. 28, Grogol Petamburan, Jakarta Barat itu?

Jika dimaknai definisinya, area hijau atau ruang terbuka hijau merupakan kawasan yang memanjang berbentuk jalur atau area yang mengelompok, di mana penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah atau yang sengaja ditanam.

Berdasarkan peraturan yang berlaku 30 persen dari wilayah kota harus memiliki ruang terbuka hijau yang terdiri dari 20 persen milik publik dan 10 persen milik private. Salah satu contoh milik publik adalah taman yang berada di area Monumen Nasional (Monas). Sementara RTH di Central Park Jakarta bisa dikatakan sebagai ruang terbuka hijau private atau swasta.

Central Park Jakarta dikenal sebagai kompleks serbaguna yang terdiri dari mal, sebuah menara perkantoran, tiga apartemen, dan sebuah hotel yang berdiri di area yang memiliki luas 655.000 meter persegi. Kompleks yang dibangun oleh Perusahaan Agung Podomoro Group ini memiliki nama serupa dengan area terbuka hijau yang berada di Kota New York, Amerika Serikat.

Serupa dengan Central Park di Negeri Paman Sam, kompleks yang berada di bilangan Jakarta Barat ini juga memiliki area terbuka hijau milik private yang bersuasana asri dan sering digunakan oleh warga DKI untuk beristirahat serta bercengkerama bersama keluarga. Area itu bernama Tribeca Park yang memiliki luas 1,5 hektare dan taman ini dihiasi oleh beragam jenis tanaman di area lingkar dalam Tribeca Park dan tanaman hias ukuran kecil berada di area lingkar luarnya.

Anda bisa menikmati suasana adem apalagi ditambah suara air dari kolam yang makin membuat suasana istirahat Anda menyenangkan di sana. Di kolam tersebut, Anda juga bisa melihat beragam ikan koi dari yang berukuran besar hingga kecil. Ikan-ikan di sini termasuk jinak terhadap pengunjung. Sebab bila Anda mencoba mendekati, acap kali mereka datang dan berkerumun di area yang ada di dekat Anda.

Selain ikan koi yang memiliki warna beragam, area terbuka hijau ini juga dilengkapi dengan kura-kura Brasil yang hidup berdampingan dengan ikan-ikan di sana. Ingin berinteraksi dengan hewan-hewan di kolam tersebut? Bisa kok, karena pada jam-jam tertentu, pihak pengelola Tribeca Park mengizinkan Anda untuk memberi makan para penghuni kolam di sana.

Selain dijadikan tempat bersantai bersama keluarga, jangan heran bila Anda bertemu dengan orang-orang yang membawa hewan kesayangannya ke area terbuka hijau tersebut. Biasanya saat sore atau akhir pekan, para pemilik anjing akan membawa peliharaannya berjalan-jalan di sekitar Tribeca Park bahkan berinteraksi dengan anjing lainnya.

Apresiasi pihak pengelola Central Park terhadap pecinta hewan juga terlihat pada Mei 2018 lalu ketika menyelenggarakan acara bertajuk Dog Does Disco Millennials: A Bohemian, Art & Music Festival di area terbuka hijaunya yang dihadiri hingga ratusan ribu pengunjung beserta anjing peliharaannya.

Selain para pemilik hewan peliharaan, Tribeca Park yang berada di Central Park Jakarta itu juga menjadi lokasi pilihan untuk berkumpulnya beragam komunitas dengan contoh komunitas cosplayer (costum player), fotografi hingga menari. Area yang asri ini sejalan dengan komitmen pihak pengelola Central Park terhadap lingkungan di DKI Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.