Asal Usul Fried Chicken dan Kepopulerannya di Indonesia

Kuliner

Asal Usul Fried Chicken dan Kepopulerannya di Indonesia

Berbicara soal asal usul ayam goreng tepung, menu ini sudah sangat umum di tengah menjamurnya berbagai restoran cepat saji di Indonesia, khususnya di Jakarta. Karena kepopulerannya terus meningkat, saat ini sudah banyak frenchise ayam goreng tepung lokal. Variasi ayam goreng tepung saat ini pun jadi sangat beragam, mulai dari fried chicken spicy hingga ayam goreng tepung geprek mozzarella yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Asal Usul Fried Chicken dan Kepopulerannya di Indonesia

Menu ayam goreng tepung di Indonesia lebih dikenal dengan beberapa sebutan seperti ayam kriuk, ayam krispi atau ayam kremes. Pada awalnya, menu makanan ini termasuk dalam golongan makanan biasa. Melansir dari finedininglovers.com, setelah disinggung ke dalam persoalan kategori fine dining, banyak restoran-restoran kelas atas yang mulai mengangkat derajat masakan ini ke tingkat yang lebih tinggi. Meski demikian, menu ayam goreng tepung kelas atas atau fried chicken "mahal.” Fenomena ini pada dasarnya telah menyalahkan sejarah kultural munculnya menu ayam goreng tepung.

[Baca Juga: Ini 5 Jenis Ayam Goreng Korea yang Bikin Goyang Lidah]

Menu fried chicken atau ayam goreng tepung tidak langsung muncul sebagai menu andalan restoran cepat saji. Setelah PingPoint.co.id menelusur beberapa laman sumber, sajian ayam goreng tepung muncul pertama kali pada abad ke 18 di Amerika Serikat. Awal mulanya, sajian ini tidak menjadi menu sehari-hari melainkan hanya dikonsumsi pada hari-hari tertentu saja. Singkat cerita, waralaba makanan siap saji membuat hidangan ayam goreng tepung menjadi common food.

Asal Usul Fried Chicken dan Kepopulerannya di Indonesia

Versi ayam goreng di dunia ada sangat banyak. Masing-masing negara atau bahkan tiap region terkadang memiliki cita rasa serta ciri khas sajian ayam goreng tepungnya sendiri. Salah satu negara yang memiliki banyak varian menu ayam goreng tepung adalah Korea Selatan dan tentunya Indonesia. Terlepas dari varian ayam goreng tepung yang ada di frenchise cepat saji seperti Mc Donald, KFC dan sebagainya, sajian ayam goreng tepung sudah dekat dengan masyarakat sejak dulu.

[Baca Juga: Penelitian Ini Jelaskan Kenapa Anda Baiknya Konsumsi Ayam Organik]

Hidangan ayam goreng tepung di Indonesia sangat beragam. Adapun variasi yang paling familiar antara lain seperti ayam geprek goreng tepung atau ayam goreng kremes tepung. Salah satu ciri khas dari ayam goreng tepung Nusantara adalah kombinasi bumbu rempahnya. Terlepas dari variasi ayam goreng tepung lokal, di Indonesia, tepatnya di Jakarta ada banyak variasi hidangan ayam goreng tepung, mulai dari yang masuk akal akal hingga yang tidak biasa.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.