Avrist Assurance Pandemi COVID-19 Tunjukkan Pentingnya DPLK.jpg

Bisnis

Avrist Assurance: Pandemi COVID-19 Tunjukkan Pentingnya DPLK

Tak bisa dipungkiri pandemi COVID-19 yang membayangi dunia, termasuk Indonesia, beberapa waktu terakhir memiliki dampak negatif terhadap perekonomian, khususnya untuk perusahaan swasta. Apalagi dengan pemberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) banyak perusahaan yang tidak bisa melakukan kegiatan perkantorannya dan sedikit banyak ini menimbulkan kerugian.

Kondisi seperti inilah yang memicu banyaknya pemutusan hubungan kerja atau PHK oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Namun di sisi lain pembayaran pesangon juga dapat menganggu cash flow di dalam perusahaan. Oleh karena itulah menurut Avrist Assurance dalam keadaan seperti ini sangat penting bagi perusahaan untuk mengelola dana pensiunnya dengan contoh melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK sehingga tak mengganggu cash flow tersebut.

Avrist Assurance Pandemi COVID-19 Tunjukkan Pentingnya DPLK .jpg

Namun penggunaan DPLK berdasarkan data Avrist Assurance masih belum seimbang dengan jumlah perusahaan swasta yang ada di Indonesia, khususnya yang sudah Go Public. Padahal berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, setidaknya ada 2,8 juta pekerja yang di-PHK akibat force majeur yang dipicu COVID-19. Dalam kondisi ini, perusahaan berarti harus siap membayarkan pesangon secara mendadak jika sebelumnya memang tak melakukan persiapan dari jauh-jauh hari dengan pengelolaan dana pensiun yang tepat.

“Program dana pensiun pun dapat memberikan jaminan kepada karyawan untuk memperoleh penghargaan selayaknya melalui total dana pensiun yang telah terkumpul,” sebut Head of Pension Departemen PT Avrist Assurance Firmansyah pada Avrist Assurance DPLK Media Virtual Talk Show melalui Zoom (16/6/2020).

[Baca Juga: Avrist Ajak Jaga Kesehatan dengan Gerakan Wellness Made Easy]

“Pada saat kondisi finansial menantang seperti sekarang ini, program dana pensiun dapat membantu pihak penyedia lapangan kerja (perusahaan) dan pihak pekerja (karyawan) untuk bersama-sama bertemu di satu titik solusi mutual, yaitu di mana PHK harus dilakukan untuk menurunkan beban operasional perusahaan dan karyawan menerima dana pensiun sesuai lama bekerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu, pekerja dapat mempertahankan kesejahteraan keuangan sembari mencari pekerjaan lain,” sambungnya.

Avrist Assurance menjelaskan, DPLK dapat dimanfaatkan untuk merancang program pensiun agar perusahaan serta pegawainya tetap dapat memiliki persiapan jika memang kelak nanti pensiun atau butuh pencairan dana akibat PHK yang dipicu force majeur. Pasalnya, Avrist Assurance tak hanya memiliki DPLK Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon yang dikelola secara kumpulan untuk perusahaan, mereka juga memiliki DPLK Program Pensiun Iuran Pasti yang dikelola oleh individu. Bahkan untuk perusahaan, iuran yang disetorkan ke dalam DPLK merupakan bagian penghasilan tidak kena pajak sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam bagian tax planning mereka.

[Baca Juga: Kala Pandemi, Ini Tips Perencanaan Keuangan Ramadan ala Avrist]

Firmansyah bahkan menyebut, ketidaksiapan perusahaan dalam membayar pesangon sebenarnya terlihat dari banyaknya kebijakan “dirumahkan” yang terjadi saat ini berbagai perusahaan swasta di Ibu Kota. Sehingga ini juga menjadi cerminan bagaimana pentingnya penggunaan DPLK sedini mungkin, baik dari perusahaan dan pegawai.

“Ketidaksiapan perusahaan membayar pesangon maka langkah yang dilakukan adalah melakukan perumahan karyawan mereka, baik dengan membayar upah atau sebagian atau tidak sama sekali, tergantung dari negosiasi perusahaan dengan karyawan. Namun, tidak menghilangkan kewajiban perusahaan atas imbalan pasca kerja karyawan mengingat masa kerja karyawan tersebut tetap dihitung walaupun dirumahkan,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 5 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...