Awasi Physical Distancing, Satu RW di Jakarta Pusat Dijaga Satu Polisi

Berita Kawasan

Awasi Physical Distancing, Satu RW di Jakarta Pusat Dijaga Satu Polisi

Pemerintah Kota Jakarta Pusat akan menerapkan satu polisi satu RW untuk mengawasi warga melakukan physical distancing atau jaga jarak fisik selama pandemi COVID-19. Kebijakan ini adalah kolaborasi Pemkot Jakarta pusat dengan Polres Jakarta Pusat.

Menurut pemaparan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi pada Selasa (07/04/2020), belum semua RW dijaga oleh polisi. Masih 50 persen dari keseluruhan RW yang sudah diawasi oleh polisi dalam pelaksanaan physical distancing.

“Kalau di Jakarta Pusat Sendiri ada 389 RW dan yang sudah bentuk polisi RW sudah lebih dari 50 persen,” ujar Irwandi dikutip dari pusat.jakarta.go.id (08/04/2020).

Awasi Physical Distancing, Satu RW di Jakarta Pusat Dijaga Satu Polisi

Bukan hanya mengawasi kegiatan warga berjaga jarak fisik, polisi nantinya juga akan mendata warga yang berisiko tinggi ketika terpapar Virus Corona baru atau SARS-CoV-2.

“Peran polisi RW juga mendata warga yang rentan sakit karena memiliki penyakit bawaan dan warga yang sudah berumur di atas 50 tahun,” tambah Irwandi.

Lebih lanjut dijelaskan polisi nantinya akan membantu pengurus RW memberikan imbauan gubernur DKI Jakarta untuk tetap berada di rumah, tidak membuat kerumunan, dan hanya keluar rumah jika ada keperluan yang mendesak.

[Baca Juga: Tetap Bugar, Ini Saran WFH ala Sudin Pora Jakarta Pusat]

Pada akhir Maret lalu, mengutip wartakota.tribunnews.com (08/04/2020) Pemkot Jakarta Pusat mempersiapkan rumah dinas camat dan lurah di wilayahnya untuk tempat karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19.

Hal itu dibenarkan oleh Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara. Ia mengatakan kala itu rumah dinas di wilayah Kecamatan Tanah Abang dan Johar Baru sudah siap digunakan.

Diketahui pula bahwa saat itu sejumlah petugas Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) di Jakarta pusat dinyatakan sebagai Orang Dalam Pemantauan. “Kita berdoa agar kita sehat selalu terhadap PJLP. Rencananya seluruh rumah dinas lurah dan camat akan dijadikan tempat para PJLP yang terkena,” ujar Bayu.

[Baca Juga: PSBB DKI Jakarta, Ini 6 Hal yang Dibatasi Mulai 10 April]

Hingga Rabu (08/04/2020), tercatat ada 1.552 kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut, 357 di antaranya menjalani isolasi mandiri, 976 dirawat, 75 orang dinyatakan sembuh, dan 144 orang meninggal dunia.

Namun, mengutip detik.com (08/04/2020), berdasarkan data dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI, sampai Sabtu (04/04/2020) terdapat 550 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur tetap (protap) pasien yang terjangkit Virus Corona baru.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 8 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165 yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga. <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Click Disini</a>