Permudah Warga Akses Bank Sampah, ATM Sampah Keliling Diluncurkan di Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

ATM Sampah Keliling Permudah Akses Bank Sampah

Bank sampah merupakan bagian solusi dari penumpukan sampah di Ibu Kota, khususnya sampah plastik yang penanganannya terus difokuskan oleh pemerintah provinsi (pemprov). Selain itu, bank sampah juga bermanfaat bagi warga karena mereka bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hasil sampah domestik rumah tangga. Bagi warga Jakarta Utara, upaya untuk menukarkan sampah ke bank sampah semakin mudah. Mengingat pada pekan lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara meluncurkan mobil ATM Sampah Keliling.

Peluncuran ini digelar pada 1 Oktober 2021 dengan Pemkot Jakarta Utara yang menggandeng sejumlah pihak dalam menghadirkan pembaruan pengelolaan sampah di wilayahnya melalui Bank Sampah Induk atau BSI Mountrash Jakarta Utara. Peluncuran ini digelar di fasilitas BSI Mountrash yang berlokasi di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing.

Permudah Warga Akses Bank Sampah, ATM Sampah Keliling Diluncurkan di Jakarta  Utara.jpg

“Saya apresiasi kepada semua pihak yang terus berinovasi dan bekerjasama dalam mengatasi berbagai permasalahan sampah. Nantinya, bank sampah unit akan berkoordinasi dengan BSI Mountrash Jakarta Utara dalam penyaluran sampah dari masyarakat yang sudah dipilah bernilai ekonomis,” ungkap Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (1/10/2021).

Kehadiran BSI Mountrash Jakarta Utara ini disebut semakin memudahkan proses upaya warga yang ingin menabung sampah melalui inovasi. Hal ini bisa dilihat melalui kehadiran apps MountCare dan Mountrash yang bisa Anda unduh di ponsel pintar. Di mana cara kerjanya adalah dengan warga cukup memindai barcode yang tertera di tong-tong sampah khusus dari Mountrash atau melalui mobil ATM Sampah keliling. Kemudian sampah seperti botol plastik atau kardus itu akan dihitung untuk melihat berapa rupiah yang Anda dapatkan dari penukaran. Melalui apps itu, transaksi penukaran sampah anorganik akan benar-benar dapat dilancak jumlahnya dengan uang yang akan masuk ke rekening Bank DKI Anda.

[Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau Bank Sampah Pemuda Mandiri di Setu Babakan]

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, inovasi dari BSI Mountrash juga termasuk kehadiran ATM Bank Sampah dengan Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Achmad Hariadi yang menjelaskan, di setiap kecamatan di wilayahnya akan disiagakan enam mobil ATM Sampah Keliling. Dengan kehadiran mobil ATM Sampah Keliling serta tong-tong sampah Mountrash yang nantinya ditempatkan di sekolah, tempat ibadah dan pos RW, ia meminta dukungan masyarakat terhadap upaya Jakarta bebas sampah apalagi warga juga dapat manfaatnya dengan menukar sampah-sampah tersebut.

“Tinggal masukan data barcode produk kemudian sampah dimasukan ke mobil ATM Sampah Keliling atau tong dan langsung terlihat berapa rupiah nilai sampah yang sudah kita setorkan. Dibuat kemudahan sedemikian rupa untuk meningkatkan layanan bank sampah bagi warga Jakarta Utara,” tambah Achmad.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.