Tegas! Pegawainya Bermain Sosmed Saat Jam Kerja, Pemkot Bekasi Lakukan Ini.jpg

Berita Kawasan

ASN Bermain Sosmed Saat Jam Kerja? Pemkot Bekasi Lakukan Ini!

Sosial media atau sosmed sebenarnya bisa berfungsi bak pedang bermata dua yang di satu sisi bisa menguntungkan dan meningkatkan popularitas dan sisi lainnya bisa merugikan atau bahkan mencoreng institusi tertentu. Berbicara dampak yang merugikan bisa terlihat yang baru-baru ini terjadi di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Pasalnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi Reny Hendrawati baru-baru ini mengeluarkan Surat Edaran yang melarang para pegawai di lingkup Pemkot Bekasi mengunggah video ke sosmed di saat dan luar jam kerja.

Surat Edara Nomor: 800/6519/BKPPD-PKA yang ditandatangani 2 September 2021 ini berbunyi mengenai penegakan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 42 Tahun 2017. Terdapat tiga poin yang ditegaskan dalam Surat Edaran ini yaitu terkait kedisplinan, kewajiban menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah serta martabat ASN, dan terakhir menghindari diri dari perbuatan tercela serta menjaga nama baik dari Pemkot Bekasi.

Tegas! Pegawainya Bermain Sosmed Saat Jam Kerja, Pemkot Bekasi Lak ukan Ini.jpg

Dari tiga poin di atas, Sekda Kota Bekasi melarang semua ASN dan TKK Pemkot Bekasi untuk membuat serta mengunggah konten video di sosmed saat dan di luar jam kerja, khususnya dengan konten yang dipandang di luar kepatutan. Surat Edaran ini juga mencantumkan tembusan ke Wali dan Wakil Wali Kota Bekasi serta Inspektur Daerah Kota Bekasi.

Larangan ini sebenarnya merupakan buntut panjang viralnya video yang memperlihatkan sejumlah tenaga kontrak Pemkot Bekasi bermain TikTok saat jam kerja. Apalagi yang paling disayangkan adalah ketujuh tenaga kerja kontrak atau TKK itu terlihat masih menggunakan pakaian seragam dinas Pemkot Bekasi. Dengan Sekda Kota Bekasi yang memandang video yang diunggah di TikTok itu sudah berada di luar norma kepatutan yang disebut seharusnya dijunjung tinggi oleh para pegawai di lingkup Pemkot Kota Patriot.

Terkait nasib tujuh TKK yang bermain TikTok saat jam kerja itu, Pemkot Bekasi disebut telah mendapatkan sanksi. Sebagaimana dilansir dari bekasikota.go.id (6/9/2021) ketujuhnya telah dipanggil Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah atau BKPPD Kota Bekasi dan mereka pun diberikan pembinaan serta berita acara. Selain itu Surat Pernyataan Tidak Puas dari Perangkat Daerah juga turut dilayangkan kepada para pemeran video di TikTok itu.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.