Asal Usul Bakso Hingga Bakso Masa Kini 2.jpg

Kuliner

Asal Usul Bakso Hingga Bakso Masa Kini

Bakso salah satu makanan yang menjadi idola orang Indonesia dan mudah sekali ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Sajian bola daging yang merupakan campuran daging giling dan tepung tapioka ini ternyata berasal dari Tiongkok.

Mengutip sejarahlengkap.com (14/3/2019), di awal abad ke-17 pada masa akhir dinasti Ming di Fuzhou, ada seorang anak bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil berinisiatif untuk membantu ibunya yang menyukai daging namun sudah tidak bisa memakan daging karena giginya sudah tidak bisa mengonsumsi makanan yang bersifat keras. Dia memikirkan bagaimana cara mengolah daging agar bisa dimakan ibunya hingga pada suatu ketika dia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi.

Melihat hal itu, Meng Bo mempraktikkannya dengan mengolah daging seperti yang dilakukan tetangganya dalam mengolah mochi. Setelah daging empuk, dia membuatnya menjadi bulatan-bulatan kecil dan merebus olahan daging itu sehingga menghasilkan aroma sedap dan ibunya bisa menyukai olahan dagingnya.

Asal Usul Bakso Hingga Bakso Masa Kini Baksotopia

Resep olahan daging Meng Bo yang menjadi sejarah bakso akhirnya tersebar luas hingga ke seluruh Kota Fuzhou dan terus menyebar hingga sampai ke Indonesia dari para pedagang China yang menetap di Indonesia.

Sejarah bakso di Indonesia mengalami perubahan pada resep asli olahan bakso yang menggunakan daging babi menjadi daging sapi karena penduduk Indonesia mayoritas muslim dan daging babi tidak familiar. Selain itu, bakso di Indonesia juga menggunakan bumbu dari rempah-rempah yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

[Baca Juga: Baksotopia Hadir di Food Zone Menteng Hawkers]

Kini, Indonesia telah memiliki banyak variasi bakso di antaranya ada bakso urat, bakso telur, bakso gepeng, bakso malang, bakso keju, bakso bakar, bakso kerikil, bakso tomat dan lain-lain. Selain itu, pembuatan bakso zaman sekarang juga tidak hanya menggunakan daging sapi, melainkan terbuat dari daging ayam, ikan hingga udang. Salah satu inovasi bakso yang terbilang kekinian adalah bakso goreng siap santap yang terbuat dari lobster, salmon dan ikan tenggiri yang bisa ditemukan di menu Baksotopia.

Bakso Masa Kini Baksotopia

Bakso Masa Kini

Konsep awal dibuatnya Baksotopia milik PT IndoSterling Boga Trada adalah ingin membuat snack yang bisa diterima khalayak ramai yang lebih sehat dari snack lainnya yang mengandung banyak penyedap rasa. Meskipun Baksotopia disajikan dengan digoreng, namun Baksotopia tergolong snack yang lebih sehat karena terbuat dari lobster, salmon dan ikan yang tergolong dalam kategori seafood.

“Baksotopia lebih healthy karena yang pertama terbuat dari seafood yang memiliki kadar gizinya lebih tinggi. Kedua, selama ini seafood yang dianggap mahal, kita berusaha mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih murah yang dikemas dalam sajian bakso,”ujar Director PT IndoSterling Boga Trada Juli Antony.

[Baca Juga: Coba Kelezatan Bakso Goreng Lobster di Baksotopia]

Selain itu, Baksotopia bisa dikonsumsi semua kalangan dan usia. Menurut Antony, para orang tua juga akan lebih suka untuk memberikan anak makanan yang terbuat dari seafood sehingga Baksotopia hadir sebagai makanan yang menawarkan sajian bakso goreng siap santap yang tidak hanya sekedar camilan, namun mengandung kadar gizi yang cukup karena terbuat dari seafood.

Bakso yang terbuat dari seafood yang juga banyak dijual di pasaran diakui Antony memang ada yang lebih murah dari produk Baksotopia. Namun, dia meyakini jika harga akan menentukan sebuah rasa karena Baksotopia memiliki kualitas yang terbilang lebih tinggi. Baksotopia secara rasa dan kandungan kesehatan dapat dikatakan sejajar atau lebih bagus jika dibandingkan dengan bakso seafood yang tersedia di restoran sebagaimana disampaikan Antony kepada PingPoint.co.id saat bertemu di kantor PT IndoSterling Boga Trada (15/3/2019).

[Baca Juga: Mengintip Strategi Bisnis Bakmitopia]

Ciri khas lainnya dari Baksotopia dikatakan Antony, dia melihat trend pasar yang banyak pecinta makanan menyukai makanan pedas. Jadi, Baksotopia hadir untuk memenuhi celah trend pasar tersebut dengan menyediakan tiga jenis variasi saus pedas dengan level yang berbeda-beda, yaitu Saus Pedas Judes, Saus Pedes Manja dan Saus Pedes Judes.

Antony mengatakan Baksotopia masih dalam proses pengembangan untuk menentukan variasi bakso dan saus baru yang ingin ditambahkan dalam menunya. Bagi Anda yang menyukai makanan olahan dari seafood, Anda harus mencoba bakso kekinian ini yang dijual dengan harga Rp30.000 untuk ukuran regular dan Rp40.000 untuk ukuran jumbo. Baksotopia bisa ditemukan di mal Ciputra, Botani Square Bogor, Menteng Hawkers dan Eat & Eat Fx Sudirman.

Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jatinegara, Anda juga bisa menemukan booth Baksotopia yang baru saja dibuka di Cityplaza Jatinegara lantai GF pada tanggal 14 Maret kemarin. Baksotopia juga dalam waktu dekat ini akan hadir di mal Metropolitan Bekasi dan Summarecon Mal Bekasi.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.