Avrist Assurance Pandemi COVID-19 Tunjukkan Pentingnya DPLK.jpg

Bisnis

Avrist Assurance: Pandemi COVID-19 Tunjukkan Pentingnya DPLK

Tak bisa dipungkiri pandemi COVID-19 yang membayangi dunia, termasuk Indonesia, beberapa waktu terakhir memiliki dampak negatif terhadap perekonomian, khususnya untuk perusahaan swasta. Apalagi dengan pemberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) banyak perusahaan yang tidak bisa melakukan kegiatan perkantorannya dan sedikit banyak ini menimbulkan kerugian.

Kondisi seperti inilah yang memicu banyaknya pemutusan hubungan kerja atau PHK oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Namun di sisi lain pembayaran pesangon juga dapat menganggu cash flow di dalam perusahaan. Oleh karena itulah menurut Avrist Assurance dalam keadaan seperti ini sangat penting bagi perusahaan untuk mengelola dana pensiunnya dengan contoh melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK sehingga tak mengganggu cash flow tersebut.

Avrist Assurance Pandemi COVID-19 Tunjukkan Pentingnya DPLK .jpg

Namun penggunaan DPLK berdasarkan data Avrist Assurance masih belum seimbang dengan jumlah perusahaan swasta yang ada di Indonesia, khususnya yang sudah Go Public. Padahal berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, setidaknya ada 2,8 juta pekerja yang di-PHK akibat force majeur yang dipicu COVID-19. Dalam kondisi ini, perusahaan berarti harus siap membayarkan pesangon secara mendadak jika sebelumnya memang tak melakukan persiapan dari jauh-jauh hari dengan pengelolaan dana pensiun yang tepat.

“Program dana pensiun pun dapat memberikan jaminan kepada karyawan untuk memperoleh penghargaan selayaknya melalui total dana pensiun yang telah terkumpul,” sebut Head of Pension Departemen PT Avrist Assurance Firmansyah pada Avrist Assurance DPLK Media Virtual Talk Show melalui Zoom (16/6/2020).

[Baca Juga: Avrist Ajak Jaga Kesehatan dengan Gerakan Wellness Made Easy]

“Pada saat kondisi finansial menantang seperti sekarang ini, program dana pensiun dapat membantu pihak penyedia lapangan kerja (perusahaan) dan pihak pekerja (karyawan) untuk bersama-sama bertemu di satu titik solusi mutual, yaitu di mana PHK harus dilakukan untuk menurunkan beban operasional perusahaan dan karyawan menerima dana pensiun sesuai lama bekerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu, pekerja dapat mempertahankan kesejahteraan keuangan sembari mencari pekerjaan lain,” sambungnya.

Avrist Assurance menjelaskan, DPLK dapat dimanfaatkan untuk merancang program pensiun agar perusahaan serta pegawainya tetap dapat memiliki persiapan jika memang kelak nanti pensiun atau butuh pencairan dana akibat PHK yang dipicu force majeur. Pasalnya, Avrist Assurance tak hanya memiliki DPLK Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon yang dikelola secara kumpulan untuk perusahaan, mereka juga memiliki DPLK Program Pensiun Iuran Pasti yang dikelola oleh individu. Bahkan untuk perusahaan, iuran yang disetorkan ke dalam DPLK merupakan bagian penghasilan tidak kena pajak sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam bagian tax planning mereka.

[Baca Juga: Kala Pandemi, Ini Tips Perencanaan Keuangan Ramadan ala Avrist]

Firmansyah bahkan menyebut, ketidaksiapan perusahaan dalam membayar pesangon sebenarnya terlihat dari banyaknya kebijakan “dirumahkan” yang terjadi saat ini berbagai perusahaan swasta di Ibu Kota. Sehingga ini juga menjadi cerminan bagaimana pentingnya penggunaan DPLK sedini mungkin, baik dari perusahaan dan pegawai.

“Ketidaksiapan perusahaan membayar pesangon maka langkah yang dilakukan adalah melakukan perumahan karyawan mereka, baik dengan membayar upah atau sebagian atau tidak sama sekali, tergantung dari negosiasi perusahaan dengan karyawan. Namun, tidak menghilangkan kewajiban perusahaan atas imbalan pasca kerja karyawan mengingat masa kerja karyawan tersebut tetap dihitung walaupun dirumahkan,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 3 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...