Ini Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Atasi Diabetes Hingga Luka Bakar, Ini Manfaat Daun Mangga

Siapa yang tidak suka dengan buah mangga? Buah tropis ini mudah ditemukan di Jakarta, apalagi kalau sedang musimnya. Selain karena rasanya yang segar dan manis, buah mangga juga juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari manisan hingga tambahan untuk sambal.

Tidak hanya buahnya, bahkan daunnya pun bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Hal itu dikarenakan daun mangga mengandung senyawa bioaktif mangiferin, polifenol, serta triterpenoid yang bermanfaat sebagai peluruh lemak, antioksidan, dan penyembuh luka.

Lalu, apa saja manfaat daun mangga? Berikut rangkuman PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Dibuang Jangan, Ini 5 Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan]

1) Mengatasi Cemas Berlebih

Tidak banyak yang tahu jika daun mangga ternyata mampu mengatasi kecemasan berlebih. Nah, bagi Anda yang sering merasa cemas, ada baiknya untuk segera mengambil segenggam daun mangga. Setelah itu, cuci hingga bersih dan gunting daun hingga berukuran kecil. Lalu, campurkan daun yang telah digunting dengan air hangat di dalam bak. Kemudian berendamlah di dalam air hangat tersebut. Atau, Anda juga bisa memakai cara orang India dengan menggantungkan seikat daun mangga di atas pintu untuk mencegah perasaan stres dan cemas.

2) Mengobati Diabetes

Sudah banyak yang tahu bahwa daun mangga mampu dimanfaatkan sebagai obat oleh para penderita diabetes. Daun mangga yang di dalamnya mengandung zat tanin dan antocyanin diketahui bisa mengatasi diabetes secara alami. Caranya, cukup dengan merebus beberapa helai daun mangga dengan dua gelas air. Kemudian diamkan air rebusan itu semalaman sebelum diminun pada keesokan paginya. Cara ini bisa meningkatkan produksi insulin ke level normal.

Ini Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

3) Mengobati Gangguan Telinga

Jika Anda sering mengalami gangguan pada telinga, ada baiknya cobalah untuk membuat obat tetes telinga berbahan ekstrak daun mangga. Cara ini sering dilakukan orang-orang di zaman dahulu untuk mengobati telinga yang sakit. Caranya dengan menghancurkan daun mangga dengan blender, lalu saring ampasnya. Lalu hangatkan ekstrak daun mangga dengan api kecil, setelah itu teteskan sedikit ke dalam telinga. Kemudian rasakan perubahannya yang terjadi pada telinga.

4) Membantu Masalah Pernapasan

Daun mangga ternyata juga bisa untuk mengatasi masalah pernapasan seperti flu, bronkitis, dan asma. Caranya mudah, dengan meminum rebusan daun mangga yang ditambahkan dengan madu selagi hangat. Metode ini juga bisa dimanfaatkan ketika suara Anda habis atau sedang serak.

[Baca Juga: Bukan Cuma untuk Hal Gaib, Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan]

5) Menyembuhkan Luka Bakar

Selain dikonsumsi untuk mengatasi masalah pernapasan, daun mangga ini juga menjadi obat untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, dengan menghancurkan daun mangga segar kemudian tempelkan ke area yang terbakar. Daun mangga akan membuat area luka tertutup dan mengurangi rasa sakit.

Dari lima acara di atas, mana yang pernah Anda coba? Jika belum, ada baiknya mulai memanfaatkan daun pohon mangga. Terutama untuk Anda yang memiliki pohonnya di pekarangan rumah.

Read More

Artikel Lainnya

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

Kuliner

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

09 April 2020, 17:00

Food For The Heroes merupakan program Bakmitopia untuk mendukung mereka yang berada di garda depan penanganan pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.