Atasi Vertigo dengan Cara Ini

Kesehatan

Atasi Vertigo dengan Cara Ini

Vertigo adalah jenis penyakit sakit kepala dengan sensasi berputar-putar. Ketika Anda sedang pusing atau sakit kepala, maka di sekeliling Anda yang Anda lihat akan berputar. Orang dulu biasa menyebutnya dengan kata pusing tujuh keliling. Vertigo ini bisa mengganggu aktivitas Anda bila tidak diatasi dengan berbagai macam cara pengobatan. Namun, sebelum lebih lanjut mengetahui bagaimana cara mengatasi vertigo. Berikut beberapa penyebab Vertigo yang terjadi, pada umumnya disebabkan masalah telinga bagian dalam. Seperti dikutip dari WebMD.com (23/10/2019).

  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). BPPV terjadi ketika partikel-partikel kalsium kecil (canaliths) menggumpal di kanal telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam mengirimkan sinyal ke otak tentang gerakan kepala dan tubuh relatif yang berhubungan dengan gravitasi. Ia membantu Anda menjaga keseimbangan.
  • Penyakit Meniere adalah gangguan telinga bagian dalam yang disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan di telinga. Ini dapat menyebabkan episode vertigo bersamaan dengan dering di telinga (tinnitus) dan gangguan pendengaran.
  • Neuritis vestibular atau labirinitis merupakan masalah telinga bagian dalam yang biasanya berhubungan dengan infeksi (biasanya virus). Infeksi ini menyebabkan peradangan di telinga bagian dalam di sekitar saraf, yang penting untuk membantu keseimbangan indera tubuh

Obat Sakit Kepala 1.jpg

Bagaimana Mengatasi Vertigo?

Untuk mengatasi vertigo ini, terlebih dulu diketahui apa yang dapat menyebabkan Anda mengalami penyakit ini. Biasanya vertigo dapat segera diatasi dan dikendalikan. Hal ini karena otak Anda mampu beradaptasi, dengan perubahan telinga bagian dalam, dan dapat menjaga keseimbangan. Namun, untuk beberapa orang, perawatan diperlukan dengan mengonsumsi obat. Obat mampu meringankan gejala seperti mual atau mabuk karena vertigo.

Jika vertigo disebabkan oleh infeksi atau peradangan, antibiotik atau steroid dapat mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan infeksi. Untuk penyakit Meniere, diuretik (pil air) mungkin untuk mengurangi tekanan dari penumpukan cairan. Selain obat yang dapat meringankan vertigo Anda. Anda juga dapat melakukan berbagai gerakan ringan ketika Vertigo menyerang Anda begitu saja.

[Baca Juga: Bahaya di Balik Obat Sakit Kepala]

Jika vertigo Anda berasal dari telinga telinga kiri:

  1. Duduklah di ujung tempat tidur Anda. Putar kepala Anda 45 derajat ke kiri (tidak sejauh bahu kiri Anda). Tempatkan bantal di bawah Anda sehingga ketika Anda berbaring, yang diletakkan di antara bahu Anda dan bukan di bawah kepala Anda.
  2. Cepat berbaring telentang, dengan kepala di atas tempat tidur (masih pada sudut 45 derajat). Bantal harus berada di bawah bahu Anda. Tunggu 30 detik (agar vertigo berhenti).
  3. Putar kepala Anda setengah (90 derajat) ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30 detik.
  4. Putar kepala dan tubuh Anda ke samping ke kanan, sehingga Anda melihat lantai. Tunggu 30 detik.
  5. Duduk di tempat tidur beberapa menit.

Jika vertigo berasal dari telinga kanan Anda, instruksinya sama seperti pada telinga kiri, tinggal diganti pada bagian kanannya saja. Duduklah di tempat tidur Anda, putar kepala Anda 45 derajat ke kanan, dan seterusnya. Lakukan gerakan ini tiga kali sebelum tidur setiap malam.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Penyakit vertigo tidak bisa dibilang penyakit yang hilang dengan sendirinya. Bila Anda merasa pusingnya belum hilang, sebaiknya Anda langsung konsultasikan ke dokter.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.