PURI-PENDIDIKAN-ASAK KREATIVITAS ANAK DENGAN BELAJAR ROBOTIK-GALIH-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Asah Kreativitas Anak dengan Belajar Robotik

Setiap anak punya ketertarikan masing-masing pada suatu bidang. Tak terkecuali bidang robotik. Meski masih belia, bukan berarti mereka tak tak bisa mulai belajar dan mengenal soal robot. Apalagi kini semakin banyak lembaga kursus yang menawarkan pelbagai macam kurikulum dan pembelajaran robotik untuk anak-anak.

Di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat, ada salah satu lembaga kursus robotik bernama First One Education Center. Seperti dikutip firstone-education.com, pada Jumat (19/10/2018), lembaga kursus ini mengajarkan anak pada prinsip-prinsip dasar mengenai teknologi yang fokus pada penerapan ilmu komputer, matematika, fisika, dan mekanika.

Dari prinsip dasar tersebut, First One Education Center yang letaknya di Ruko Sentra Niaga Puri Indah Blok T6 No 30, Jakarta Barat ini, mulai memberikan materi sederhana cara membuat robot menggunakan balok lego. Ada lima program belajar robot yang bisa dipilih siswa, di antaranya ada basic universal structure, mechanic structure, electronic control advance, robot computing, dan mobile robot robotic project.

Mengenai metode pembelajaran, lembaga kursus robot ini menggunakan metode learning by doing. Sehingga siswa bisa lebih mudah memahami dan merasakan langsung langkah-langkah membuat robot. Membuat robot sendiri memiliki banyak manfaat bagi anak. Mulai dari merangsang otak mampu berpikir kreatif, imajinatif, dan inovatif. Selain itu, belajar robotik juga mampu menumbuhkan motivasi agar selalu berpikir optimis dan logis.

Kursus robotik lainnya yang bisa Anda jumpai di Jakarta Barat adalah Robotic Education Centre. Seperti dilansir dari Roboticsindonesa, pada Jumat (19/10/2018), lembaga kursus ini membuka kelas robotik untuk anak-anak mulai usia 4 – 18 tahun.

Sementara untuk program kelasnya dimulai dari basic level. Pada level ini, setiap siswa akan mempelajari prinsip mekanika sederhana dengan menggunakan bantuan buku panduan. Ada juga elementary level, yang berisikan materi pembelajaran tentang prinsip mekanika dan cara kerjanya, membuat projek mekanik yang dapat bergerak dengan tenaga motor. Terakhir, ada ada advance level yang dikhususkan bagi anak mulai usia 12 – 18 tahun.

Robotic Education Centre berdiri sejak 2005 dengan nama Innovative Education. Lembaga kursus ini terus berkembang dan memiliki cabang di beberapa kota di Tanah Air. Salah satunya ada di Jalan Pulau Bira Blok D1/14, RT 014/009, Kembangan Utara, Jakarta Barat.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.