Atasi Gerah di Rumah Tanpa AC_1.jpg

Properti dan Solusi

Atasi ‘Gerah’ di Rumah Tanpa AC dengan Cara Ini

Memasuki musim kemarau, suhu di DKI Jakarta dan sekitarnya terasa lebih panas dari biasanya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, cuaca panas yang terjadi sejak hari pertama lebaran 2020 hingga kini di beberapa wilayah Indonesia disebabkan oleh lapisan bawah atmosfer yang relatif kering.

“Cuaca cerah yang terjadi pada hari pertama lebaran hingga hari ini disebabkan oleh kondisi atmosfer yang relatif kering pada lapisan bawah,” kata Prakirawan BMKG Nanda Alfuadi, mengutip cnnindonesia.com (2/6/2020).

Dalam suasana yang gerah ini, menggunakan air conditioner (AC) merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Akan tetapi, tak semua orang dapat menggunakan AC di dalam rumah. Dirangkum oleh PingPoint.co.id, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan kala merasa kepanasan ketika di dalam rumah.

Menutup tirai dapat meredam suhu panas dari luar ruangan.
  • Menutup Tirai Jendela di Siang Hari

Bila Anda memiliki jendela yang langsung menghadap ke arah sinar matahari, cobalah menutupnya dengan tirai saat siang hari. Tirai-tirai berwarna gelap bisa jadi pilihan untuk menghalangi masuknya sinar matahari. Dengan begitu, suhu di dalam rumah pun tidak akan terasa begitu panas.

Alirkan udara di dalam ruangan dengan menggunakan exhaust fan.
  • Menggunakan Exhaust Fan di dalam Rumah

Cobalah menggunakan exhaust fan di beberapa ruangan yang sering Anda tempati, misalnya kamar, dapur, ruang keluarga atau kamar mandi. Exhaust fan akan menghisap udara panas di dalam ruangan untuk dibuang ke luar.

Buka jendela di pagi hari agar udara sejuk masuk ke dalam ruangan.
  • Membuka Pintu dan Jendela di Petang Hari

Ketika matahari akan terbenam kala sore hari, Anda dapat membuka jendela yang sebelumnya Anda tutup di siang hari. Buka juga pintu untuk akses ke luar rumah dan rasakan udara sejuk yang masuk ke dalam ruangan.

Gunakan bola lampu hemat energi di dalam ruangan.
  • Menggunakan Bola Lampu Hemat Energi.

Cobalah mengganti lampu pijar yang ada di rumah Anda dengan bola lampu hemat energi, seperti lampu Light Emitting Diode (LED) atau Compact Fluorescent Light (CFL). Selain akan menghemat pengeluaran Anda, bola lampu ini akan mengeluarkan lebih sedikit panas dibandingkan bola lampu pijar.

  • Gunakan Sprei Berbahan Kain Linen

Jangan biarkan suhu panas mengganggu tidur Anda di malam hari. Salah satu cara agar tidak kegerahan kala tidur adalah dengan menggunakan sprei berbahan kain linen. Kain ini memiliki permukaan halus dan membuat Anda tidak kepanasan ketika tidur.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi udara panas di dalam rumah. Jangan lupa untuk sering minum air putih agar tetap terhidrasi. Wendell Porter, seorang dosen di bidang teknik pertanian dan biologi di University of Florida mengatakan minum air putih adalah salah satu cara untuk mendinginkan suhu tubuh.

“Ketika Anda merasa panas, menghidrasi tubuh adalah langkah pertama dan penting,” kata Porter, dikutip dari CNN (2/6/2020)

[Baca Juga: Merasa Kepanasan? Berikut Penjelasan BMKG Terkait Musim Kemarau Ini]

[Baca Juga: Benarkan Baju Putih Lebih Sejuk untuk Dikenakan di Cuaca Panas?]

Read More

Artikel Lainnya

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

Pendidikan

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

09 July 2020, 11:45

Anak berkebutuhan khusus akan sangat membutuhkan bimbingan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Bimbingan ini juga berbeda dengan yang biasa dilakukan sebelum virus corona menyebar.

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.

transformasi digital adira insurance_1.jpg

Bisnis

Adira Insurance Sukses Rebut Perhatian Generasi Milenial Berkat Transformasi Digital

08 July 2020, 18:00

Adira Insurance melihat era new normal sebagai tantangan dan peluang untuk terus maju menjadi yang terdepan di industri Asuransi Umum.


Comments


Please Login to leave a comment.