Atasi Kemacetan Menahun, Proyek Pembangunan Flyover Tanjung Barat di Mulai 2020

Berita Kawasan

Atasi Macet, Proyek Pembangunan Flyover Tanjung Barat Dimulai 2020

Rencana pembangunan jembatan layang atau flyover Tanjung Barat menjadi solusi atasi kemacetan pada 2020 mendatang. Masalah kemacetan di Jakarta sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Tingginya jumlah kendaraan yang melintas jadi salah satu faktor padatnya lalu lintas. Jakarta memiliki banyak titik macet yang sudah sangat terkenal, salah satu titik kemacetan yang cukup parah di kawasan Jakarta Selatan adalah Pasar Minggu, Tanjung Barat hingga Lenteng Agung.

Atasi Kemacetan Menahun, Proyek Pembangunan Flyover Tanjung Barat di Mulai 2020

Lalu lintas dari arah Tanjung Barat ke Lenteng Agung dan sebaliknya jadi salah satu titik macet yang cukup langganan di Jakarta. Khususnya pada jam tertentu seperti jam pagi sekitar 06.00 hingga 09.00 pagi dan 17.00 hingga 20.00 malam, lalu lintas di kawasan Tanjung Barat hingga Pasar Minggu rawan padat lalu lintas.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, kemacetan yang terjadi di kawasan lalu lintas Tanjung Barat, Lenteng Agung potensial disebabkan oleh arus sebelum dan sesudah jam kantor. Melihat kawasan ini menjadi jalur aktivitas masyarakat dan berlokasi sangat strategis dengan area perkantoran, mal, stasiun kereta api KRL hingga jalan tol membuat jumlah arus lalu lintas menjadi sangat padat. Ditambah dengan jumlah trasportasi umum yang sering mengetem untuk mengambil penumpang juga menjadi faktor masalah kemacetan di kawasan ini.

[Baca Juga: Pop Up Market Pasar Minggu Disambut Baik Warga]

Kapasitas ruas jalan yang bisa dibilang sudah tidak mumpuni menyebabkan jalanan semakin padat dengan kendaraan. Masalah kemacetan yang sudah menahun ini sepertinya sudah menarik perhatian pemerintah untuk turun tangan. Melansir dari data.jakarta.go, rencana pembangunan Flyover Tanjung Barat tipe U-Turn ini sudah di persiapkan dan akan segera dimulai tahun 2020.

Atasi Kemacetan Menahun, Proyek Pembangunan Flyover Tanjung Barat di Mulai 2020

Mengutip dari laman Dinas Bima Marga, tujuan pembangunan Flyover Tanjung Barat adalah untuk mengurai kemacetan di kawasan Pasar Minggu dan Lenteng Agung karena tingkat kemacetan yang sangat padat, ujar Hananto Krisna selaku Kasi Pembanunan SImpang Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

[Baca Juga: Kalibata City Green Palace dan Konsep Kawasan TOD]

Rencannya Dinas Bina Marga akan membangun dua flyover tipe U-turn dengan gambaran potongan memanjang sepanjang 1150 Meter (Rencana). Selain flyover, Dinas Bina Marga juga berencana untuk melakukan penutupan perlintasan Kereta Api (KA) Volvo di Jalan Kalibata Raya, Perlintasan KA Stasiun Pasar Minggu dan Perlintasan KA Lenteng Agung, tepatnya di depan Kampus Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Kampus Tercinta. Pembangunan proyek besar ini dibiayai APBD DKI tahun 2020 dengan rincian Flyover Tanjung Barat sebesar Rp136,2 miliar dan Flyover Lenteng Agung sebesar Rp140,8 miliar.

Dengan adanya pembangunan jalur baru ini diharapkan dapat mengurai kemacetan pada kawasan Pasar Minggu, Tanjung Barat dan Lenteng Agung secara efektif. Mengingat di kawasan ini juga sedang berjalan pembangunan apartemen di Stasiun Tanjung Barat dan di seberangnya pembangunan pusat perbelanjaan besar. Bila kedua pembangunan itu selesai, kemacetan pastinya akan semakin parah.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.