Arief Tinjau Penerapan PTM Terbatas 100 Persen di Kota Tangerang.jpg

Pendidikan

Arief Tinjau Penerapan PTM Terbatas 100 Persen di Kota Tangerang

Sesuai dengan SKB 4 Menteri yang dikeluarkan pada 21 Desember 2021, sejumlah wilayah di Tanah Air diberikan izin untuk mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM Terbatas pada Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 secara 100 persen kapasitas. Dengan kebijakan ini maka berbeda dengan PTM Terbatas semester lalu dengan kapasitas kelas yang dibatasi, saat ini kegiatan belajar-mengajar di ruangan sudah nyaris serupa dengan sebelum masa pandemi COVID-19 dengan tambahan protokol kesehatan yang ketat. Salah satu wilayah yang menerapkan kebijakan PTM Terrbatas 100 persen ini adalah Kota Tangerang.

Pada pelaksanaan PTM Terbatas 100 persen di Kota Tangerang di 3 Januari 2022, terhitung ada 420 TK, PAUD, KB, dan 445 SD, sera 201 SMP yang sudah menggelarnya. Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyempatkan diri untuk turun langsung ke sekolah-sekolah yang sudah menerapkan kebijakan ini. Di mana lokasi yang dikunjunginya adalah SMPN 33 Kecamatan Karang Tengah dan SDN Pondok Bahar 6. Dalam peninjauan itu, orang nomor satu di Kota Tangerang tersebut menjelaskan bagaimana konsep PTM Terbatas 100 persen di wilayahnya.

Arief Tinjau Penerapan PTM Terbatas 100 Persen di Kota Tangeran g.jpg

“Definisi PTM 100 persen yang kita implementasikan adalah kelasnya diisi 100 persen oleh murid akan tetapi kapasitas sekolah tetap kita kurangi. Jadi tetap bergantian, misal untuk SD hari ini kelas 1 dan 6 besoknya kelas 5 dan kelas 2 sisanya masih melakukan daring secara bergantian, teknisnya dari masing - masing sekolah,” ungkap Arief, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (3/1/2022).

[Baca Juga: Tak Hanya SD-SMA, TK di Kota Tangerang Juga Terapkan PTM Terbatas]

Kemudian Wali Kota Tangerang itu juga mengungkapkan langkah antisipasi juga terus dilakukan pihaknya yang berkolaborasi dengan sekolah. Dengan salah satunya adalah memastikan kantin sekolah tidak beroperasional dulu dengan para siswa-siswi tetap makan di kelas dengan bekal yang dibawa dari rumah. Kemudian ada juga tes surveilans aktif yang menargetkan dunia pendidikan menggunakan PCR demi memastikan warga sekolah, khususnya para murid, aman dari potensi paparan COVID-19.

Dari segi implementasi PTM Terbatas 100 persen di Kota Tangerang, Dinas Pendidikan sudah menekankan kepada sekolah untuk terus mengetatkan protokol kesehatan dan tak mendiakan kantin. Lalu jadwal juga harus diatur sedemikian rupa sehingga walau di kelas kapasitas 100 persen, jumlah murid di sekolah tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Sedangkan untuk kegiatan ekstrakulikuler sudah diizinkan asal digelar di dalam kelas masing-masing.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.