Atasi Banjir & Longsor, Pemkab Bogor Bentuk Tim Tanggap Darurat

Berita Kawasan

Atasi Banjir & Longsor, Pemkab Bogor Bentuk Tim Tanggap Darurat

Banjir yang terjadi pada hari pertama tahun 2020 tentu meninggalkan evaluasi bagi pemerintah untuk berbenah agar kejadian serupa tak terulang kembali atau setidaknya diminimalisir dampaknya. Pemerintah Kabupaten Bogor saja tak memakan waktu lama untuk memutuskan membuat Tim Tanggap Darurat.

Tim ini dibentuk pasca bencana yang terjadi di Kabupaten Bogor. Menurut Bupati Bogor Ade Yasin yang juga jadi Ketua Tim Tanggap Darurat menyebutkan, pemerintah Kabupaten Bogor melakukan rapat koordinasi sekaligus membentuk Tim Tanggap Darurat pada 6 Desember 2019.

Atasi Banjir & Longsor, Pemkab Bogor Bentuk Tim Tanggap Darurat

Di hari pembentukan tersebut, Ade bersama timnya mengevaluasi yang sudah terjadi dan dilakukan oleh Pemkab. Selanjutnya, tim juga membahas langkah-langkah apa saja yang belum dilakukan. Ade menyebutkan, pemulihan bencana khususnya di Kecamatan Sukajaya butuh waktu lama, maka dari itu harus direncanakan secara matang agar bisa tertangani dengan tepat.

“Makanya kita ini ingin antisipasi, jangan sampai terjadi longsor lagi, apa yang harus dilakukan ke depannya. Saya tadi juga rapat dengan Forkompimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah),” sebut Ade seperti yang dikutip dari bogorkab.go.id (7/1/2019).

[Baca Juga: Hadapi Bencana Banjir, Pemkot Depok Siapkan Dana Tanggap Darurat]

Ade melanjutkan, yang akan dilakukan oleh Tim Tanggap Darurat yang utama adalah, mengantisipasi, menangani penanganan pengungsi dan korban bencana longsor atau banjir, dan memenuhi kebutuhan korban terdampak banjir.

“Biaya yang dibutuhkan untuk pemulihan juga harus dihitung dengan teliti, kemudian kami juga harus mempersiapkan langkah yang harus dilakukan untuk membenahi infrastruktur yang rusak, kemarin juga kita sudah lakukan pembukaan akses, dan hari ini diupayakan bisa selesai dan dalam kurang waktu satu minggu bisa terbuka akses utama,” kata Ade.

[Baca Juga: Ulurkan Tangan untuk Korban Banjir Jakarta di Posko Ini]

Menurut Ade, tim bentukannya itu harus merumuskan mengenai kondisi longsor di Sukajaya. Apakah harus dibutuhkan relokasi atau memang masih bisa ditempati. “Karena akibat longsor tersebut, banyak rumah terkubur. Berarti kondisi tanahnya tidak bagus untuk ditinggalli,” ujar Ade.

Pemerintah Kabupaten Bogor juga harus menyiapkan tempat relokasi untuk tempat tinggal warga korban longsor. Karena banyak rumah yang tak mungkin lagi bisa ditempati. Dirinya mengimbau Tim Tanggap Darurat untuk segera mencari tempat relokasi yang nyaman di kawasan terdekat.


Read More

Artikel Lainnya

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad

23 March 2023, 18:17

Mengejar passion yang hadir dari hobi tampaknya menjadi gambaran yang tepat untuk sosok atlet offroad Tanah Air, Sudirman Arsyad.

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program In i.jpg

Bisnis

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program Ini

21 March 2023, 11:48

Melalui kampanye BerKah Ramadan, ruparupa gelar beragam promo untuk mendukung konsumennya dalam menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 2023

20 March 2023, 14:47

Para penggemar musik di era tahun 2000an awal berhasil diajak bernostalgia menyanyikan lagu-lagu hits dari Samsons, Yovie & Nuno, serta D’Masiv di acara JCW 2023.

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syaria h.jpg

Bisnis

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syariah

17 March 2023, 10:29

Dalam rangka mendukung umat Muslim milenial yang menggunakan produk sesuai syariah, Astralife menghadirkan produk Flexi Life Protection Syariah di ranah digital.


Comments


Please Login to leave a comment.