Atasi Anak Hiperaktif dengan 3 Cara Berikut

Pendidikan

Atasi Anak Hiperaktif dengan 3 Cara Berikut

Sebagai orangtua yang memiliki anak dengan gangguan Attention Deficit Hyperactivity (ADHD atau ADD) dapat membuat anak Anda melalui kondisi tersebut dengan menyalurkan energi mereka ke arah yang positif. Semakin awal dan konsisten Anda mengatasi masalah anak Anda, semakin besar pula peluang mereka untuk sukses dalam hidup.

Peran orangtua juga dapat merespons dengan cara yang positif dan suportif. Dengan kesabaran, kasih sayang, dan banyak dukungan. Berikut cara atau peran orangtua menghadapi buah hati dengan gangguan ADHD seperti dikutip helpguide.com (20/11/2019).

Atasi Anak Hiperaktif dengan 3 Cara Berikut

1) Olahraga

Olahraga atau aktivitas fisik dapat membantu anak mengeluarkan energinya dengan cara yang sehat dan memusatkan perhatian mereka pada gerakan dan keterampilan tertentu. Banyak manfaat ketika anak melakukan aktivitas fisik, yaitu dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi depresi dan kecemasan, dan meningkatkan pertumbuhan otak. Dengan melakukan olahraga, anak dapat akan mendapatkan baik dan mengurangi gejala ADHD.

2) Atur Pola Rutinitas Anak

Penting untuk mengatur waktu dan tempat untuk segala sesuatu dalam membantu anak dengan ADHD agar memenuhi harapannya. Aturlah pola rutinitas anak seperti jadwal makan, pekerjaan rumah, bermain, dan tidur. Berikan waktu yang cukup untuk segala sesuatu yang perlu dilakukan anak, seperti bermain, menyelesaikan pekerjaan rumah, dll. Perketat waktu untuk mereka untuk menghindari waktu idle yang senggang tanpa kegiatan.

[Baca Juga: La Lembah Manah Diasuh Babysitter, Ini Plus Minus Pengasuh Anak]

3) Ajarkan Cara Bersosialisasi

Anak-anak dengan ADHD sering mengalami kesulitan berinteraksi atau bersosialisasi dengan temannya. Anak ADHD akan terlalu banyak bicara, sering menyela, atau menjadi agresif membuat mereka lebih menonjol di antara anak-anak seusia mereka.

Namun, jangan lupa bahwa banyak anak-anak dengan ADHD sangat cerdas dan kreatif dan pada akhirnya akan mencari tahu sendiri bagaimana bergaul dengan orang lain dan melihat orang-orang yang tidak pantas sebagai teman.

[Baca Juga: Pilih Mana, Daycare atau Babysitter? Pikirkan 3 Pertimbangan Berikut]

Itulah beberapa cara mengatasi anak yang super aktif atau dikenal dengan gangguan ADHD. Berikan senyum, komentar positif, atau hadiah lain dari Anda yang dapat meningkatkan kontrol impuls anak Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.