Awas, Gigi Anda Bisa Berlubang Ini Cara Mencegahnya

Kesehatan

Awas, Gigi Anda Bisa Berlubang! Ini Cara Mencegahnya

Pasta gigi yang mengandung fluoride secara signifikan dapat menguatkan enamel memberi gigi perlindungan yang dibutuhkan untuk melawan pembusukan sehingga gigi Anda bisa kuat dan tidak mudah berlubang, Gigi yang berlubang bisa Anda cegah sebelum terlambat. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ulasan cara merawat kesehatan gigi dan mencegah berlubang.

[Baca Juga: Cegah Karang Gigi Anda dengan Langkah Mudah Ini]

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara ini berasal dari pengobatan alternatif kuno yang disebut Ayurveda. Caranya dengan mengoleskan satu sendok makan wijen atau minyak kelapa ke dalam mulut dengan dalam beberapa menit, Kemudian ludahkanlah

Dengan menggunakan minyak wijen atau minyak kelapa akan mengurangi jumlah plak dan bakteri seperti halnya dengan menggunakan obat kumur. Cara ini juga dapat membantu meremajakan enamel dan mencegah gigi berlubang.

2. Lidah buaya

Gel gigi lidah buaya dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Efek antibakteri dari gel ini membunuh bakteri berbahaya di mulut. Gel lidah buaya juga dapat membantu menguatkan enamel gigi.

3. Permen Karet Bebas Gula

Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan membantu menguatkan enamel gigi. Getah yang mengandung xylitol memiliki kemampuan untuk menstimulasi aliran saliva, meningkatkan pH plak, dan mengurangi S. Mutans. Permen karet yang bebas gula mengandung senyawa yang disebut kasein fosfopeptida-amorf kalsium fosfat (CPP-ACP) telah terbukti mengurangi S. Mutans.

4. Gunakan Pasta Gigi Floride

Fluoride berperan penting dalam mencegah gigi berlubang dan remineralisasi email. Penelitian yang ekstensifTrusted Source telah dilakukan untuk menunjukkan bahwa menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi berfluoride mencegah gigi berlubang. Sebagian besar penelitian telah dilakukan baik pada anak-anak atau remaja, sehingga dibutuhkan lebih banyak penelitian pada orang dewasa dan orang tua.

5. Berhenti Mengonsumsi Gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula berisiko menyebabkan gigi Anda berlubang. Kurangi gula hingga kurang dari 10 persen dari total asupan kalori Anda untuk hari itu. Cobalah untuk tidak konsumsi makanan atau minuman manis sepanjang hari.

[Baca Juga: Ingin Gigi Terlihat Cantik? Ikuti Tips Berikut Ini]

Sakit hati maupun sakit gigi sama tidak enaknya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan? Semoga keenam cara pencegahan berlubang bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki gigi sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.