PURI-PENDIDIKAN-ASAK KREATIVITAS ANAK DENGAN BELAJAR ROBOTIK-GALIH-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Asah Kreativitas Anak dengan Belajar Robotik

Setiap anak punya ketertarikan masing-masing pada suatu bidang. Tak terkecuali bidang robotik. Meski masih belia, bukan berarti mereka tak tak bisa mulai belajar dan mengenal soal robot. Apalagi kini semakin banyak lembaga kursus yang menawarkan pelbagai macam kurikulum dan pembelajaran robotik untuk anak-anak.

Di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat, ada salah satu lembaga kursus robotik bernama First One Education Center. Seperti dikutip firstone-education.com, pada Jumat (19/10/2018), lembaga kursus ini mengajarkan anak pada prinsip-prinsip dasar mengenai teknologi yang fokus pada penerapan ilmu komputer, matematika, fisika, dan mekanika.

Dari prinsip dasar tersebut, First One Education Center yang letaknya di Ruko Sentra Niaga Puri Indah Blok T6 No 30, Jakarta Barat ini, mulai memberikan materi sederhana cara membuat robot menggunakan balok lego. Ada lima program belajar robot yang bisa dipilih siswa, di antaranya ada basic universal structure, mechanic structure, electronic control advance, robot computing, dan mobile robot robotic project.

Mengenai metode pembelajaran, lembaga kursus robot ini menggunakan metode learning by doing. Sehingga siswa bisa lebih mudah memahami dan merasakan langsung langkah-langkah membuat robot. Membuat robot sendiri memiliki banyak manfaat bagi anak. Mulai dari merangsang otak mampu berpikir kreatif, imajinatif, dan inovatif. Selain itu, belajar robotik juga mampu menumbuhkan motivasi agar selalu berpikir optimis dan logis.

Kursus robotik lainnya yang bisa Anda jumpai di Jakarta Barat adalah Robotic Education Centre. Seperti dilansir dari Roboticsindonesa, pada Jumat (19/10/2018), lembaga kursus ini membuka kelas robotik untuk anak-anak mulai usia 4 – 18 tahun.

Sementara untuk program kelasnya dimulai dari basic level. Pada level ini, setiap siswa akan mempelajari prinsip mekanika sederhana dengan menggunakan bantuan buku panduan. Ada juga elementary level, yang berisikan materi pembelajaran tentang prinsip mekanika dan cara kerjanya, membuat projek mekanik yang dapat bergerak dengan tenaga motor. Terakhir, ada ada advance level yang dikhususkan bagi anak mulai usia 12 – 18 tahun.

Robotic Education Centre berdiri sejak 2005 dengan nama Innovative Education. Lembaga kursus ini terus berkembang dan memiliki cabang di beberapa kota di Tanah Air. Salah satunya ada di Jalan Pulau Bira Blok D1/14, RT 014/009, Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.