Asal Mula Halloween dan Rahasia di Balik Pesta Nakal 31 Oktober

Berita Kawasan

Asal Mula Halloween dan Rahasia di Balik Pesta Jahil 31 Oktober

Halloween dikenal sebagai sebuah perayaan yang kental dengan aksen horor dan menakutkan. Konon perayaan ini bukanlah bentuk dari perayaan atau persembahan terhadap iblis atau neraka melainkan sebuah representasi dari sejarah dan budaya. Biasanya perayaan Halloween dijadikan penanda berakhirnya musim tanam dan tibanya musim dingin di negeri barat. Meski tradisi perayaan Halloween berasal dari Irlandia namun Halloween paling rutin terjadi di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan masyarakat Irlandia yang berpindah ke Amerika Utara menyebarkan cerita atau tradisi supranatural yang berbau hantu.

Perayaan Halloween sudah dirasakan banyak lapisan masyarakat dunia, hingga ke Indonesia. Meski Indonesia menjadi negara yang kental dengan supranatural, tapi tak sedikit masyarakat kita merayakan perayaan Halloween. Meski perayaan ini sudah cukup familiar tapi ada beberapa kisah legenda tentang Halloween yang mungkin masih asing terdengar. Menilik dari beberapa sumber seperti kompasiana.com, berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar Halloween sebelum merayakannya.

Asal Mula Halloween dan Rahasia di Balik Pesta Nakal 31 Oktober

Asal Mula Tradisi Perayaan Halloween

Mengutip dari lama livescience.com, asal mula tradisi Halloween diawali dari festival Samhain, yang dalam bahasan Irlandia Kuno diartikan sebagai summer’s end atau akhir musim panas. Festival Samhain utamanya dirayakan oleh masyarakat Celtic atau Kelt yang merupakan suku bangsa Eropa Tengah kuno. Festival ini juga sering disebut sebagai tahun baru Kelt dimana para masyarakat penganut paganisme menyembelih ternak dan mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin pada momen perayaan Halloween.

[Baca Juga: Deretan Film Lawas Terbaik yang Tayang di Netflix pada Oktober]

Bagi bangsa Gael kuno, tanggal 31 Oktober (Hari perayaan Halloween) dipercaya sebagai hari pembatas bagi orang yang meninggal dan pembuka bagi orang yang masih hidup. Jika diartikan, orang yang sudah meninggal akan membahayakan orang yang masih hidup. Dengan kata lain, masyarakat Gael percaya bahwa orang yang meninggal dianggap membawa penyakit dan musibah. Dari sini, masyarakat Gael percaya jika membakar api unggun dan menggunakan kostum hantu pada tanggal 31 Oktober, mereka dapat berdamai dengan arwah jahat.

Asal Nama Halloween

Karena perayaan All Saint’s Day atau All Hallow’s Mass yang dirayakan pada satu November berdekatan dengan tanggal 31 Oktober, maka perayaan ini digabungkan menjadi perayaan Halloween. Asal kata Halloween sendiri merupakan singkatan dari All Hallow’s Even, artinya malam sebelum hari raya All Hallow yang sekarang ini disebut dengan All Saints Holy Day.

Pesta Kenakalan dan Vandalisme

Perayaan Halloween terkenal sebagai pesta kenakalan di mana hal-hal jahil sering dilakukan saat perayaan. Salah satu catchphrase yang identik dengan Halloween adalah trick or treat , merupakan sebuah ancaman-ancaman kosong yang menjadi ciri khas pada pesta Halloween.

[Baca Juga: Mau Liburan Oktober Ini? Ada Halloween Horror Nights di USS]

Perayaan Halloween tentunya berbeda-beda pada setiap tepatnya, namun eforianya masih tetap bisa dirasakan. Apakah Anda tertarik untuk merayakan Halloween tahun ini?


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.