FountainOK3.jpg

Hobi dan Hiburan

Asyik! Bridge Fountain Semarang Kembali Beroperasi

Bagi ZPointers yang berasal dari Kota Semarang, rugi jika tak mengisi waktu weekend kalian ke Bridge Fountain Semarang. Berkenaan dengan penurunan status PPKM kota Semarang ke level 2 sejak minggu lalu, beberapa aktivitas di Kota Lumpia terutama tempat wisata kembali dibuka. Salah satunya adalah Semarang Bridge Fountain yang berada di Jembatan Banjir Kanal Barat Semarang. Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kota Semarang itu merupakan upaya pembukaan bertahap berbagai kegiatan yang ada di Kota Semarang dalam rangka mengaktifkan kembali daya tarik wisata kota yang dipimpin oleh Hendrar Prihadi ini.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap dengan dibukanya kembali fasilitas publik ini tidak menimbulkan euforia berlebih di masyarakat sehingga menciptakan kerumunan di sekitar lokasi Semarang Bridge Fountain selama pertunjukan berlangsung. “Konteksnya belum sebagai daya tarik wisatawan seperti sebelum pandemi lalu. Maka kalau mau melihat silakan, tapi tidak boleh ada kerumunan, karena masih dinyalakan terbatas, hanya satu sesi pada hari Jumat dan Sabtu saja,” ujar Hendi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (8/9/2021).

FountainOK.jpg

Walaupun beberapa aktivitas masyarakat sudah mulai dibuka kembali, namun Hendi tetap mengingatkan jika pandemi belum usai sehingga masyarakat diharapkan bijak untuk bersikap. Berbeda dengan jam operasional Bridge Fountain sebelum pandemi yang berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu selama dua sesi, setelah berhenti beratraksi sejak awal pandemi lalu, saat ini waktu operasionalnya hanya dibatasi selama satu sesi saja yaitu pada hari Jumat dan Sabtu pukul 20.00 WIB -20.30 WIB.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang untuk mengantisipasi dan menerapkan protokol kesehatan bagi masyarakat. Seperti diantaranya menyiapkan wastafel dan air bersih untuk mencuci tangan di beberapa titik. Wastafel tersebut di tempatkan di Taman Kokrosono yang berada di sisi timur dan sekitar tempat duduk di Jalan Bojongsalaman yang berada di sisi barat. Pihaknya berharap agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan pengunjung selama menikmati atraksi air mancur menari ini.

Perlu diketahui jika Semarang Bridge Fountain adalah pertunjukan air mancur menari pertama di Indonesia yang terletak di Kota Semarang. Lokasinya berada di sisi sungai banjir kanal barat dan diharapkan menjadi wisata andalan kota Semarang. Sebelum menjadi lokasi Bridge Fountain, Jembatan Banjir Kanal Barat hanyalah sebuah jembatan penyeberangan biasa dengan penerang lampu jalan pada umumnya. Dahulu Bajir Kanal Barat disebut dengan "Bandjirkanaal" yang berasal dari bahasa Belanda yang artinya saluran banjir. Lokasi ini merupakan tempat dengan sistem drainase pertama di Semarang yang beroperasi pada 23 Januari 1879.

FountainOK2.jpg

Saat ini Pemerintah Kota Semarang menyulap Jembatan Banjir Kanal Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Kota Semarang melalui Bridge Fountainnya. Tempat wisata ini diresmikan tepat pada malam tahun baru 2019, 31 Desember 2018 lalu. Selama 30 menit, pengunjung akan dimanjakan dengan pertunjukan air mancur menari diiringi dengan lampu warna-warni atau disebut juga Moonlight Rainbow Fountain. Agar lebih dramatis, pertunjukan ini juga diiringi dengan beberapa lagu termasuk di dalamnya lagu-lagu khas kota Semarang. Yuk pointers...segera jadwalkan weekendmu ke tempat ini!.


Read More

Bridge Fountain Semarang

Taman Kota

None
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.