ASN Pemkot Bekasi Kerja dari Rumah untuk Minimalkan Sebaran COVID-19

Berita Kawasan

ASN Pemkot Bekasi Kerja dari Rumah untuk Minimalkan Sebaran COVID-19

Berdasarkan imbauan dari Presiden Joko Widodo mengenai pengurangan kegiatan di luar demi mengurangi penyebaran Virus Corona termasuk ibadah, sekolah, maupun bekerja. Bukan hanya beberapa perusahaan swasta saja yang menetapkan kebijakan bekerja dari rumah, tapi beberapa BUMN (Badan Usaha Milik Negara) maupun pegawai negeri juga diperbolehkan melakukan pekerjaan dari rumah.

Pemerintah Kota Bekasi pun turut membuat pengaturan sistem pegawai mulai dari pejabat hingga staf pelaksana dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Sistem bekerja dari rumah untuk ASN (Aparatur Sipil Negara) Kota Bekasi dipaparkan lewat kebijakan Surat edaran Wali Kota Bekasi Nomor 800/2072/BKPPD.PKA berlaku ditetapkan pada tanggal 17 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020 menjadi pedoman perangkat daerah dalam mengatur pelaksanaan tugas kedinasan aparaturnya dengan bekerja di rumah dalam upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran COVID-19.

ASN Pemkot Bekasi Kerja dari Rumah untuk Minimalkan Sebaran COVID-19

Berdasarkan rilis yang diterima PingPoint (18/3/2020), Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah menyebutkan, sistem kerja dari rumah Pemkot Bekasi ini bukan berarti pegawai diliburkan dan bebas dari tugas kewajibannya.

"Jadi sekali lagi bukan diliburkan, tetapi bekerja dari rumah. Karena banyak yang menyalahartikan kerja di rumah berarti dia libur. Perangkat daerah juga menindaklanjuti edaran berupa pembagian tugas," kata Sajekti.

[Baca Juga: Kiat Menata Ruang Agar Lebih Produktif Bekerja Di Rumah]

Berdasarkan surat edaran tersebut, Pemkot Bekasi memastikan pelayanan kepada masyarakat akan terus berjaln karena masih akan ada aparatur yang bekerja di kantor selevel dua orang pejabat struktural dan level dibawahnya.

"Masih ada yang di kantor terutama jenis pekerjaan yang bersifat pelayanan langsung kepada masyarakat tidak terhambat dan ditindaklanjuti berupa surat perintah pembagian tugas waktu kedinasan," ujar Sajekti.

[Baca Juga: Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Benar]

Untuk ASN dan non-ASN yang melaksanakan tugas kedinasan di rumah harus berada di dalam lingkungan rumah atau tempat tinggalnya masing-masing, selain itu para ASN juga harus melaporkan kinerjanya pada atasan langsung dan dimungkinkan menggunakan sarana media online.

"Surat edaran ini diberikan kepada para kepala Perangkat Daerah Se-Kota Bekasi agar dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Sedangkan untuk Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP) masih tetap akan dikeluarkan pada kurun waktu tersebut," tutup Sajekti.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.