Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

Berita Kawasan

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengeluarkan 36 kali awan panas guguran pada Rabu, 27 Januari 2021 pagi hingga siang hari. Jarak luncur terjauh awan panas 3 km ke arah barat daya. Setelah keluarnya awan panas itu, sejumlah warga di Kabupaten Sleman, DIY, diminta untuk mengungsi sementara.

“Pada hari ini sampai dengan pukul 14.00, Gunung Merapi telah meluncurkan sebanyak 36 kali awan panas guguran dengan jarak luncur antara 500 meter sampai 3.000 meter ke arah barat daya atau ke hulu Kali Krasak dan Kali Boyong,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida seperti diberitakan kompas.id (27/1/2021).

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

Berdasarkan data BPPTKG, awan panas dengan jarak luncur 3 km terjadi pada Rabu pukul 12.53 WIB. Awan panas itu tercatat memiliki amplitudo 55 milimeter (mm) dan durasi 317,8 detik. Jarak luncur awan panas tersebut merupakan yang terjauh selama terjadinya erupsi Merapi tahun 2021. Sebelumnya, jarak luncur terjauh awan panas pada erupsi tahun ini adalah 1,8 km.

Setelah munculnya awan panas pukul 12.53 itu, Merapi kembali mengeluarkan beberapa kali awan panas guguran. Dua di antara awan panas guguran itu memiliki jarak luncur sejauh 2 kilometer, yakni pada pukul 13.23 dan 13.32. Jika ditotal, Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran sebanyak 14 kali pada Rabu pukul 12.00-14.00.

Adapun pada Rabu, pukul 06.00-12.00, Merapi tercatat mengalami 22 kali awan panas guguran. Sebanyak 22 kali awan panas guguran itu memiliki amplitudo 15 mm hingga 60 mm, durasi 83 detik hingga 197 detik, dan jarak luncur 800 meter hingga 1,6 km.

[Baca Juga: Status Merapi Masih Siaga Meski Keluarkan 4 Kali Lava Pijar]

Sebelumnya, pada Selasa malam pukul pukul 18.00-24.00, Gunung Merapi juga tercatat mengeluarkan rangkaian awan panas guguran sebanyak 11 kali. Rangkaian awan panas tersebut mulai terjadi pukul 18.26 dan baru berakhir menjelang tengah malam, yakni pukul 23.29.

Sebanyak 11 kali awan panas guguran pada Selasa malam itu tercatat di seismogram dengan amplitudo 25 mm hingga 60 mm, durasi 108 detik hingga 160 detik, dan jarak luncur 1 km hingga 1,5 km. Seluruh awan panas guguran tersebut juga menuju ke arah barat daya atau ke wilayah hulu Kali Krasak dan Kali Boyong.

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

Hanik menyatakan, sejak 4 Januari 2021, Gunung Merapi memang sudah mengalami erupsi yang bersifat efusif. Dalam erupsi efusif, magma dari dalam tubuh Gunung Merapi keluar secara perlahan dan tanpa disertai ledakan. Ini berbeda dengan erupsi eksplosif, yakni keluarnya magma dengan disertai ledakan seperti yang terjadi pada erupsi Merapi tahun 2010.

“Sejak tanggal 4 Januari, Gunung Merapi telah memasuki fase erupsi yang bersifat efusif dan kita kenal juga sebagai erupsi tipe Merapi, yaitu erupsi dengan aktivitas berupa pertumbuhan kubah lava, kemudian disertai dengan guguran lava dan awan panas guguran,” ungkap Hanik.

Hanik menambahkan, hingga sekarang, jarak luncur terjauh awan panas dari Gunung Merapi masih berada dalam radius bahaya yang ditetapkan BPPTKG, yakni sejauh 5 km ke arah selatan-barat daya yang meliputi wilayah Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Sungai Putih. Oleh karena itu, BPPTKG belum menaikkan status Gunung Merapi.

[Baca Juga: Longsor di Hulu Sungai Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah]

Sampai saat ini, Gunung Merapi masih berstatus Siaga (Level III) sejak 5 November 2020. “Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas di daerah dalam radius bahaya tersebut,” papar Hanik.

Setelah terjadinya awan panas pada Rabu ini, BPPTKG mendapat laporan terjadinya hujan abu di sejumlah desa di Kecamatan Tamansari dan Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. “Hujan abu yang terjadi ini merupakan akibat dari kejadian awan panas guguran. Masyarakat diharapkan untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik,” tutur Hanik.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Bambang Sinungharjo, mengatakan, pada Rabu pagi, hujan abu dengan intensitas tipis dilaporkan terjadi di Desa Winong dan Desa Kiringan di Kecamatan Boyolali. Sementara itu, pada Rabu siang, dilaporkan terjadi hujan abu di Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Boyolali.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    QQHarian Games Best Online Transaksi Cepat , Aman & Nyaman. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Kuy Gabung & Dapatkan WELCOME BONUS 100% FULL DI DEPAN ( Bonus 100% DI AWAL / DI DEPAN ) Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ). Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : => ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) :) => https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) :D => http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook ) ;)