PLUIT_PROPERTI_ARISAN DI LINGKUNGAN APARTEMEN PERLUKAH_KIKI_1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Arisan di Lingkungan Apartemen, Perlukah?

Anda tentu sudah tak asing dengan kegiatan arisan bukan? kegiatan ini merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan di lingkungan tinggal atau bekerja. Walaupun sudah sering mendengar, apakah Anda tahu apa itu arisan? pada dasarnya, arisan adalah sebuah kegiatan untuk menabung, dimana setiap peserta yang mengikuti harus menyetorkan uang dalam jumlah yang disepakati dalam periode tertentu. Pembayaran arisan biasanya dilakukan dengan cara diundi setiap periode yang disepakati.

Bagi Anda yang tinggal di komplek perumahan mungkin kegiatan ini menjadi kegiatan rutin bulanan di RT (rukun tetangga) dan atau RW (rukun warga). Namun bagaimana jika Anda tinggal di apartemen? Tentunya, jika Anda tinggal di apartemen, ada beberapa kondisi yang tak bisa disamakan dengan keadaan Anda yang tinggal di perumahan atau kavling.

Biasanya, orang yang tinggal di apartemen dikenal individualis dan tidak memerdulikan lingkungan sekitar. Jangankan tetangga satu lantai, tetangga yang ada di unit sebelah Anda juga mungkin Anda belum tentu tahu bukan?

Namun, baik dan kenal dengan tetangga itu banyak manfaatnya. Anda bisa saling tolong menolong jika mengalami kesulitan. Jika Anda bingung bagaimana cara menjalin hubungan baik antar tetangga apartemen, coba usulkan mengadakan arisan lewat komunitas di apartemen atau rukun warga di komplek apartemen. Selain menabung, ternyata arisan memiliki manfaat lain, yaitu:

Ajang Silahturahmi

Manfaat arisan yang pertama adalah Anda bisa bersilaturahmi satu sama lain dan saling mengenal satu sama lain. Walaupun mengadakan arisan di unit tidak memungkinkan, Anda bisa saja mengadakan di ruang serbaguna atau taman apartemen bukan?

Bersosialisasi

Bersosialisasi tentu sangat penting apalagi jika Anda tinggal sendiri atau menjadi perantau. Terkadang kesulitan Anda alami sendiri tanpa tahu harus meminta bantuan dengan siapa, di acara arisan ini Anda bisa bersosialisasi dengan tentangga. Bersosialisasi juga membantu Anda mengurangi stres di kantor.

Melakukan kegiatan yang bermanfaat

Daripada Anda bermalas-malasan di rumah saat weekend, luangkan satu hari Anda untuk bersosialisasi dan menjalin hubungan dekat dengan tetangga. Biasanya, kegiatan arisan akan diselipkan dengan kegiatan lain seperti melakukan workshop, pengajian, mengasah hobi, dan lain-lain.

Memperluas relasi

Dengan mengenal orang baru tentu akan menambah relasi Anda. Siapa tahu, tetangga apartemen Anda akan bisa jadi partner bisnis atau bahkan bisa membantu pekerjaan Anda. Anda juga bisa memanfaatkan relasi baru Anda di lingkungan apartemen untuk mengembangkan bisnis Anda.

Lalu, apakah arisan perlu dilakukan di lingkungan apartemen? Jawabannya tentu perlu. Tujuannya untuk menjaga hubungan baik antartetangga dan manfaat arisan yang dijabarkan di atas. Namun jika Anda tak bisa melakukan kegiatan arisan untuk menjaga hubungan baik, Anda bisa melakukan hal kecil lainnya. Hal-hal yang dimaksud antara lain:

  • Selalu bersikap ramah jika bertemu tetangga
  • Menawarkan pertolongan
  • aktif mengikuti kegiatan di apartemen
  • Tidak membuat keributan. misalnya menyetel lagu dengan volume keras, jangan berteriak, jangan memaku dinding atau memindahkan furnitur di malam hari, dan jangan berlarian di lorong apartemen, karena akan terdengar dari dalam unit
  • Menjaga kebersihan di depan unit Anda, karena lorong digunakan bersama bukan hanya untuk Anda saja.
  • Menyambut tetangga baru

Jika Anda ramah dan berbuat baik dengan tetangga, tentunya orang juga akan balik berbuat baik terhadap Anda. Lingkungan juga terasa lebih nyaman. Setelah Anda mengetahui betul apa itu arisan dan manfaat arisan, kira-kira apakah Anda tertarik untuk menerapkan hal ini di lingkungan apartemen Anda?


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.