Avokad Khas Cipedak di Gebyar Festival Budaya Betawi

Berita Kawasan

Avokad Khas Cipedak di Gebyar Festival Budaya Betawi

Dalam rangka HUT ke-492 DKI Jakarta, Festival Budaya Betawi Cipedak Kampung Avokad 2019 kembali digelar. Festival yang telah dilaksanakan sebanyak empat kali ini digelar di Jalan Srengseng Sawah, RW 09, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Sabtu 15-16 Juni 2019.

Festival Budaya Betawi ini diisi dengan berbagai macam hiburan dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhlisin menyebutkan, Gebyar  Festival  Budaya  Betawi Cipedak Kampung Avokad ini merupakan agenda dua tahunan amsyarakat Cimpedak RW 09.

"Di Festival budaya betawi ini rangkaian acaranya ada lomba dan bazaar kuliner. Lomba yang dijalankan antara lain, adalah lomba Gerak Jalan, Festival Kerak Telor. Kemudian ada juga bazaar kuliner yang akan diselenggarakan dan menjadi bintang acara ini, kita menonjolkan buah avokad cipedak.” tutur Mukhlisin di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Ikut Panen di Cagar Buah Condet]

Di acara tersebut, juga ada lomba tentang avokad. Mulai dari lomba mengolah makanan dari avokad dan lainnya. Mukhlisin berharap, dengan adanya Festival Budaya Betawi Cipedak, maka avokad cipedak yang merupakan hasil dari Kampung Cipedak, makin dikenal masyarakat.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (17/6/2019) Mukhlisin menyebutkan, pihaknya ingin mengenalkan avokad cipedak, sehingga semua warga di Kampung Cipedak diwajibkan menanam pohon Avokad Cipedak. Ketua Panitia Gebyar Festival Budaya Betawi Cipedak 09 Zainal Muttaqim menyebutkan, penyebutan avokad cipedak ini diambil  dari  daerah  di Jakarta  Selatan yaitu Kampung  Cipedak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Adakan Festival Warisan Budaya Tak Benda 2019]

Avokad cipedak tentunya memiliki keunggulan dibandingkan dengan avokad lainnya. Alpukat Cipedak memiki masa berbuah yang produkti, tekstur dagingnya legit dan manis. Selain itu kulitnya tipis sehingga bisa dikupas layaknya pisang, Daging alpukat cipedak juga memiliki warna kuning dan lembut seperti mentega.

"Itu adalah salah satu keistimewaan avokad cipedak. Selain itu, avokad khas cipedak juga mengandung lemak 20 hingga 23 kali lebih banyak dibanding buah lainnya. Lemak avokad cipedak juga termasuk aman karena termasuk lemak tak jenuh yang mudah dicerna dan berguna bagi tubuh," sebut Zainal.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.