Asal-Usul MSG Hingga Mitos Micin Bikin Bodoh

Kesehatan

Asal-Usul MSG Hingga Mitos Micin Bikin Bodoh

Banyak mitos yang beredar seputar bahan makanan yang satu ini. MSG, vetsin atau lebih dikenal dengan sebutan micin ini sering kita temui di beberapa jenis makanan seperti makanan ringan dan makanan bercita rasa gurih. Lalu apa itu MSG atau micin? Berikut penjelasan dari PingPoint.co.id.

Jika ditarik dari sisi sejarah, MSG memiliki cukup banyak cerita panjang. Jika Anda pernah mendengar istilah 'umami' dari Jepang yang merupakan proses penggurihan, sejarah terbuatnya MSG berawal pada masa itu, tepatnya tahun 1980. Seorang profesor bidang kimia dari Tokyo Imperial University Kikunae Ikeda berhasil mengisolasi asam glutamat dari kombu menggunakan ekstraksi air dan kristalisasi, yang kemudian menciptakan cita rasa baru yaitu umami.

[Baca Juga: Kenali Lebih Jauh Efek Samping dari MSG]

Setelah melakukan beberapa penelitian lebih mendalam, Profesor Kikunae mendapatkan hasil fakta bahwa garam atau sodium glutamat merupakan komponen yang paling mudah larut, mudah dikristalkan dan memiliki rasa sedap. Dengan demikian, ia menamakan produk ini monosodium glutamat atau MSG sebagai penyedap makanan.

Sebagai salah satu penyedap makanan yang memiliki banyak mitos miring, Menteri Kesehatan melakukan penelitian terhadap MSG dan mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 033 Tahun 2012 MSG yang menjelaskan bahwa bahan penyedap makanan MSG aman di konsumsi.

Asal-Usul MSG Hingga Mitos Micin Bikin Bodoh

Mengapa Demikian?

MSG memiliki tiga kandungan utama di dalamnya. Kandungan tersebut terdiri dari asam natrium 12 persen, asam glutamat 78 persen dan air 10 persen. Asam glutamat sebagai kandungan paling besar besar di MSG, merupakan asam amino yang bekerja sebagai komponen penyusun yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.

Bahan-bahan tersebut menjadikan MSG bahan penyedap paling aman untuk di konsumsi. Namun, hingga saat ini masih belum ada batas ukuran konsumsi yang pasti pada MSG. Dengan demikian, pernyataan terlalu banyak mengkonsumsi MSG dapat membuat bodoh bisa di bilang masih mitos.

[Baca Juga: Sengkubak, Vetsin Alternatif Rendah Resiko Dari Kalimantan]

Meski terbilang aman dikonsumsi, memakan MSG tanpa dicampur dengan makanan lain sangat tidak disarankan. Fungsi utama dari MSG adalah untuk memperkuat rasa makanan, dengan demikian jika Anda mengkonsumsi MSG tanpa dicampur dengan makanan, maka MSG tidak akan mengeluarkan fungsi utamanya.

Secara garis besar, mitos-mitos miring seperti berdampak buruk pada kesehatan, hingga membuat bodoh ternyata sudah dinyatakan sebagai mitos oleh beberapa penelitian dan sumber seperti Hallosehat dan Undang-Undang Mentri Kesehatan. Namun, penggunaan MSG pada makanan pendamping ASI untuk balita sangat tidak disarankan karena pada usia tersebut anak masih belajar makan dan sebaiknya memulai dengan rasa alami. Selain itu, efek buruk MSG juga ditemukan pada kasus obesitas yang diakibatkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan gurih.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.