ARLIC.jpg

Pendidikan

ARLIC Indonesia Lakukan Terobosan Pembelajaran Bahasa Arab

Kondisi dunia global yang semakin terkoneksi lintas-budaya dan lintas-negara membuat kebutuhan berbahasa asing menjadi salah satu hal yang paling penting bagi generasi muda hari ini. Salah satu bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia adalah bahasa Arab. Tercatat, lebih dari 400 juta di belahan dunia menggunakan bahasa Arab sebagai salah satu medium komunikasinya.

Termasuk di Indonesia, keberadaan bahasa Arab menjadi salah satu yang tak asing dalam lingkungan keseharian dan kebudayaan lokal yang berkembang. Baik dalam bidang dakwah-keagamaan, akademik, sampai komunikasi keseharian, bahasa Arab lazim digunakan di celah-celah aktivitas yang berjalan. Namun, bukan tanpa masalah, kedekatan budaya dengan bahasa Arab di Indonesia tidak lantas masyarakat mampu dan mudah menggunakannya, berbagai permasalahan pembelajaran turut menghambat perkembangan penggunaan bahasa Arab.

Screenshot (43).png

Merespon hal tersebut, ARLIC (Arabic Lingual Center) Indonesia melakukan terobosan penting dalam mengenalkan metode baru pembelajaran bahasa Arab. Berbeda dengan kebiasaan lembaga, pesantren, madrasah, dan universitas di Indonesia, ARLIC Indonesia menekankan kebutuhan pragmatis komunikatif dalam mengoptimalkan pemanfaatan bahasa Arab di berbagai aktivitas kehidupan. Terobosan baru tersebut tertuang dalam buku serial ‘Al-Lisan Al-Umm’, yang baru saja diluncurkan, Selasa, 12 Oktober 2021.

“Kita mempunyai hubungan emosional (sejarah, budaya, aktivitas) yang dekat dengan bahasa Arab. Perlu adanya penekanan, bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang mudah dipelajari oleh kita. Sehingga mampu kita manfaatkan tidak hanya untuk kebutuhan membaca literatur klasik bahasa Arab, melainkan untuk komunikasi, bergaul dengan bangsa lain, bahkan urusan diplomasi dan bisnis internasional.” Jelas Habib Nobil, Staff PBB (United Nation) di Indonesia sekaligus narasumber dalam acara Grand Launching ARLIC Indonesia, di Hotel Kartika, Jakarta, Selasa, (12/10/2021).

[Baca Juga: Gibran Tinjau Lokasi Proyek Masjid Mewah, Hadiah Pangeran Uni Emirat Arab]

Selain menekankan pada prioritas kebutuhan pragmatis komunikatif, metode baru ARLIC Indonesia dalam buku serial ‘Al-Lisan Al-Umm’ tersebut juga menekankan pendekatan interaktif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam merepresentasikan materi, metode, media, dan konten pembelajarannya.

Terdiri dari beberapa seri tingkatan, dari tingkat pemula sampai tingkat lanjut, ARLIC Indonesia melakukan terobosan dalam serialnya dengan mengembangkan akses pembelajaran di buku serial tersebut menggunakan teknologi yang ada.

“Dalam buku ini (Serial Al-Lisan Al-Umm), kosa kata yang ada telah dikumpulkan dalam bentuk flashcard yang dapat diakses melalui komputer, aplikasi, atau smartphone. Aplikasi tersebut juga memiliki banyak latihan interaksi.” Lanjut narasi ARLIC Indonesia, dalam video peluncuran buku serial.

Screenshot (41).png

Mengangkat tajuk ‘Bahasa Arab Mudah dan Keren’, program pengembangan metode dan peluncuran buku serial merupakan bentuk tindak lanjut kerja sama ARLIC Indonesia dengan The Mother of Tounge, Abu Dhabi, Uni Emirates Arab, dalam mewujudkan solusi dan terobosan pembelajaran bahasa Arab di masa depan.

Dalam acara peluncuran tersebut, turut dihadiri beberapa narasumber penting yang selama ini dikenal sebagai pegiat dan pengajar bahasa Arab berkompeten di Indonesia. Mulai dari Said Agil Husain Al-Munawar (Ulama), Ali Hasan Al Bahar (Wasekjend MUI), Yusuf Mansur (Dai), Ifa Faizah Rahmah (Pengajar), Rita Febrianta (Dosen), sampai Habib Nabil (Staf PBB).


Read More

ARLIC Indonesia

Pusat Pengembangan Metode Alternatif untuk Meningkatkan keterampilan berbahasa, komunikasi antar budaya, dan kemitraan Indonesia-Arab

+62 813-1122-7043
None

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.