Asah Logika Anak Dengan Metode Sakamoto

Pendidikan

Asah Logika Anak Dengan Metode Sakamoto

Logical-Mathematical Intelligence atau Kecerdasan Logika-Matematika adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan penalaran dalam memahami sebab akibat, membuat hipotesis, mengenali keteraturan, dan mengolah angka. Kecerdasan logika-matematika merupakan salah satu jenis kecerdasan yang paling penting karena pasti dimiliki oleh setiap orang meskipun dalam kadar yang berbeda-beda. Beberapa jenis profesi yang mengandalkan kecerdasan logika-matematika misalnya ilmuwan, programmer, insinyur, akuntan, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang Matematika, seringkali Anda melihat bahwa anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) yang sudah lancar dan cepat berhitung tetapi ketemu soal cerita masih mengalami kesulitan. Mereka juga mengalami ketakutan dalam menyelesaikan soal cerita Matematika. Hal ini dikarenakan mereka tidak memahami betul apa maksud dari soal tersebut dan apa yang harus mereka lakukan. Mereka sering menebak-nebak harus dikali, dibagi, ditambah atau dikurang. Akhirnya, mereka hanya menghafal mati saja.

Asah Logika Anak Dengan Metode Sakamoto

Mengasah kecerdasan logika anak sangat penting karena dapat mempengaruhi pemilihan profesi yang dicita-citakannya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk membantu anak melatih kecerdasan logika-matematika, antara lain dengan mengikuti Metode Sakamoto.

Dengan Metode Sakamoto, soal cerita Matematika justru dapat menjadi teman anak-anak kita. Mereka akan memahami betul soal yang mereka kerjakan sehingga mereka akan lebih percaya diri dan jauh dari rasa takut Matematika.

Metode Sakamoto lebih fokus pada pembinaan kemampuan siswa-siswi dalam pemahaman soal (be able to understand) bukan sekedar kemampuan menjawab soal (able to answer). Sehingga siswa-siswi dibiasakan untuk tidak hanya menekankan pada hasil, tapi pada proses penyelesaian. Metode Sakamoto berasal dari jepang ditemukan Dr. Hideo Sakamoto pada 1980, yang mengajarkan logic, creative thinking, dan problem solving.

[Baca Juga: Tempat Ini Ajarkan Matematika dari Sudut Pandang Anak]

Sakamoto Indonesia Perdana pertama kali didirikan pada tahun 2001 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan khususnya matematika. Awalnya hanya untuk SD, seiring berjalannya waktu dan terasa banyak manfaat bagi anak-anak SD, maka pada akhir tahun 2012 pengembangkan Metode Sakamoto untuk anak usia 3-5 tahun yang bertujuan untuk melatih kecerdasan dan kemampuan secara bersamaan. Atas dasar banyaknya permintaan dari para orangtua, akhirnya pada Juli 2014 diluncurkan Metode Sakamoto untuk anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Melansir dari sakamoto.id, sesuai salah satu filosofi Sakamoto "Memberikan manfaat bagi bangsa dan negara", dalam misinya mencerdaskan dan memberikan nilai terbaik untuk anak-anak Indonesia. Berikut ulasan PingPoint.co.id untuk tujuan-tujuan Sakamoto dengan metode penerapannya, yaitu:

Tujuan TK

  • Mengenalan Metode Sakamoto dengan suasana dunia anak-anak
  • Membuat anak-anak senang memahami sesuatu
  • Melatif kecerdasan serta kemampuan secara bersamaan
  • Mempersiapkan anak-anak untuk mengikuti Metode Sakamoto tingkat SD

Tujuan SD

  • Melatih dasar matematika
  • Pengembangan dan pemahaman soal
  • Pembentukan logika, analisa, dan kreativitas anak

Adapun Tujuan Lain :

  • Mengatasi kemalasan anak untuk berpikir
  • Diajarkan guru yang terlatih dan tersertifikasi
  • Tidak mengajarkan pengulangan materi yang membosankan

Tujuan SMP

  • Logika anak terlatih dengan baik
  • Melatih anak berpikir secara rasional

[Baca Juga: Sejarah dan Metode Pendidikan di Mahatma Gandhi School Kemayoran]

Sakamoto Japanese Mathematics Center di Indonesia, bisa Anda jumpai dimana-mana dengan nama Center Matematika Sakamoto. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa kunjungi laman www.sakamoto.id

Hidup ini perlu berhitung, matematika penting untuk manusia, karena dibutuhkan perhitungan yang matang dalam menjalani kehidupan. Yuk, asah logika anak Anda dengan mencerdaskan mereka, metode pengajaran yang benar akan menghasilkan murid-murid yang berkualitas.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.